Alat & Mesin » Alat Tanam Biji-Bijian Tipe Pneumatic

Komoditas:_ Mekanisasi
Tahun:2018
Spesifikasi:

Alat tanam ini mempunyai dimensi : 1800 x 2250 x 1260 mm, dengan bobot 500 Kg, serta dilengkapi  4 baris tanam (row) dengan jarak tanam antar baris yang dapat diatur maksimal 70 cm. Alat tanam ini juga dilengkapi dengan 4 baris pemupuk yang di jatuhkan di dekat lubang tanam, dengan jumlah pupuk dapat diatur sesuai kebutuhan. Dalam operasinya, alat tanam ini ditarik traktor roda 4 dengan daya  40 HP ke atas. Kapasitas kerja alat mencapai 2-3 jam/Ha, dengan jumlah per lubang rata-rata 1 buah. Alat ini akan berfungsi baik apabila lahan telah terolah sempurna. 

Kegunaan:

Alat ini berfungsi untuk menanam biji-bijian (jagung, kedele, kacang hijau dan sejenisnya), yang dioperasikan dengan sistem hisap (pneumatic), yang dilengkapi bagian penutup alur sehingga biji tertutup oleh tanah, serta sekaligus untuk pemupukan. Alat ini dapat menghemat kebutuhan benih hingga 50% per hektar dibandingkan mesin tanam dengan metering device sebelumnya yang menggunakan putaran roda.

Keunggulan:

Alat ini berfungsi untuk menanam biji-bijian (jagung, kedele, kacang hijau dan sejenisnya), yang dioperasikan dengan sistem hisap (pneumatic), yang dilengkapi bagian penutup alur sehingga biji tertutup oleh tanah, serta sekaligus untuk pemupukan.

Status:Siap Ditawarkan
Kontak:Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian