Berita Baru

Swasembada Pangan dengan Jagung Hibrida Varietas Bima 19 URI

(pat/25 Mei 2018)

bima uri 19 Untuk memenuhi target pemerintah dalam swasembada pangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Serealia telah menghasilkan teknologi varietas Jagung hibrida dengan nama Bima 19 URI (berita lengkap)

Mempercepat Pengembangan Teknologi dengan Jalur Kerja Sama

(bun/24 Mei 2018)

TehTayu Upaya pengembangan teknologi dengan jalur kerja sama tersebut tidak hanya menjadi pilihan, namun menjadi suatu kebutuhan jangka panjang antara Puslitbangbun dan Pemerintah Daerah dalam upaya mempercepat kemajuan dan moderinisasi sektor perkebunan dan memacu perolehan devisa Negara untuk kesejahteraan petani. (berita lengkap)

Hama Hilang Petani Senang

(pat/23 Mei 2018)

wareng coklat Insektisida nabati ini dapat menjadi alternatif pengendalian hama yang ramah lingkungan. Efektif mengendalikan hama wereng cokelat (Nilavarpata lugens Stall) dengan mortalitas nimfa wereng cokelat antara 80-95%. Tingkat efektivitasnya pada beberapa jenis hama pemakan dan pengisap daun berkisar antara 75-95%. (berita lengkap)

Pengembangan Paket Alat Mesin Pengolahan Biofarmaka

(mkt/22 Mei 2018)

Paket Alat Mesin Pegolahan Biofarmaka Umumnya hasil panen tanaman biofarmaka (kunyit) petani masih dijual dalam bentuk bahan mentah atau segar. Untuk meningkatkan nilai tambah hasil maka dapat dijual dalam bentuk bahan setengah jadi sebagai bahan dasar obat, makanan dan minuman, sehingga diperlukan paket alat mesin pengolahan bahan baku biofarmaka. (berita lengkap)

Teknologi Efisien Air Untuk Mendukung Off Season Mangga

(hor/21 Mei 2018)

kebun mangga Mangga merupakan tanaman buah penyumbang terbesar ketiga terhadap produksi buah nasional setelah pisang dan jeruk. Produksi mangga sebesar 1.627.997 ton atau sekitar pada periode tahun 2003 – 2005. Indonesia menduduki urutan kelima negara penghasil mangga terbesar di dunia, namun tidak termasuk sepuluh besar negara pengekspor mangga dunia. (berita lengkap)

BUDENOPI, Budi daya Kedelai No Pestisida Kimia

(tan/18 Mei 2018)

budenopi Budenopi merupakan teknologi budi daya kedelai yang dirancang untuk menekan perkembangan organisme pengganggu tanaman (OPT) (berita lengkap)

Ozonisasi, Hilangkan Pathek dan Turunkan Losses Cabai

(psc/17 Mei 2018)

Pathek pada cabai Penyakit antraknosa atau yang sering disebut pathek merupakan masalah yang telah lama menghantui petani cabai. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Colletotrichum capsici. Jamur itu sangat sering menjadi wabah pada musim penghujan, namun kejadian di musim kemarau juga bukan tidak mungkin. Lebih gawat lagi, pathek sangat mudah menular. Cabai yang berpenyakit pathek akan menulari cabai lainnya sepanjang proses distribusi. Walaupun pengumpul/pengepak telah melakukan sortasi, penyakit ini tetap kerap ditemui dan merupakan salah satu penyebab utama kehilangan hasil (losses) pada cabai. (berita lengkap)

Alat Penangkap Residu Pestisida

(sdl/16 Mei 2018)

FIO Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) mengembangkan alat yang dapat menahan dan menangkap residu pestisida yaitu filter irigasi inlet outlet (FIO). FIO ini awalnya terbuat dari bak plastik dengan dengan ukuran disesuaikan dengan lebar saluran irigasi. Didalamnya terdapat 12 buah penyaring berbentuk silinder dan dirangkai secara zig-zag. Penyaring terbuat dari kasa alumunium yang diisi dengan arang atau biochar dan bisa diisi ulang atau bongkar pasang. (berita lengkap)

Nahkoda Baru Puslitbang Tanaman Pangan

(tan/15 Mei 2018)

Sertijab Kapuslitbangtan JAKARTA - Setelah dua bulan Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Ir.. Hardiyanto M.Sc menjadi Plt. Kepala Puslitbang Tanaman Pangan (Puslitbangtan), hari ini (15/5/2018) Plt. Kapuslitbangtan menyerahkan sepenuhnya kepada Kepala Puslitbang Tanaman Pangan yang baru dilantik yaitu Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab, M.Si. (berita lengkap)

Mitra Balitbangtan Siap Dukung Program 10 Juta Ayam Kementan

(pat/15 Mei 2018)

BEKERJA Gaung keunggulan ternak unggas hasil teknologi Balitbangtan, tidak hanya terdengar tapi juga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) akan menyalurkan 10 juta ekor ayam yang kemudian diperluas menjadi ternak unggas. Kesempatan ini menjadi peluang bagi Balitbangtan untuk berkontribusi penuh sekaligus memperkenalkan lebih luas teknologi unggulan ternak unggas yang telah dihasilkan. Teknologi tersebut diantaranya adalah Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB), Ayam Sentul, Ayam Sentul-KUB (Sekub), Itik Master dan Itik PMp. (berita lengkap)

Tepung Pregel Pengganti Gandum untuk Roti dan Mi

(psc/14 Mei 2018)

Roti dari tepung prejel Ketergantungan masyarakat terhadap produk olahan gandum terus meningkat tiap tahunnya. Bahkan, Asosiasi Produsen Terigu Indonesia (Aptindo) menyebutkan realisasi impor gandum untuk industri pangan kuartal III 2017 sekira 5,8 juta ton atau naik 4,8 persen dibandingkan periode sebelummya. Potensi pangan lokal sumber karbohidrat sangat besar, seperti ubi kayu tetapi belum dilirik oleh sektor Industri sebagai bahan baku. (berita lengkap)

Bimtek Inovasi Teknologi PAJALE Mendukung Kedaulatan Pangan

(tan/11 Mei 2018)

Bimtek Pajale Sulsel MAKASSAR - Untuk meningkatkan produksi Padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE) di Propinsi Sulawesi Selatan, Badan Litbang Pertanian melalui Puslitbang Tanaman Pangan mengadakan Bimbingan Teknis Inovasi Teknologi di Makassar pada 7-8 Mei 2018 yang lalu. (berita lengkap)

Limbah Kulit Kopi Sebagai Alternatif Pakan Ternak

(tp/09 Mei 2018)

kulit kopi Di Indonesia, perkebunan kopi terdiri dari perkebunan rakyat dan perkebunan industri sedangkan di Kepulauan Bangka Belitung sendiri luas perkebunan kopi retalif masih kecil tetapi memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. (berita lengkap)

Keterbukaan Informasi Publik adalah Hak Masyarakat

(adm/08 Mei 2018)

PPID JAKARTA-Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2018 dengan tema Peran PPID Dalam Penderasan Informasi Menyongsong Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045. Hadir dalam acara tersebut 325 PPID dari seluruh Unit kerja seluruh Indonesia lingkup Kementerian Pertanian (8/05/2018). (berita lengkap)

Sambut Ramadhan, Balitbangtan Gelar Aneka Kegiatan Untuk Masyarakat

(hms/08 Mei 2018)

tarhib ramadhan Balitbangtan 2018 BOGOR - Menyambut kehadiran bulan suci ramadhan 1439 H, Balitbangtan mengadakan Tarhib Ramadhan bertema “Bersihkan Hati, Kuatkan Ukhuwah, dan Tingkatkan Kepedulian bagi Sesama” di Kampus Pertanian Cimanggu, Bogor, pada 7-9 Mei 2018. (berita lengkap)

Keong Mas untuk Pakan Ternak

(nak/07 Mei 2018)

keong_mas Pemanfaatan keong mas sebagai pakan ternak merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan pakan ternak alternatif dan berkualitas untuk mendorong peningkatan produksi usaha ternak. Daging keong dapat diberikan kepada ternak dalam keadaan mentah (segar) maupun dalam bentuk olahan. Biasanya keong mas dijadikan pakan pada sapi, kambing, ayam dan itik. Pada pengembangan ternak itik, keong mas merupakan pakan campuran sebagai sumber protein yang murah. Selain mengandung banyak protein, keong mas juga kaya akan kalsium. (berita lengkap)

Pendatang Baru pada Lahan Kering Dataran Tinggi

(tan/04 Mei 2018)

Varietas padi gogo Luhur 1 dan Luhur 2 yang baru dilepas diharapkan dapat diadopsi oleh petani lahan kering dataran tinggi dalam upaya mendukung keberlanjutan produksi pangan nasional (berita lengkap)

Regenerasi Adalah Kewajiban Organisasi

(adm/03 Mei 2018)

sertijab JAKARTA – Penyegaran dan percepatan regenerasi pejabat adalah sebuah kewajiban bagi organisasi. Seperti diungkapkan oleh Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir saat melantik 15 pejabat struktural Eselon III dan IV lingkup Badan Litbang Pertanian di Jakarta, Kamis (3/5/2018). (berita lengkap)

Hidroponik, Solusi Pertanian Lahan Sempit

(tp/03 Mei 2018)

hidroponik Provinsi Kalimantan Tengah memiliki potensi lahan pertanian yang masih sangat luas, namun prospek pemanfaatan lahan sempit, seperti di pekarangan rumah, saat ini menjadi tren tersendiri bagi masyarakat perkotaan di Palangkaraya, untuk menanam berbagai komoditas hortikultura seperti sayuran dan tanaman obat. Guna memenuhi kebutuhan informasi teknologi tersebut Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui BPTP Kalimantan Tengah melakukan kegiatan visitor plot menggelar diseminasi inovasi teknologi pertanian hidroponik mendukung pertanian perkotaan. (berita lengkap)

Alat Pengepras Tebu Mendukung Swasembada Gula

(mkt/18 Apr 2018)

Alat Pengepras Tebu Salah satu usaha mendukung program swasembada gula nasional, dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu adalah dengan penanaman sistem kepras tebu (ratoon), yaitu memelihara sisa batang tebu setelah panen (ditebang) hingga tumbuh tunas dan menjadi tanaman tebu produksi. Hal ini dapat memperpendek waktu budidaya tebu, karena tidak perlu pengolahan tanah dan tanam tebu. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori