Berita Baru

Pengembangan Sentra Benih Kedelai

(adm/26 Nop 2014)

Pengembangan benih memiliki peranan penting dalam peningkatan produksi tanaman pangan, terutama dalam peningkatan produktivitas dan mutu hasil. Dalam meningkatkan ketersediaan benih sangat diperlukan varietas yang berdaya hasil tinggi dan mutu yang baik. (berita lengkap)

Status dan Potensi Sagu Baruk untuk Pangan dan Konservasi Lahan

(bun/25 Nop 2014)

SaguBaruk Sagu baruk (Arenga microcarpha Beccarl;fam. Arengae) merupakan tanaman perkebunan, tumbuh membentuk rumpun dan merupakan tanaman endemik yang memproduksi sagu atau karbohidrat sebagai makanan dari generasi ke generasi khususnya di Kabupaten Sangihe Besar, Sulawesi Utara. (berita lengkap)

Jurnal Elektronik di PUSTAKA

(ptk/24 Nop 2014)

Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang, maka publikasi atau penyebaran informasi yang disebut jurnal semula melalui kertas (cetak/hard-copy) kini mulai berganti menjadi bentuk elektronik (soft-copy) atau jurnal elektronik. (berita lengkap)

Temu Lapang M-AP2RLL

(ptk/24 Nop 2014)

KEPRI – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Kepulauan Riau bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat menyelenggarakan Temu Lapang kegiatan Model Akselerasi Pembangunan Pertanian Ramah Lingkungan Lestari (M-AP2RLL) di Desa Teluk Bakau, Kamis (20/11/2014). (berita lengkap)

Mentan : VUB Padi Harus Dioptimalkan Penyebarannya secara Nasional

(adm/21 Nop 2014)

Mentan-Sukamandi SUKAMANDI – Varietas unggul baru (VUB) padi hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian Padi (BB Padi) harus dioptimalkan penyebarannya secara nasional, ujar Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di Sukamandi, Jawa Barat (21/11/2014). (berita lengkap)

Mesin Penepung Multiguna, Untuk Produksi Aneka Tepung dari Bahan Pangan Lokal

(mkt/21 Nop 2014)

Mesin Penepung Multiguna Inovasi Balitbangtan Tingkatkan Produksi Tepung dari Bahan Pangan Lokal Indonesia memiliki sumberdaya hayati yang sangat potensial untuk mendukung penganekaragaman pangan dan energi alternatif. Aneka umbi-umbian lokal seperti ubi kayu/singkong, ubi jalar, gayong, garut, talas, iles-iles dan sebagainya, merupakan sumber pati dan tepung yang dapat dikembangkan sebagai sumber karbohidrat dan sebagai penggati tepung terigu. (berita lengkap)

Model Kawasan Mandiri Benih

(adm/20 Nop 2014)

MKMB alam mewujudkan target Kementerian Pertanian untuk mencapai swasembada padi, jagung dan kedelai pada tahun 2017, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bergerak cepat untuk merespon target tersebut dengan melaksanakan kegiatan Rapat Kerja (Rakor) Penyusunan Pengembangan Model Kawasan Mandiri Benih (MKMB) Tanaman Pangan (TP). (berita lengkap)

Pengendalian OPT Melalui Rekayasa Ekologi

(pdi/20 Nop 2014)

Lampu perangkap solar cell Ditlin OPT atau organisme penggangu tanaman khususnya yang menyerang tanaman padi dapat dikendalikan dengan rekayasa ekologi, dengan perpaduan penggunaan light trap, penanaman bunga wijen, dan penggunaan pupuk organik. (berita lengkap)

Merah Delima di Kotaanyar, Jawa Timur

(hor/19 Nop 2014)

Merah Delima Pengembangan Pepaya Merah Delima hasil Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) semakin gencar. Hal ini diikuti dengan meningkatnya penerimaan masyarakat terhadap buah tersebut. Rasanya yang manis, tekstur dagingnya renyah serta tidak berbau membuat pepaya ini semakin diminati masyarakat. (berita lengkap)

Umbi Garut sebagai Alternatif Pengganti Terigu untuk Individual Autistik

(bun/18 Nop 2014)

Umbi Garut Indonesia memiliki banyak jenis bahan pangan lokal yang dapat digunakan untuk menunjang ketahanan pangan nasional. Bahan pangan lokal tidak hanya tersedia dalam jumlah besar tetapi juga memiliki nilai produktivitas yang tinggi dan kandungan gizi yang baik. (berita lengkap)

The 6th Livestock Research Group Meeting

(hms/17 Nop 2014)

YOGYAKARTA - Indonesia sudah menjadi anggota Livestock Research Group (LRG) sejak tahun 2008. LRG setiap tahun mengadakan pertemuan untuk membahas penelitian dan aktivitas yang berkaitan dengan mitigasi gas rumah kaca dari setiap negara anggota LRG dalam rangka pengendalian emisi gas rumah kaca dari sektor peternakan. (berita lengkap)

Manfaat Tanaman Leguminosa

(adm/14 Nop 2014)

leguminosa Kandungan Nitrogen dalam tanah merupakan salah satu faktor vital untuk dapat mempertahankan produktivitas lahan pertanian. Alternatif yang dapat ditempuh untuk meningkatkan ketersediaan unsur nitrogen dalam tanah adalah menggunakan tanaman leguminosa. (berita lengkap)

Sayuran Melimpah di Lahan Tadah Hujan dengan Air Embung

(adm/13 Nop 2014)

Lahan tadah hujan adalah lahan yang sistem pengairannya sangat mengandalkan curah hujan. Petani umumnya mengusahakan lahannya saat air tidak cukup di musim penghujan. Di musim kering lahan ini dibiarkan tidak diolah karena air sulit didapat atau tidak ada sama sekali. (berita lengkap)

Tanam Perdana Pengembangan Model Pertanian Bioindustri Padi 100 ha di KP BB Padi

(hms/12 Nop 2014)

Tanam perdana sukamandi Pengembangan Model Pertanian Bioindustri Padi 100 ha diinisiasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di kawasan Kebun Percobaan (KP) Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), Sabtu, (8/11/2014). (berita lengkap)

Kambing Kacang, Kambing Lokal Indonesia

(nak/11 Nop 2014)

Kambing Kacang Kambing Kacang merupakan kambing lokal Indonesia, memiliki nilai ekonomi dan disukai oleh petani, konstribusi ternak kambing terhadap total pendapatan pertanian untuk ruminansia kecil sangat substansial. Produksinya juga memegang peranan penting untuk menumbuhkan aktivitas pendapatan sebagian besar petani kecil, selain menjadi sumber protein hewani untuk menunjang ketahanan pangan nasional. (berita lengkap)

Perwakilan RI di LN Diharapkan Dapat Menyebarkan Hasil Pembangunan Pertanian

(hms/10 Nop 2014)

Kunjungan Irjen Kemlu BANDUNG – Inspektorat Jenderal Kementerian Luar Negeri melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang, Bandung, Sabtu (8/11/2014). Kunjungan tersebut untuk memberikan bekal kepada para Auditor, Calon Konsul, Konsul Jenderal dan Pejabat Dinas Luar Negeri yang segera akan menjadi perwakilan RI. (berita lengkap)

Berebut Benih Pepaya Medel pada PF2N Makassar

(hms/10 Nop 2014)

MAKASSAR - Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) ke 7 Tahun 2014 yang mengambil tema Hortikultura Ramah Lingkungan Menjawab Tantangan Abad XXI penyelenggaraannya diintegrasikan dengan HPS yang dilaksanakan tanggal 6-11 Nopember 2014 di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Sumbaopu, Makasar dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi selatan Dr. Syahrul Yasin Limpo tanggal 6 Nopember 2014. Pada sambutannya Syahrul Yasin mengatakan HPS dan PF2N sebagai wahana promosi dan edukasi teknologi yang dapat mendorong perekonomian berbasis pertanian ramah lingkungan melalui pengembangan agroindutri, perdagangan dan sektor jasa lainnya yang didukung dengan pembangunan sarana dan prasarana ekonomi serta infrastruktur dan inovasi teknologi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat. (berita lengkap)

RPL Turut Meriahkan HPS-34

(tp/10 Nop 2014)

MAKASSAR – Rumah Pangan Lestari (RPL) dan Pekarangan Pangan turut memeriahkan perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 34 yang berlangsung pada tanggal 6 - 11 November 2014. (berita lengkap)

Balitbangtan Tampilkan 3 Zona Model Pekarangan Pangan di HPS-34

(tp/08 Nop 2014)

MAKASSAR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut mendukung Hari Pangan Sedunia atau World Food Day ke 34 tahun 2014 yang mengangkat tema ‘Feeding the world, Caring The Earth’ atau di Indonesia ‘Pertanian Bio Industri Berbasis Pangan Lokal Potensial’. (berita lengkap)

Kunjungi Gelar Teknologi HPS ke-34, Jokowi Minati Sorgum

(hms/07 Nop 2014)

MAKASSAR – Disela-sela agenda kunjungan kerjanya ke beberapa wilayah di Sulawesi, pada Rabu malam (5/11/2014), Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan meninjau langsung persiapan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-34 dan Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) di Maccini Sombala, Makassar. (berita lengkap)

HPS ke-34: Sektor Pertanian di Indonesia Sangat Menjanjikan

(adm/07 Nop 2014)

HPS 34 MAKASSAR – Sektor pertanian di Indonesia saat ini dinilai telah menjadi suatu sektor yang menjanjikan, yang mampu menjamin kehidupan bagi seluruh rakyat indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo pada pembukaan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-34 dan Pekan Flori dan Flora Nasional ke-7 yang pada tahun ini dipusatkan di Taman Maccini Sombala, Makassar. (berita lengkap)

Inpago 4, Toleran Kekeringan

(adm/06 Nop 2014)

Perubahan iklim di Indonesia yang tidak menentu menjadi salah satu kendala yang mengkhawatirkan bagi peningkatan produksi padi. Dampak perubahan iklim terhadap pengembangan pertanian berupa banjir dan kekeringan sering terjadi di lahan sawah yang menyebabkan kegagalan panen (puso). (berita lengkap)

Model Kawasan Mandiri Benih untuk Kedaulatan Benih

(kbi/06 Nop 2014)

Penguatan produksi nasional tanaman pangan, khususnya padi, jagung dan kedelai, menjadi perhatian dan program strategis pada pemerintahan Kabinet Kerja. Upaya penguatannya yang salah satunya melalui kecukupan dan kedaulatan perbenihan tanaman pangan pada setiap kawasan. (berita lengkap)

Peran Pemuda Dalam Menyongsong Sistem Pertanian Bio-Industri

(hms/05 Nop 2014)

MAKASSAR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan focus group discussion (FDG), Rabu (5/11/2014), sebagai upaya menjaring ide kreatif serta menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap sektor pertanian. Acara ini mengundang perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian dari Makassar dan sekitarnya. (berita lengkap)

Meningkatkan Kualitas Buah Durian dengan Pemupukan Tepat Dan Berimbang

(hor/05 Nop 2014)

Durian memiliki sensasi rasa yang unik dan aroma khas yang menjadi daya tarik setiap konsumen untuk kembali tertantang makan durian (berita lengkap)

Seminar Nasional HPS XXXIV : Pertanian Bio-Industri Berbasis Pangan Lokal Potensial

(hms/04 Nop 2014)

MAKASSAR – Sistem pertanian bio-industri berkelanjutan merupakan suatu sistem pertanian yang memungkinkan pengembangan konsep zero waste management, selain itu juga merupakan pengembangan konsep pertanian berkelanjutan, dengan mengintegrasikan aspek lingkungan dengan sosial ekonomi masyarakat pertanian untuk mempertahankan ekosistem alami lahan pertanian yang sehat, melestarikan kualitas lingkungan dan sumber daya alam. Melalui sistem ini diharapkan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan pangan dan energi nasional. (berita lengkap)

Nasi Sehat Untuk Penderita Kencing Manis

(psc/04 Nop 2014)

Beras IG Rendah Diabetes Melitus (DM) atau kerap kali disebut dengan penyakit kencing manis, merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah melebihi normal. Kondisi tersebut dipicu oleh turunnya kemampuan pankreas untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Gejala umum bagi penderita DM adalah dengan keluhan banyak minum, makan, buang air kecil, badan terasa lemas, serta penurunan berat badan. (berita lengkap)

Varietas Unggul Kunyit Curdonia 1 Toleran Naungan

(bun/03 Nop 2014)

Var Kunyit Curdonia1 Varietas unggul Curdonia 1 memiliki keunggulan produksi rimpang/rumpun 148,5 - 377,7 g, kandungan kurkumin 6,37 - 7,73%, minyak atsiri 4,03 - 5,51% dan toleran bercak daun. Varietas unggul ini cocok dikembangkan sebagai bahan baku obat dan industri farmasi. Varietas unggul kunyit ini cocok dikembangkan pada dataran menengah dengan ketinggian tempat 450 m dpl. Tingkat naungan yang diperlukan sekitar 30% dengan jenis tanaman keras seperti jati, sengon dan tanaman perkebunan lainnya. (berita lengkap)

Metode Cepat Deteksi Herbisida Paraquat Dalam Tanaman

(vet/30 Okt 2014)

Bentuk piringan (area tanah) Herbisida paraquat dengan nama dagangnya Gramoxone paling banyak digunakan di perkebunan kelapa sawit untuk penyemprotan dalam membasmi gulma. Penyemprotan dilakukan terutama pada daerah piringan, hal ini dilakukan agar tidak menghambat produksi kelapa sawit. (berita lengkap)

Workshop Buah Tropika Nusantara Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi Asean

(hor/29 Okt 2014)

Dengan disepakatinya AEC blueprint, maka negara negara di kawasan Asean harus bersiap menyambut era Masyarakat Ekonomi Asea (MEA), tak terkecuali Indonesia (berita lengkap)

Integrasi Sapi Sawit Sangat Menjanjikan

(hms/29 Okt 2014)

ISS Jambi Integrasi Sapi Sawit (ISS) yang dikembangkan PTPN IV, Jambi merupakan hasil jalinan kerjasama yang sangat baik dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). (berita lengkap)

ATIN Berperan Penting Memperkaya Data Base Informasi Teknologi Pertanian

(ptk/25 Okt 2014)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian bekerja sama dengan Sekretariat Asian Food and Agriculture Cooperation Initiative (AFACI), Rural Development Administration (RDA), Republik Korea Selatan menyelenggarakan AFACI Expert Workshop on Establishment of Agricultural Technology Information Network in Asia (ATIN), 21-25 Oktober 2014 di Hotel Salak The Heritage, Bogor. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori