Berita Baru

Agar Tanaman Lengkeng Berbuah Lebat

(hms/24 Mei 2017)

lengkeng itoh berbuah lebat Banyak pendapat yang mengatakan bahwa tanaman lengkeng sulit berbunga karena tanaman tersebut jantan dan harus ditanam sepasang adalah tidak benar. Persoalan sulit berbunga tidak terkait dengan jenis kelamin bunga tanaman. Karena meskipun bunga lengkeng termasuk majemuk namun dalam setiap malai bunga tanaman lengkeng pasti ada bunga jantan (Male 1) dan betina (Female) serta ada beberapa varietas yang memiliki bunga hermaprodit (Male 2). Jadi, bagaimana mungkin bisa disimpulkan tanaman lengkeng itu jantan atau betina kalau belum pernah berbunga? (berita lengkap)

Pengendalian Gulma Padi Gogo di bawah Tegakan Tanaman Perkebunan

(tan/23 Mei 2017)

Penyiangan menggunakan kored Gulma telah menjadi masalah yang cukup serius dan harus segera dikendalikan terutama pada usahatani tanaman pangan khususnya pada lahan kering seperti padi gogo. Jenis dan macam gulma sangat beragam bahkan saat tumbuh mempunyai kemiripan satu dengan yang lainnya walaupun berbeda spesiesnya. (berita lengkap)

Apresiasi Hasil Inovasi Balitbangtan di Berbagai Ajang

(hms/22 Mei 2017)

JAKARTA – Sebagai lembaga riset sekaligus lembaga publik, Balitbangtan perlu terus melakukan diseminasi hasil inovasinya baik secara langsung kepada petani ataupun kepada masyarakat umum. Salah satunya adalah melalui pameran atau ekspo. (berita lengkap)

Jembrana atau Penyakit Keringat Darah

(vet/22 Mei 2017)

jembrana Penyakit ini disebabkan oleh virus jembrana (retrovirus) dan bersifat ganas pada sapi bali, bahkan dapat mengakibatkan kematian. Selain sapi bali, penyakit ini juga menyerang jenis sapi lain yaitu sapi ongole (bos indicus), sapi friesian (bos taurus), dan kerbau (bubalus bubalus) meskipun tidak menyebabkan kematian dengan waktu perjalanan pendek. (berita lengkap)

Dukungan Inovasi Balitbangtan Mendukung Program Strategis Kementan

(hms/19 Mei 2017)

BOGOR – Tuntutan terhadap kinerja manajemen dan dukungan teknologi serta inovasi pertanian yang semakin kompleks pada era pertanian modern ini harus segera dijawab oleh lembaga litbang pertanian, khususnya Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan). (berita lengkap)

Aneka Teknologi Balitbangtan Tampil di Indolivestock 2017

(hms/18 Mei 2017)

Indolivestock 2017 Balitbangtan SURABAYA – Upaya mencapai swasembada daging sapi terus digulirkan oleh Kementerian, termasuk Balitbangtan. Berbagai teknologi telah dihasilkan dalam mendukung upaya tersebut, yang beberapa diantaranya ditampilkan dalam pameran Indolivestock 2017 Forum & Expo pada 17-19 Mei 2017 di Surabaya. (berita lengkap)

Acar Cabai, Pertahankan Umur Simpan Cabai Hingga 1 Tahun

(psc/17 Mei 2017)

Acar Cabe Di Indonesia kita mengenal begitu banyak jenis acar, mulai dari acar mentah, asam, segar sampai acar kuning dengan rasa yang agak gurih. Terutama pada makanan yang berbahan dasar mie, baik mie yang di goreng maupun yang berkuah. Berkat teknologi yang dihasilkan Balai Besar Pasca Panen Badan Litbang Pertanian terdapat acar cabai yang memiliki rasa sedikit pedas, asam, manis dan segar, mirip dengan acar mentimun hanya saja bahan baku dari acar ini adalah cabai rawit hijau maupun cabai rawit merah. Rasa asam yang mengiringi rasa pedas cabai membuat acar ini enak dimakan sebagai pelengkap. (berita lengkap)

Toleran Cekaman Kekeringan pada Sorgum

(tan/16 Mei 2017)

sorgum Sorgum merupakan tanaman serealia potensial untuk dikembangkan untuk menunjang program ketahanan pangan dan agribisnis mengingat daya adaptasinya yang luas serta kebutuhan airnya rendah. (berita lengkap)

Meningkatkan Produksi Dengan Nanobiosilika Sekam Padi

(psc/15 Mei 2017)

Nanobiosilika serbuk Indonesia merupakan salah satu produsen utama padi di dunia. Peningkatan produksi padi dari tahun ke tahun terlihat sangat signifikan, pada tahun 2016 saja, produksi padi di Indonesia tercatat mencapai 79 juta ton gabah kering giling atau yang tertinggi sepanjang sejarah produksi padi Indonesia. Upaya peningkatan produksi padi akan diikuti meningkatnya limbah penggilingan padi, diantaranya berupa sekam. Sekitar 20% berat gabah merupakan sekam. Dengan demikian, dari produksi padi tahun 2016 saja dihasilkan sekitar 15,8 juta ton sekam padi yang saat ini belum optimal pemanfaatannya dibandingkan potensi nilai ekonominya. (berita lengkap)

Padi Sigupai, Varietas Lokal dari Aceh yang Hampir Punah

(tp/12 Mei 2017)

Tepatnya di Kabupaten Aceh Barat, varietas lokal padi gogo Sigupai banyak ditanam bahkan pada dua agroekosistem, yaitu lahan kering dan lahan sawah. Di lahan kering, padi Sigupai tidak berbeda dengan padi gogo lainnya. Namun umurnya relatif panjang, hingga mencapai enam bulan. Batangnya tegak, tinggi tanaman 125 cm, anakan 20, panjang malai 25 cm, mempunyai malai panjang, bentuk gabah ramping dan kuning. Bentuk bulir padinya bengkok seperti bulan sabit. Keunggulan lainnya, padi lokal ini memiliki ciri rasa nasi yang enak dan aromatik pandan wangi. Oleh karena itu, varietas padi lokal Sigupai banyak diminati konsumen, sehingga menjadikannya bernilai ekonomis tinggi. (berita lengkap)

Cara membuat si Mawar Mini "Rajin" berbunga

(hor/10 Mei 2017)

mawar mini mawar mini diambil dari postur tanaman yang pendek, dengan diameter bunga berkisar 2-3 centimeter saja. Biasanya, mawar mini hadir dalam pot, budidaya tanaman hias pot ini cenderung menggunakan media tanam tanpa tanah. Budidaya mawar mini menggunakan substrat pengganti tanah yang harus mampu menahan air atau bisa mempertahankan kelembapan yang cukup lama. (berita lengkap)

Mentan : Cukupi Kebutuhan Pangan di Perbatasan dan Kota Besar

(adm/09 Mei 2017)

rakorgab JAKARTA - Menteri Pertanian Republik Indonesia Amran Sulaiman menekankan tidak akan ada lagi harga bergejolak di Jakarta, "semua pasokan pangan akan didukung oleh 10 kabupaten yang mengelilingi Jakarta dan dukungan dari pemerintah” ujar Mentan dengan tegas dalam Rapat Koordinasi Gabungan (Rakorgab) Pengembangan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor di Wilayah Perbatasan dan Pengembangan Pangan di Wilayah Penyangga Kota Besar, Selasa(9/5/2017) di Jakarta. (berita lengkap)

Parade Inovasi Teknologi Pertanian di PENAS Aceh

(adm/08 Mei 2017)

Pameran Penas Pameran Indoor PENAS XV Aceh dipadati pengunjung dari seluruh Indonesia (6/5/2017). Setelah dibuka oleh Presiden Jokowi, peserta PENAS terkonsentrasi di dua wahana utama yaitu PENAS Gelar Teknologi dan Pameran Indoor. Badan Litbang Pertanian Kementan, selain menjadi punggawa utama Gelar Teknologi dengan berbagai inovasi teknologi terbaru, juga menampilkan produk inovasi teknologi karya anak bangsa bersama para Eselon 1 Kementan dalam Pameran Indoor. (berita lengkap)

Lebih Banyak Irigasi Dan Angkat Komoditas Lokal

(adm/08 Mei 2017)

Pembukaan Penas ACEH – Presiden RI, Joko Widodo membuka kegiatan Penas KTNA XV di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (6/5/2017). Pada kesempatan itu, Presiden mengatakan pemerintah akan terus membangun infrastruktur pertanian seperti waduk, embung, hingga irigasi sekunder dan tersier. (berita lengkap)

Mengenal Eksotisme Jeruk Manis Kisar

(hor/05 Mei 2017)

Jeruk Manis Kisar Jeruk ini memiliki keunggulan akan rasanya yang manis segar, ukuran buah sedang, warna kulit oranye ,daya simpan lama, aroma lembut dan tahan terhadap kekeringan, serta kandungan air yang banyak. (berita lengkap)

Melihat Potensi Padi di Lahan Sub Optimal Geltek PENAS XV Aceh

(hms/04 Mei 2017)

inpago di lahan sub optimal geltek PENAS XV BANDA ACEH - Gelar teknologi dan temu teknologi pada PENAS XV 2017 mengangkat tema teknologi pertanian lahan kering berbasis bioindustri untuk kemandirian pangan dan energi bagi kesejahteraan petani. Gelar teknologi ini dipusatkan di sekitar Stadion Harapan Bangsa Kabupaten Aceh Besar. (berita lengkap)

Tailor-Made Training Pertama untuk Balitbangtan

(tp/04 Mei 2017)

Training Neso Kamis (4/5/2017), Sekretaris Badan Litbangtan, Dr. M. Prama Yufdy, didampingi oleh Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian, Dr. Retno SH Mulyandari, memberikan pengarahan pada acara pre-departure untuk peserta Tailor-Made Training (TMT) di kantor pusat Balitbangtan. (berita lengkap)

Gelar Teknologi Lahan Sub Optimal di PENAS XV Aceh

(hms/04 Mei 2017)

gelar teknologi penas BANDA ACEH – Dalam setiap pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) Petani dan Nelayan yang diselenggarakan tiap 3-4 tahun sekali, penyiapan gelar teknologi selalu mempunyai tantangan tersendiri. (berita lengkap)

Komitmen Balitbangtan Mendukung Pertanian Sumatera Barat

(hms/03 Mei 2017)

MoU Balitbangtan dengan Gubernur Sumbar JAKARTA – Komitmen untuk mendukung kemajuan pertanian terus ditunjukkan Balitbangtan. Salah satunya dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Kantor Pusat Balitbangtan Jakarta, Selasa (2/5/2017). (berita lengkap)

Violetta 1 Agrihorti, Varietas Unggul tahan Alternaria Porii

(hor/03 Mei 2017)

Bawang Violetta Musim yang tidak menentu sebagai dampak perubahan iklim yang mempengaruhi pola tanam bawang merah. Perubahan iklim dapat menyebabkan turunnya produktivitas sekaligus ketersediaan bawang merah untuk konsumsi domestik maupun ketersediaan benih serta meningkatnya serangan organisme penggangu tanaman (OPT) yang disebabkan oleh hama dan penyakit. Penyakit yang menyerang di musim penghujan ialah serangan penyakit trotol atau bercak ungu yang disebabkan oleh Alternaria porri. Serangan penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan sampai 100% dalam waktu relatif singkat, di mana tanaman yang terserang tidak dapat berproduksi. (berita lengkap)

Embung Antisipasi Perubahan Iklim di Lahan Tadah Hujan

(adm/02 Mei 2017)

Embung adalah kolam yang berfungsi menampung air saat musim hujan. Limpasan air dari hujan ditampung ke dalam embung melalui saluran-saluran air untuk persediaan air di musim kemarau. (berita lengkap)

Pisang Habili, SDG Papua akan Didaftarkan ke Pusat PVTPP

(tp/28 Apr 2017)

SDG Pisang Habili dari Papua Selain kacang merah Nabire, sumberdaya genetik (SDG) dari Papua yang tidak kalah penting untuk dikembangkan adalah Pisang Habili. Serupa dengan kacang merah, pisang Habili pun memiliki makna tersendiri dalam acara adat, misalnya pisang ini harus dibawa pada saat pengantaran anak perempuan ke kediaman laki-laki/ suaminya, dan acara ritual adat lainnya. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori