Berita Baru

Sulsel untuk Sumber Benih Bawang Merah di Kawasan Timur Indonesia

(hor/22 Des 2014)

bawangmerah_sulsel Sebagian besar petani di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, menanam bawang merah dan telah menjadi komoditas andalannya. Varietas Bima mendominasi lahan bawang merah petani, selain varietas Maja. (berita lengkap)

Inbreeding Depression pada Tanaman Jarak Pagar

(bun/22 Des 2014)

J-Pagar Biji yang dihasilkan pada tanaman jarak pagar dapat berasal dari hasil penyerbukan silang maupun penyerbukan sendiri. Pada tanaman menyerbuk silang, terjadinya penyerbukan sendiri dapat mengakibatkan inbreeding depression (ID) atau penurunan nilai karakter karena dengan penyerbukan sendiri akan terjadi penggabungan gen-gen yang sama sehingga genotipe yang dihasilkan semakin homosigot. (berita lengkap)

Pemetaan Daya Saing Pertanian Indonesia

(pse/19 Des 2014)

Kondisi makro ekonomi nasional ke depan semakin penuh tantangan, dan ekonomi global makin terintegrasi. Dalam situasi ekonomi terbuka (open economic), pasar domestik Indonesia sangat terkait dengan perkembangan antarnegara yang semakin liberal. Dr. Saktyanu K. Dermoredjo mengatakan bahwa semakin terbukanya pasar dalam negeri produk impor pertanian sejenis akan semakin mudah masuk ke dalam negeri, yang akan menjadi ancaman dan menghambat peluang berkembangnya produk pertanian. (berita lengkap)

Keragaan Visitor Plot di KP Jambegede

(adm/18 Des 2014)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memiliki total 119 Kebun Percobaan (KP) yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai Show-window inovasi teknologi. (berita lengkap)

Pemanfaatan KATAM Terpadu Untuk Perhitungan Kebutuhan Alsintan

(mkt/18 Des 2014)

Pemetaan Alsintan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah merilis Kalender Tanam (KATAM) Terpadu yang berisi jadwal tanam berdasarkan prediksi iklim/ketersediaan air sampai di tingkat kecamatan. Data tersebut dapat dijadikan bahan masukan untuk menghitung optimalisasi pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan), yaitu dengan cara menginventarisir data ketersediaan, menghitung kebutuhan alsin. (berita lengkap)

Penghargaan AKIL Kepada 4 Peneliti Balitbangtan

(hms/17 Des 2014)

Penghargaan Akil Kekayaan Intelektual yang dihasilkan dari para peneliti Balitbangtan mendapat penghargaan Anugrah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) dari pemerintah. Empat dari 15 Penghargaan yang diserahkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Jakarta (16/12) tersebut adalah Kategori Paten 1 orang yang diraih Prof.Dr. Sri Widowati dan Kategori Perlindungan Varietas Tanaman 3 orang yang diraih Dr. Muhamad Azrai, Dr. Sudarmadi Purnomo dan Prof.Dr. Astanto Kasno. (berita lengkap)

Balitkabi Raih Anugerah Pusat Unggulan IPTEK 2014

(hms/17 Des 2014)

Balitkabi PUI JAKARTA – Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian berhasil meraih Anugerah Pusat Unggulan IPTEK (PUI) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2014, Selasa (16/12/2014). (berita lengkap)

Sistem Biopori – Sludge, Hasilkan Buah Lebih Banyak

(adm/16 Des 2014)

Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai akitifitas organisma di dalamnya, seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi oleh udara, dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. (berita lengkap)

Balitbangtan Meluncurkan MICO Harvester

(mkt/15 Des 2014)

Balitbangtan Launching Mini Indo Combine (Mico) Harvester Mini Indo Combine (MICO) Harvester adalah mesin panen padi hasil pengembangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui unit kerja bidang penelitian dan pengembangan yaitu Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan). (berita lengkap)

FGD Upaya Membangun Kerangka Kebijakan Mendukung Kedaulatan Pangan

(pse/13 Des 2014)

FGD JAKARTA – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bersama dengan Yayasan Pertanian Mandiri (Yapari) mengadakan forum group discussion (FGD) mengenai ‘Upaya Membangun Kerangka Kebijakan Mendukung Pelaksanaan Kedaulatan Pangan’, Kamis (11/12/2014) di Balitbangtan Kantor Pusat. (berita lengkap)

Kementerian Pertanian Punyai 121 Profesor Riset

(hms/12 Des 2014)

BOGOR – Profesor Riset di Kementerian Pertanian bertambah tiga, yang dikukuhkan oleh Kepala LIPI Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain Kamis (11/12/2014) di Auditorium Sadikin Sumintawikarta, Bogor. Jumlah Profesor Riset Dengan pengukuhan ini membuat Kementerian Pertanian kini mempunyai 121 profesor riset, tertinggi dari semua lembaga. (berita lengkap)

Persilangan Tebu Dengan Glagah

(bun/12 Des 2014)

Glagah Glagah paling banyak dan digunakan sebagai salah satu tetua dalam pemuliaan tebu. Glagah memiliki beberapa sifat unggul antara lain tahan dari cekaman kekeringan sekaligus tahan dari hama dan penyakit. Namun demikian, kandungan gula dalam glagah sangat rendah. Varietas POJ 2878 merupakan salah satu contoh keberhasilan persilangan ini. Varietas ini berhasil dalam pengendalian penyakit sereh dan menjadi salah satu tebu ajaib dunia. (berita lengkap)

Konservasi Garcinia sp dan Nephelium sp Berkelanjutan di Sumatera Barat

(adm/11 Des 2014)

Konservasi sumberdaya genetik lokal berkontribusi untuk ketahanan pangan, terutama masyarakat pedesaan. Konservasi on-farm merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keragaman sumberdaya genetik lokal dan cara praktis dalam melestarikan, meningkatkan dan mempromosikan pemanfaatan SDG lokal secara berkelanjutan. (berita lengkap)

Optimasi Lahan Padi Sawah 2014 di Sulawesi Selatan

(tan/11 Des 2014)

Optimasi Lahan Sulsel Lahan pertanian merupakan faktor utama dalam peningkatan produksi padi. Optimasi lahan diarahkan untuk perluasan areal tanam dan peningkatan produksi melalui pemaksimalan pemanfaatan lahan dan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) pada lahan kawasan pertanian tanaman pangan. (berita lengkap)

Manggis Serupa Tapi Tak Sama

(hor/11 Des 2014)

Jika membaca publikasi manggis, pada umumnya kita akan menemukan pernyataan bahwa manggis seragam atau tidak memiliki variasi baik secara morfologi maupun genetik. Hal ini disebabkan karena tanaman manggis mengalami proses reproduksi melalui mekanisme apomiksis. (berita lengkap)

Kerjasama Untuk Berswasembada

(hms/10 Des 2014)

AKARTA – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) dan PT. Sang Hyang Seri (PT. SHS) untuk melakukan pemanfaatan teknologi serta kualitas profesi peneliti nasional dalam menghasilkan inovasi bidang pertanian dalam rangka penggunaan varietas unggul baru tanaman pangan, Selasa (9/12) di Jakarta. (berita lengkap)

Mangga Merah, Primadona Baru Pasuruan

(hor/10 Des 2014)

Mangga Merah Selama kurun waktu seperempat abad sejak tahun 1990, mangga Arumanis 143 mendominasi transaksi bisnis buah mangga Indonesia. (berita lengkap)

4 Peneliti Balitbangtan Raih AKIL 2014

(hms/09 Des 2014)

JAKARTA – 4 peneliti Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, keempatnya yaitu Prof. Dr. Ir. Sri Widowati, M.App.Sc, Prof. Dr. Ir. Astanto Kasno, Dr. Ir. Sudarmadi Purnomo dan Dr. Muhammad Azrai memperoleh Anugerah kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) 2014. (berita lengkap)

Calon Varietas Kedelai Kaya Isoflavon

(adm/09 Des 2014)

Tim peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang terdiri dari M. Muchlish Adie, Ayda Krisnawati, Gatut Wahyu AS, Erliana Ginting, Rahmi Yulifianti, Eriyanto Yusnawan, Alfi Inayati, dan Arifin menemukan calon varietas kedelai yang memiliki kandungan isofalvon cukup tinggi. (berita lengkap)

Festival Kampung Kopi dan Kakao 2014

(hms/08 Des 2014)

JAKARTA – Sebagai salah satu negara penghasil kopi dan kakao, Indonesia perlu bersiap diri dalam menghadapi tantangan ekonomi yang kedepan semakin terintegrasi seperti hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2015 sehingga perlu kesiapan yang kuat dan menyeluruh dalam menghadapinya. Permasalahan tersebut menjadi perhatian serius pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian yang mengandeng Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk menyelenggarakan Festival Kampung Kopi dan Kakao 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 Desember 2014 di Plaza Selatan Senayan Jakarta. (berita lengkap)

Pembibitan Padi Sistem Modern dan Hemat Lahan

(mkt/08 Des 2014)

Pembibitan Padi Hemat Lahan Pembibitan padi hemat lahan untuk mengefisienkan penggunaan lahan persemaian perlu dirancang. Unit pembibitan padi ini bekerja secara terintegrasi mulai dari penyediaan tanah, pupuk, benih, penaburan benih dan pemeliharaan persemaian sampai siap untuk ditanam. (berita lengkap)

JK : Sinkronkan Sektor Pendukung Pertanian untuk Capai Swasembada Pangan Nasional

(pdi/05 Des 2014)

Kepala BB Padi Dr Ali Jamil sedang memberi penjelasan hasil-hasil inovasi teknologi padi kepada Wapr SUKAMANDI – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap agar seluruh sektor pendukung pertanian dapat sinkron, untuk mencapai target swasembada pangan nasional. (berita lengkap)

Wapres Kunjungi BB Padi

(hms/05 Des 2014)

Wapres JK mengunjungi BB Padi SUKAMANDI – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melaksanakan kunjungan kerja di daerah Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Kamis (4/12/2014). Kunjungan kerja kali ini untuk melihat proses produksi benih padi di PT. Sang Hyang Seri dan meninjau Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi). (berita lengkap)

Dua Perusahaan Sawit Serius Garap Integrasi Sapi – Sawit

(nak/05 Des 2014)

Integrasi perkebunan sawit dengan peternakan sapi potong yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) terus mengalami peningkatan. Perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di perkebunan sawit semakin banyak yang melakukan integrasi sawit-sapi. (berita lengkap)

Formulasi Kebijakan untuk Mendukung Pencapaian Swasembada Pajale 2017

(pse/04 Des 2014)

BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Formulasi Kebijakan Mendukung Pencapaian Swasembada Padi, Jagung dan Kedele Tahun 2017, Kamis (4/12/2014). FGD akan menghasilkan rumusan kebijakan sebagai bahan masukan bagi Kabinet Kerja dalam upaya mencapai swasembada pangan. (berita lengkap)

Isolasi Cendawan Entomopatogen dari Tubuh Wereng Hijau

(tan/04 Des 2014)

Cendawan Entomopatogen Sekarang ini usaha yang dilakukan oleh petani dalam mengendalikan hama wereng hijau sebagai vektor penyakit tungro masih tetap setia pada penggunaan insektisida. Padahal, penggunaan insektisida bukanlah solusi yang tepat karena lambat laun justru akan menimbulkan masalah baru seperti terjadinya resistensi dan resurgensi wereng hijau, terbunuhnya musuh alami, serta terjadinya pencemaran lingkungan. (berita lengkap)

Inpara 1 – 7, VU Balitbangtan untuk Lahan Rawa

(pdi/03 Des 2014)

Gambar Pertanaman Inpara 5, Inpara 1 dan 3 di areal kebun percobaan sukamandi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada periode tahun 2008 hingga 2012 telah melepas tujuh varietas unggul padi rawa dengan nama Inpara 1 hingga Inpara 7. Masing-masing varietas memiliki karakternya masing-masing. (berita lengkap)

Mentan : Revolusi Mental PNS Menuju Era Birokrasi Melayani

(adm/02 Des 2014)

JAKARTA – Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman menyampaikan, seluruh anggota KORPRI Kementerian Pertanian harus memahami, menjiwai, dan siap melaksanakan revolusi mental dengan mengubah pola pikir bahwa era birokrasi priyayi atau penguasa sudah berakhir, dan berganti dengan era birokrasi melayani. (berita lengkap)

13 UPT Balitbangtan Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani

(hms/02 Des 2014)

abdibaktitani JAKARTA – Tiga belas Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian raih penghargaan Abdibaktitani, Senin (1/12/2014). (berita lengkap)

Pangan Lokal Aman untuk Gaya Hidup Sehat

(psc/02 Des 2014)

BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) menyelenggarakan Open House dan Sosialisasi Diversifikasi Pangan dengan tema ‘Pangan Lokal Aman untuk Gaya Hidup Sehat’, Senin (1/12/2014) di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, Cimanggu. (berita lengkap)

Status Penelitian dan Upaya Peningkatan Kadar Patchouli Alkohol pada Minyak Nilam

(bun/01 Des 2014)

Nilam Nilam (Pogostemon cablin Benth.) merupakan tanaman penghasil minyak yang dikenal dengan patchouli oil. Minyak nilai merupakan salah satu bahan alami yang memiliki peranan sangat penting dalam industri kosmetik dan parfum. Patchoulol (patchouli alcohol/PA) merupakan senyawa terpenting yang memberikan aroma dan sering digunakan sebagai indikator terhadap mutu minyak nilam. (berita lengkap)

Mesin Penyosoh Sorgum untuk Mendukung Diversifikasi Pangan

(mkt/01 Des 2014)

Mesin Penyosoh Sorgum untuk Mendukung Diversifikasi Pangan Proses penyosohan sorgum pada umumnya dilakukan mulai dengan cara sederhana sampai secara mekanis. Penyosohan yang dilakukan secara manual menggunakan antan kayu dengan alas penampung biji dari batu. Dengan cara demikian akan menghasilkan beras sorgum yang memiliki rendemen, mutu dan daya simpan rendah dibanding menggunakan penyosoh mekanis.

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) pada tahun 2012 telah mengembangkan mesin penyosoh sorgum tipe abrasive dengan kapasitas kerja mencapai 150 kg/jam . Kemudian Pada tahun 2012 sudah dilakukan modifikasi dan penyempurnaan dengan penambahan komponen bucket elevator dan mesin pengayak biji sorgum sehingga kapasitasnya menjadi 200 kg/jam. (berita lengkap)

Transfer Teknologi mendukung Pertanian Berkelanjutan

(hms/29 Nop 2014)

Transfer Technology BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Transfer Teknologi mendukung Pertanian Berkelanjutan yang dilaksanakan Jum’at (28/11) di Bogor. FGD ini menekankan perlunya perhatian pihak-pihak terkait dalam mengatasi berbagai permasalahan yang masih muncul pada komponen utama pelaksanaan transfer teknologi yang meliputi sumber teknologi, pelaku transfer, media transfer, teknologi yang ditransfer dan pengguna teknologi. (berita lengkap)

Hama Ulat Api Pada Tanaman Kelapa

(hms/28 Nop 2014)

Hama Ulat Api HALMAHERA UTARA - Hama ulat api dilaporkan tengah menyerang sebagian dari lahan pertanaman kelapa di Pulau Tolonuo, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Hama ulat api menyerang hampir merata di lahan pertanaman kelapa di Pulau Tolonuo yang memiliki luas areal kebun 380 ha. Ulat api (Limacodidae) juga banyak menyerang tanaman kelapa sawit. Laporan mengenai serangan hama ulat api dengan serangan berat hampir 100% di lahan kebun kelapa 60 ha disampaikan Kepala BPTP Malukut Utara, Dr. Andriko Noto Susanto saat meninjau lokasi bersama Kepala Dinas Pertanian Halmahera Utara, Ir. Ferry Hangewa, MSi. (28/11). (berita lengkap)

Pengembangan Sentra Benih Kedelai

(adm/26 Nop 2014)

Pengembangan benih memiliki peranan penting dalam peningkatan produksi tanaman pangan, terutama dalam peningkatan produktivitas dan mutu hasil. Dalam meningkatkan ketersediaan benih sangat diperlukan varietas yang berdaya hasil tinggi dan mutu yang baik. (berita lengkap)

Status dan Potensi Sagu Baruk untuk Pangan dan Konservasi Lahan

(bun/25 Nop 2014)

SaguBaruk Sagu baruk (Arenga microcarpha Beccarl;fam. Arengae) merupakan tanaman perkebunan, tumbuh membentuk rumpun dan merupakan tanaman endemik yang memproduksi sagu atau karbohidrat sebagai makanan dari generasi ke generasi khususnya di Kabupaten Sangihe Besar, Sulawesi Utara. (berita lengkap)

Jurnal Elektronik di PUSTAKA

(ptk/24 Nop 2014)

Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang, maka publikasi atau penyebaran informasi yang disebut jurnal semula melalui kertas (cetak/hard-copy) kini mulai berganti menjadi bentuk elektronik (soft-copy) atau jurnal elektronik. (berita lengkap)

Temu Lapang M-AP2RLL

(ptk/24 Nop 2014)

KEPRI – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Kepulauan Riau bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat menyelenggarakan Temu Lapang kegiatan Model Akselerasi Pembangunan Pertanian Ramah Lingkungan Lestari (M-AP2RLL) di Desa Teluk Bakau, Kamis (20/11/2014). (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori