Berita Baru

Workshop Internasional Inovasi Pestisida Ramah Lingkungan Mendukung Swasembada Pangan

(adm/24 Jul 2017)

Workshop dan Seminar Internasional dengan tema Inovasi Pestisida Ramah Lingkungan Mendukung Swasembada Pangan. (berita lengkap)

Biosilika Sekam Padi: Meraup Rupiah Dari Gundukan Limbah

(psc/24 Jul 2017)

berita_biosilica_2017 Dengan meningkatnya produksi padi di Indonesia, tentu akan diikuti dengan melimpahnya limbah penggilingan padi. Salah satu limbahnya adalah sekam. Pada tahun 2016 saja dihasilkan sekitar 15,8 juta ton limbah sekam padi yang hingga saat ini belum optimal pemanfaatannya dibandingkan potensi nilai ekonomi, contohnya adalah pemanfaatan sekam sebagai bahan bakar pengering gabah dan bahan asap cair masih menyisakan limbah abu sekam yang belum banyak dimanfaatkan. Padahal sekitar 50% abu sekam merupakan silika yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk biosilika untuk berbagai tanaman, khususnya padi. Pupuk biosilika dari sekam, dapat dihasilkan dengan rendemen lebih dari 50% dengan kemurnian/kandungan silikanya mencapai 97%. (berita lengkap)

Biskuit Wafer Untuk Sapi

(adm/21 Jul 2017)

Biskuit Wafer Untuk Sapi Biskuit wafer adalah pakan komplit berupa campuran hijauan dan konsentrat dalam bentuk blok yang diformulasi sesuai dengan kebutuhan sapi akan nutrisi dan mineral. (berita lengkap)

Tiga Varietas Baru Padi Gogo Hasil Konsorsium Telah dilepas Tahun Ini

(pdi/20 Jul 2017)

Tiga VUB Padi Gogo dilepas tahun 2017 Perluasan areal tanam padi di lahan kering saat ini menjadi tumpuan besar pemerintah untuk meningkatkan produksi padi nasional. Upaya Pemerintah dalam mendorong perluasan tanam padi di lahan kering ini tentunya perlu didukung dengan tersedianya teknologi budidaya yang prima. (berita lengkap)

Peran Teknologi Agronomi Dalam Mempercepat Penciptaan dan Hilirisasi Inovasi Pertanian

(adm/19 Jul 2017)

peran teknologi inovasi agronomi Badan Litbang Pertanian melalui Dr. Muhammad Syakir Kepala Badan Litbang Pertanian menggandeng Perhimpunan Agronomi Indonesia PERAGI guna mempercepat penciptaan dan hilirisasi inovasi pertanian. (berita lengkap)

Karamunting, Si Kaya Manfaat

(hor/19 Jul 2017)

Beberapa manfaat penting lainnya dari tanaman karamunting adalah •Akar; ekstrak akar dapat meningkatkan jumlah trombosit, meningkatkan tingkat fibrinogen, dan otot kontrak pembuluh darah halus. Dengan kata lain, ekstrak akar mampu untuk menghambat bakteri Staphylococcus aureus sebagai penyebab nanah. Kandungan tannin atau zat warna di akar dapat digunakan sebagai pewarna hitam alami. Sebagian masyarakat memanfaatkan untuk menghitamkan gigi dan alis. •Daun; selain sebagai bahan pengobatan herbal untuk penyakit diabetes, dapat dimanfaatkan untuk obat luka, yaitu dengan mengunyah beberapa lembar daun karamunting lalu ditempelkan ke bagian luka. Di tempat lain, daun ini dapat dimanfaatkan untuk menetralkan racun. •Buah; apabila dikonsumsi mempunyai efek hemostatik dalam saluran pencernaan bagian atas, dan melawan metrorrhagia penyebab pendarahan pada wanita. Kandungan buah ini mampu meningkatkan hemoglobin, jumlah sel darah merah, dan juga meningkatkan antianoxic. (berita lengkap)

Manfaatkan Bera, BPTP Sultra Introduksi Kedelai

(tp/18 Jul 2017)

Pola tanam yang selama ini diikuti petani di Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah padi-padi-bera. Hingga kemudian, tim peneliti BPTP Sultra melakukan penelitian pada tahun 2014, yang bertujuan untuk memanfaatkan masa bera di Musim Kering (MK) dengan bertanam kedelai. Penelitian ini bukanlah yang pertama. Alih-alih merupakan tindaklanjut dari hasil penelitian sebelumnya, yang menunjukkan bahwa beberapa varietas kedelai mampu tumbuh dengan baik di lahan sawah wilayah Sultra dengan produksi berkisar antara 0,8-1,425 t/ha. (berita lengkap)

Teh "Therapi Pakuwon", Menyegarkan sekaligus Menyehatkan

(bun/17 Jul 2017)

tehTherapi Produk teh dengan brand "Therapi Pakuwon: merupakan teh celup dengan penambahan herbal dan rempah berupa jahe, kayu manis, kunyit dan purwoceng sehingga dapat memberikan manfaat lebih bagi yang mengkonsumsinya. Selain menyegarkan, produk teh tersebut juga berkhasiat menghangatkan sekaligus menanambah stamina tubuh. (berita lengkap)

Membangun Agribisnis Berdaya Saing Global Mulai Dari Soropadan

(hms/14 Jul 2017)

Soropadan Agro Expo 2017 TEMANGGUNG - Soropadan Agro Ekspo (SAE), sebuah gelaran agribisnis yang diselenggarakan setiap 2 tahun kembali hadir di Soropadan Agro Center, Temanggung pada 13-17 Juli 2017. Kegiatan ini merupakan upaya memperkuat promosi sektor agroindustri di provinsi Jawa Tengah bagi stakeholder dan pelaku sektor pertanian lainnya. (berita lengkap)

Budidaya Padi Hasil Tinggi dengan Sistem Tanam Jarwo Ganda

(pdi/13 Jul 2017)

Jarwo Ganda Berbicara mengenai suatu hal yang berhubungan dengan perkembangan inovasi teknologi itu tak akan ada habis habisnya. Tahun demi tahun pasti akan mengalami perkembangan, yang mana tujuan itu adalah tercipta suatu hasil inovasi teknologi yang lebih mutakhir dan mampu membawa perubahan besar.

Belajar dari pengalaman pengembangan inovasi PTT padi sawah, sistem tanam jajar legowo dan teknologi jajar legowo super, peningkatan produksi padi ke depan akan diupayakan melalui pengembangan teknologi budidaya padi irigasi yaitu melalui SISTEM TANAM “JARWO GANDA” atau yang akan dipopulerkan dengan nama “JARWO MILENIUM”. (berita lengkap)

Jeruk Calamondin, Jeruk Tanaman Hias Yang Kaya Manfaat

(hor/12 Jul 2017)

Sari buah jeruk calamondin terasa sangat asam dengan aroma yang khas dan tajam sehingga sering dimanfaatkan sebagai minuman, dan penyedap masakan bagi bahan yang berbau amis seperti masakan dari laut dan daging. Minuman sari buah calamondin baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena kaya fosfor (P), kalsium (Ca) dan vitamin C, buahnya diolah menjadi sirup (berita lengkap)

Diagnosa Tanah dengan CT Scan

(sdl/11 Jul 2017)

hasil CT Scan Tanah Teknologi CT Scan atau Computerized Tomography Scan sekarang tak hanya digunakan untuk memeriksa kesehatan pada manusia atau mengecek keamanan barang, tetapi juga digunakan untuk meneliti tanah. (berita lengkap)

Kepala Balitbangtan: BPTP Bersiap Sukseskan Tahun Benih 2018

(tp/10 Jul 2017)

Bogor – Jumat (7/7/2017), bertempat di ruang rapat Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Kepala Balitbangtan, Dr. M . Syakir berkesempatan hadir dan membuka acara Rakor Penajaman Matrik Program 2018 dan Manajemen Internal BPTP yang diselenggarakan oleh BB Pengkajian. Selain jajaran Balitbangtan, acara ini juga dihadiri oleh Dirjen Tanaman Pangan beserta jajarannya. Hal ini tak lain untuk mengeratkan sinergi dan koordinasi antara Balitbangtan dengan Ditjen Tanaman Pangan dalam rangka menyongsong Tahun Benih Tahun 2018. (berita lengkap)

Kulit Nanas Sebagai Pakan Alternatif

(nak/07 Jul 2017)

nanas untuk pakan Tanaman nanas selain menghasilkan buah nanas juga menghasilkan limbah kulit nanas berupa kulit buah dan serat perasan daging buah. Sementara buahnya digunakan untuk konsumsi manusia, kulitnya dapat dijadikan pakan alternatif untuk ternak ruminansia. (berita lengkap)

Pentingnya Konservasi Tanah Pertanaman Padi Gogo

(pdi/06 Jul 2017)

konservasi tanah padi gogo Pertanaman padi gogo sangat terkait dengan pola hujan, dan secara umum areal pertanaman banyak yang tidak rata bahkan bengelombang atau berbukit, sehingga untuk pengembangan jangka panjang sangat terkait dengan konservasi tanah. (berita lengkap)

Rumput Laut Solusi Bengkak Akar Krisan

(hor/05 Jul 2017)

Rumput laut mengandung tiga jenis bahan aktif, yaitu aminobutyri acid betain, glycine betain, dan aminoaleri acid betain. Ketiga jenis bahan aktif tersebut berperan sebagai prekursor dalam sintesis formaldehid yang bersifat toksik bagi Meloidogyne spp. Rumput laut juga mengandung hara makro dan mikro dengan tingkat konsentrasi yang memungkinkan dapat digunakan sebagai pemasok hara bagi tanaman krisan (berita lengkap)

Hama Uret pada Padi Gogo dengan Teknik Seed Treatment

(tan/04 Jul 2017)

Hama uret padi gogo Uret atau lundi adalah fase larva kumbang Scarabaeidae atau Cerambycidae dengan ciri larva berukuran besar, gemuk, putih, badan tembus cahaya, kepala warna coklat dan taring besar. Kaki berwarna coklat terdapat pada rongga dada dan larva membentuk huruf C. (berita lengkap)

Serai Wangi sebagai Tanaman Sela Perkebunan

(bun/03 Jul 2017)

Seraiwangi Serai wangi dapat ditanam dengan pola tanam monokultur atau polikultur dengan intensitas penyinaran 75 – 100%. Dua pilihan penanaman serai wangi dengan pola tanam polikultur, yaitu serai wangi sebagi tanaman pokok, dengan tanaman semusim sebagai tanaman sela, atau serai wangi sebagai tanaman sela di antara ruang atau tegakan tanaman tahunan/perkebunan. (berita lengkap)

Limbah Pertanian (Tongkol Jagung) Sebagai Bahan Bakar Mesin Pengering

(mkt/30 Jun 2017)

Mesin pengering bb Tongkol Keunggulan mesin ini adalah tidak berbahan bakar minyak sehingga menurunkan biaya operasional pengeringan. Kebutuhan waktu kerja pengeringan lebih singkat saat musim hujan. Biaya kerja pengeringan lebih murah, Kerusakan biji sangat rendah. Sangat bermanfaat dioperasikan di musim hujan. (berita lengkap)

Cara Tanam Tugal Atau Larikan, Tergantung Kondisi Curah Hujan

(pdi/29 Jun 2017)

Cara tanam  padi gogo yang aman adalah dengan sistem tugal, karena benih dapat berada pada kedalaman Cara tanam padi gogo yang aman adalah dengan sistem tugal, karena benih dapat berada pada kedalaman 2-3 cm dan pada kelembaban tanah yang cukup setelah lubang tugalan ditimbun. Tanam tugal dilakukan untuk mengantisipasi curah hujan yang tidak menentu. Pada daerah-daerah yang curah hujannya dapat diramalkan tetap, maka tanam padi gogo dapat dilakukan dengan sistim larikan. Kedalaman larikan hanya 2-3 cm saja, namun benih yang ditanamkan akan cepat tumbuh karena hujannya relatif tetap dan hari hujan merata. (berita lengkap)

SDG Cengkeh Afo, Simbol Kejayaan Maluku Utara

(tp/27 Jun 2017)

Cengkeh adalah komoditas yang turut membuat nama Maluku Utara dikenal sebagai wilayah utama penghasil rempah yang sangat diminati oleh pedagang dan konsumen dari Cina, India, dan Eropa. Bahkan saat ini rempah dari Maluku Utara diminati oleh konsumen di seluruh dunia. Siapa sangka, tanaman cengkeh tertua di dunia, atau yang dengan nama cengkeh AFO, berada di lereng gunung Gamalama, Pulau Ternate. (berita lengkap)

Kefir, Susu Fermentasi Dengan Rasa Menyegarkan

(psc/26 Jun 2017)

Kefir Susu fermentasi dewasa ini berkembang pesat dalam kualitas dan kuantitas. Upaya untuk menarik minat konsumen terhadap jenis bahan pangan ini terus dilakukan, antara lain melalui diversifikasi produk. Jenis susu fermentasi bentuk cair yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah yogurt beserta produk pengembangannya yaitu dengan menambahkan berbagai jenis pemanis, flavor agar rasa dan baunya lebih meningkatkan selera seperti coklat dan buah-buahan, serta penggunaan pewarna makanan agar penampilan produk lebih menarik, selain itu juga penggunaan kultur lain disamping Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus dengan sifat probiotik seperti Bifidobacterium sp dan Lactobacillus sp. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori