Berita Baru

Jagung Hibrida Varietas Balitbangtan Primadona Petani dan Produsen Benih

(pat/15 Jan 2019)

hj-27 Branding varietas jagung hibrida Balitbangtan terkenal baik hampir di seluruh wilayah Indonesia. Tak heran jika banyak petani yang suka membudidayakan varietas jagung hibrida hasil pemuliaan Balitbangtan. Hal ini menjadi peluang bagi sebagian produsen benih untuk dapat menyiapkan benih tersebut bagi petani. Peluang inilah yang ditangkap CV Karomah Jaya Mandiri sebagai perusahaan benih di Jember yang sangat berminat mengembangkan jagung JH 27, yang dalam produksinya di antaranya akan mengembangkan model tumpang sari jagung dan kedelai. (berita lengkap)

Varietas Jagung NASA 29 dan HJ 21 Siap Ramaikan Pasar Benih Nasional

(pat/14 Jan 2019)

Mitra Jagung Nasa 29 dan HJ 21 PONOROGO - Verifikasi kelayakan administratif maupun teknis menjadi metode yang digunakan Badan Penelitian dan Pengembangan Penelitian (Balitbangtan) Kementan melalui Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (Balai PATP) untuk menilai calon Mitra yang berminat mengembangkan invensi. Kali ini verifikasi kelayakan dilakukan terhadap CV. Trubus Gumelar di Kabupaten Ponorogo pada hari Sabtu (12/01/2019). (berita lengkap)

Balitbangtan Lakukan Kerjasama dengan PTPN VIII

(bun/11 Jan 2019)

MOu Ptpn BANDUNG - Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ke Kabupaten Bandung di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung pada hari Jumat, (9/01/2019). Dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Pengembangan Komoditas Perkebunan dan Bahan Bakar Nabati (BBN) antara Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Dr. Fadjry Djufry dengan Direktur Utama PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Wahyu. Acara ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (berita lengkap)

Percepatan Pencegahan Kerusakan dan Pencemaran DAS Citarum

(bun/10 Jan 2019)

benih kopi dari mentan BANDUNG - Daerah aliran sungai (DAS) Citarum yang pada awalnya merupakan kawasan konservasi, sekarang sudah mengalami kerusakan seperti penggundulan tanah, erosi, sedimentasi dan pencemaran akibat limbah industri yang tidak dikelola menurut standar keamanan lingkungan. Dalam rangka mempercepat perbaikan dan pencegahan kerusakan DAS Citarum, maka pemerintah mengeluarkan Perpres No.15 tahun 2018. (berita lengkap)

Kemudahan Menggunakan Aplikasi SAPA Mektan

(mkt/09 Jan 2019)

SAPA Mektan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) baru saja melaunching aplikasi pelayanan pengujian alat dan mesin pertanian (alsintan) berbasis android pada akhir tahun 2018 yang lalu. Aplikasi ini diberi nama SAPA Mektan. (berita lengkap)

Potensi Besar Domba Komposit Sumatera

(pat/08 Jan 2019)

domba komposit sumatera Badan Peneitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) menghasilkan teknologi unggul berupa Domba Komposit Sumatera. Domba Komposit Sumatera adalah domba unggul hasil persilangan antara bibit domba lokal Sumatera dengan bibit domba St. Croix asal Virgin Islands, Amerika Serikat dan Domba Barbados Blackbelly asal Barbados Islands. Penelitian pembentukan domba Komposit Sumatera telah berlangsung lebih dari dua dekade hingga menghasilkan domba yang dapat dikembangkan dalam kondisi pemeli- haraan semi intensif. (berita lengkap)

Kuning Gading, Rambutan Berdaging Tebal

(hor/07 Jan 2019)

Rambutan Kuning Rambutan Kuning Gading bisa dikatakan rambutan yang unik, warna kulitnya yang kuning begitu menggoda setiap orang yang melihatnya. Sepintas orang akan menganggap aksesi rambutan yang satu ini memiliki karakter yang mirip dengan Rapiah, bahkan lebih unggul karena memiliki ukuran buah yang lebih besar dan daging buah lebih tebal. (berita lengkap)

Pengembangan Jagung NASA 29 di Kalimantan Timur

(tan/04 Jan 2019)

Nasa29Kaltim Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) semenjak 2017 telah melakukan analisis kelayakan sosial ekonomi pengembangan inovasi teknologi jagung berupa VUB hibrida prolifik (tongkol ganda) NASA 29 di sejumlah area target pengembangan. Pada tahun 2018 dilakukan pengembangan NASA 29 di Desa Sukan Tengah, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. (berita lengkap)

Jejak Perkembangan Jagung Hibrida di Indonesia

(tan/02 Jan 2019)

Bima1 dan Bima2 Jagung merupakan salah satu komoditas yang diprogramkan pemerintah Indonesia untuk mencapai swasembada dan target ekspor. Hal tersebut dikarenakan oleh kebutuhan jagung dalam negeri yang meningkat 3,77% setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan ternak unggas. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka produktivitas harus ditingkatkan dan biaya produksi harus ditekan seefisien mungkin. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas dengan biaya rendah adalah dengan menggunakan jagung hibrida. (berita lengkap)

Peresmian dan Penyerahan TTP Kopi oleh Balitbangtan - Pemda Kabupaten Bandung

(bun/31 Des 2018)

TTP Kopi Bandung Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat meresmikan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kopi Bandung, Kamis (27/12/2018). TTP Kopi yang didirikan di atas lahan Pemkab Bandung di Desa Cibeureum Kec. Kertasari Kab. Bandung adalah TTP yang ke-31 yang dibangun oleh Balitbangtan, Kementan. (berita lengkap)

Teknologi Off-Season Meningkatkan Produksi Mangga Gedong

(tp/28 Des 2018)

mangga gedong Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah banyak menghasilkan inovasi teknologi, namun dari segi pemanfaatannya oleh petani belum optimal. Oleh karena itu diperlukan wahana untuk menfasilitasi aliran inovasi teknologi tersebut, salah satu wahana tersebuat adalah dibangunnya TTP ( Taman Teknologi Pertanian). Balitbangtan mulai membangun TTP pada tahun 2015 yang bertujuan sebagai wahana penelitian, pengkajian, pengembangan dan penerapan inovasi, sekaligus show window, dan tempat peningkatan kapasitas pelaku pembangunan pertanian termasuk penyuluh dan petani. Salah satu TTP yang dibangun adalah Central of Excelent (Pusat TTP) di Desa Windujaya, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. (berita lengkap)

Kunjungi BB Pascapanen, Pemda Pandeglang Belajar Cara Mengolah Cabai Merah

(psc/27 Des 2018)

Pandeglang BOGOR - Produk hortikultura termasuk cabai merah, merupakan salah satu produk pertanian yang mudah rusak. Kerusakan yang terjadi diantaranya susut bobot, perubahan warna sampai pembusukan. Hal ini tentu saja sangat menjadi salah satu kendala yang dihadapi petani termasuk petani di daerah Pandeglang, Banten. (berita lengkap)

Padi Hibrida HIPA 18 dengan Berbagai Keunggulan Spesifik

(pdi/26 Des 2018)

hibrida Padi hibrida memiliki tingkat heterosisnya yang tidak sebesar tanaman hibrida lain yang menyerbuk sendiri, seperti jagung. Perlu diketahui, bahwa di negara asalnya, Tiongkok, padi hibrida terus menjadi primadona dan permata di lahan petani. (berita lengkap)

Paket Teknologi Budidaya Padi Sawah Lahan Salin

(tan/20 Des 2018)

Lahan Salinitas Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki garis pantai dan wilayah pesisir (batas antara daratan dan lautan) yang luas. Zona agro-ekologi pantai tersebut rentan terhadap perubahan iklim seperti kenaikan permukaan air laut yang meningkatkan salinitas, sehingga memerlukan teknologi adaptasi dampak perubahan iklim bagi pertanian, terutama budidaya tanaman padi. (berita lengkap)

Balitbangtan Bagikan 1,7 Juta Kilogram Benih Padi Secara Gratis

(adm/19 Des 2018)

benih padi SUKAMANDI - Kementerian Pertanian menjadikan tahun 2018 sebagai Tahun Benih Nasional. Benih dan bibit unggul dari berbagai komoditas tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, bahkan ternak gencar diproduksi dan dibagikan kepada petani, peternak, dan stakeholder terkait diseluruh provinsi di Indonesia. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori