Berita Baru

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Hasil Gabah

(pdi/30 Jan 2015)

Hasil dari pertanaman padi (gabah) dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu genetik, kondisi abiotik dan biotik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hasil gabah (GKP) sangat dipengaruhi oleh kesesuaian varietas yang ditanam, keberadaan dan keparahan serangan hama penyakit dan kondisi lingkungan tumbuh. (berita lengkap)

AMR Pada Foodborne Pathogens

(vet/29 Jan 2015)

Perkembangan teknologi peternakan dari tradisional hingga komersial mengakibatkan penggunaan antimicrobial juga semakin meluas sebagai substansi yang digunakan untuk pengobatan, hingga meningkatkan performance hewan baik kesehatan dan pertumbuhannya. (berita lengkap)

Agri Gardina 45, Genjah dan Unik

(adm/29 Jan 2015)

Agri Gardina 45 merupakan mangga hibrid yang terdaftar sebagai varietas unggul baru melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian nomor 125/Kpts /SR.120/D.2.7/3/2014. Mangga ini merupakan persilangan mangga Arumanis 143 dengan Saigon yang bertujuan untuk memperbaiki sifat buah mangga Arumanis 143 yang buahnya berkulit hijau agar menjadi merah/menarik. (berita lengkap)

Jeruk Tejakula Memberi Harapan di Tanah Kering Berbatu

(hor/28 Jan 2015)

Jeruk_Tejakula Tidak pernah terbayangkan kalau di kemudian hari tanah desa seluas 50 hektar di Desa Mulyo Rejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur akan berubah menjadi kebun jeruk. (berita lengkap)

E-BOOK Sebagai Sarana Diseminasi Informasi Pertanian

(ptk/28 Jan 2015)

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan dan gambaran dari ide, imajinasi dan pikiran seseorang.Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mempengaruhi penerbit dalam mengembangkan inovasi terbitannya. Salah satunya adalah keberadaan buku elektronis atau disebut juga dengan E-book dengan berbagai aplikasi cara pembuatannya. (berita lengkap)

Umbi Garut, Pangan Alternatif Yang Patut Dikembangkan

(psc/27 Jan 2015)

Tanaman garut merupakan terna (tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu) tegak, berakar dangkal, dengan rimpang yang dapat menembus tanah. Rimpang berbentuk silinder, berdaging, berwarna putih atau kemerahan. Umumnya garut ditanam pada ladang yang tidak diusahakan petani di pinggir hutan. Budidaya garut yang cukup intensif dilakukan petani di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. (berita lengkap)

Dukungan Balitbangtan dalam Pengembangan Jeruk di Daerah Perbatasan

(adm/27 Jan 2015)

Kabupaten Nunukan sebagai kabupaten paling utara dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang berbatasan langsung dengan Malaysia telah melakukan penanaman komoditas jeruk yang sebelumnya belum pernah ditanam di Kabupaten tersebut. (berita lengkap)

Mikroorganisme Tanah Bisa untuk Pupuk Hayati

(adm/26 Jan 2015)

Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman adalah dengan pemberian pupuk terhadapa tanaman, umumnya petani lebih tertarik mengunakan pupuk kimia karena memberikan hasil yang cepat dan nyata terhadap hasil panen mereka. (berita lengkap)

Varietas Tebu yang Mudah Dikelentek

(bun/24 Jan 2015)

Teu Klentek Mudah Kelentek adalah menghilangkan daun-daun kering yang tidak berguna. Kegiatan ini (kelentek) bagi petani memerlukan perhatian tersendiri dengan kebutuhan biaya yang tidak sedikit. Beragamnya daya kelentek varietas tebu tersebut, petani pun tebu dituntut untuk lebih selektif dalam memilih varietas yang akan ditanam, sehingga dapat mengurangi biaya dalam pemeliharaan. (berita lengkap)

ASP dan ATP Untuk Percepatan Aliran Teknologi Pertanian

(hms/23 Jan 2015)

JAKARTA – Agro Science Park (ASP) dan Agro Techno Park (ATP) merupakan sebuah program pemerintah yang bertujuan untuk mempercepat aliran teknologi di bidang pertanian sampai ke lapangan dan diimplementasikan oleh pengguna khususnya petani. Untuk itu koordinasi antar pihak yang terkait dengan program tersebut harus terus dilakukan. Salah satunya dengan rapat koordinasi terkait ASP dan ATP antara Kementerian Pertanian dengan Bappenas yang diselenggarakan pada Kamis, (22/1/2015) di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kantor Pusat. (berita lengkap)

Aksi Balitbangtan Meningkatkan Produksi Bawang Merah

(hor/23 Jan 2015)

Bawang Merah di BPTP Perhatian pada komoditas bawang merah dan cabe merah menjadi sangat penting, setelah berkali-kali harga kedua komoditas tersebut mencapai nilai yang 'menakjubkan' dan oleh Bank Indonesia terindikasi menjadi salah satu penyebab inflasi. (berita lengkap)

Dukung Swasembada, TNI Berlatih Menjadi Kader Pertanian

(hms/22 Jan 2015)

Swasembada pangan (padi, jagung, kedelai) ditargetkan oleh pemerintah hingga tiga tahun ke depan. Mengingat urusan pangan bukan hanya urusan Kementerian Pertanian, tetapi seluruh komponen bangsa, TNI juga mendapat tugas mensukseskan program tersebut. (berita lengkap)

Dukung Swasembada, Dua Kabupaten di Yogyakarta Canangkan Perbaikan Irigasi

(hms/22 Jan 2015)

YOGYAKARTA – Dua kabupaten di propinsi DI Yogyakarta yakni Kabupaten Bantul dan Gunungkidul pada Selasa (20/1/2015) secara serentak melakukan pencanangan gerakan Perbaikan Irigasi di dua lokasi berbeda. Pencanangan gerakan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Menteri Pertanian agar setiap daerah di Indonesia melaksanakan Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi melalui acara peletakan batu pertama guna mendukung swasembada padi, jagung dan kedelai. (berita lengkap)

Pembangunan Jaringan Irigasi Dukung Percepatan Swasembada Pangan

(tan/21 Jan 2015)

Pembangunan infrastruktur penunjang proses produksi menjadi salah satu prioritas di awal pelaksanaan program guna percepatan swasembada pangan tiga tahun ke depan oleh pemerintah. (berita lengkap)

Ka Badan : Segera Beradaptasi dengan Sistem Terbaru

(adm/21 Jan 2015)

CIAWI – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Haryono mengatakan bahwa Balitbangtan harus maju, tinggi kualitasnya, dan mampu menjawab persoalan yang ada dalam pembangunan pertanian. (berita lengkap)

Pilot Plant Pupuk Hayati Unggulan Nasional

(adm/20 Jan 2015)

Beberapa tahun terakhir ini, pupuk hayati merupakan primadona dalam sektor pertanian karena dapat meningkatkan hasil panen dan mengembalikan kesuburan lahan. Pupuk hayati yang berisikan agensia hayati dapat digunakan sebagai pupuk, pembenah tanah dan pestisida. (berita lengkap)

Potensi Ganyong sebagai Pangan Alternatif Pengganti Beras

(bio/20 Jan 2015)

Tanaman dan umbi ganyong. “Masih belum makan kalau bukan dengan nasi”. Opini ini masih melekat kuat di kepala sebagian besar rakyat Indonesia. Ketergantungan konsumsi beras saat ini sudah sangat tinggi, padahal terdapat berbagai jenis pangan alternatif pengganti beras yang dapat memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia. (berita lengkap)

UPSUS Balitbangtan untuk Percepatan Swasembada Pangan

(adm/19 Jan 2015)

Swasembada pangan menjadi target utama program pembangunan pemerintah tiga tahun ke depan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang bersinergi dengan lintas instansi, penuh semangat menyingsingkan lengan menyatukan misi, mengikis rasa ego sektoral, berjibaku bekerja, bekerja dan bekerja menyongsong program swasembada pangan. (berita lengkap)

Kerjasama Kementerian Pertanian dengan IPB

(hms/19 Jan 2015)

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk turut serta mendukung pemenuhan dan percepatan swasembada pangan khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai. Kerjasama tersebut tertuang dalam nota kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto pada Jumat (16/1/2015) di Kementerian Pertanian. (berita lengkap)

Kembangkan Inpari untuk Tingkatkan Produksi

(hms/16 Jan 2015)

BANTEN – Dalam rangka koordinasi upaya khusus percepatan swasembada khususnya di propinsi Banten, pada Rabu (14/1/2014) Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja dan rapat koordinasi dengan Plt. Gubernur Banten Rano Karno beserta jajarannya di Pendopo Gubernur Banten. (berita lengkap)

Perakitan Varietas Gandum Transgenik Adaptif Iklim Tropis

(bio/16 Jan 2015)

Gandum adaptis iklim tropis Produksi gandum di Indonesia masih relatif rendah, yaitu sekitar 3 t/ha, dibandingkan dengan produksi gandum dunia yang mencapai 9 t/ha. Sementara itu, kebutuhan gandum di Indonesia meningkat setiap tahunnya, sehingga harus dilakukan impor dalam jumlah yang sangat besar. Produksi gandum nasional tidak dapat meningkat selama masih mengandalkan iklim pertanaman di wilayah dataran tinggi. Pengembangan varietas yang dapat ditanam di dataran rendah sangat diharapkan. (berita lengkap)

Prospek Usaha Tani Japanche citroen

(adm/15 Jan 2015)

Tanaman jeruk JC (Japanche citroen) biasa orang menyebutnya jeruk citroen, berdasarkan informasi dari The Citrus Industry vol I sebenarnya adalah Rangpur Lime berasal dari India atau Canton Lemon, di Jepang disebut Hime Lemon dan di Brazil Cravo Lemon, yang umumnya digunakan sebagai batang bawah tanaman jeruk. (berita lengkap)

Memperbanyak Penyediaan Bibit Anggrek

(hor/14 Jan 2015)

Anggrek Potensi ekonomi anggrek sebagai salah satu komoditas tanaman hias telah banyak dimanfaatkan dan dikembangkan oleh banyak negara. Di Indonesia, potensi anggrek cukup besar dilihat dari sumber plasma nutfah dan banyak memiliki keunikan. Oleh karena itu sangat terbuka peluang untuk menggalakkan daya saing peranggrekan Indonesia di pasar internasional. (berita lengkap)

Penentuan Umur Panen Gandum Tropis

(tan/13 Jan 2015)

Gandum Tanaman gandum khususnya yang tumbuh pada wilayah dengan kelembaban udara yang tinggi mudah berkecambah dan berjamur sehingga mempengaruhi kualitas hasil biji. Biji yang berkecambah akibat terlambat dipanen akan menurunkan viabilitas biji/benih gandum serta menurunkan kualitas/sifat adonan dari tepung yang dihasilkan sehingga akan mempengaruhi nilai jual tepung. Oleh karena itu, untuk menekan susut jumlah dan mutu maka panen segera dilakukan setelah biji masak fisiologis. (berita lengkap)

Pendayagunaan Kedelai Introduksi dalam Perbaikan Varietas

(bio/12 Jan 2015)

Kedelai introduksi Dari sebanyak 68 varietas unggul kedelai yang sudah dilepas sejak tahun 1965, sebanyak 14 berasal dari varietas/galur introduksi dari luar negeri. Proses pemuliaan yang dilakukan sebelum pelepasan varietas introduksi menjadi varietas unggul nasional adalah dengan cara memurnikan, menguji adaptasi, dan daya hasilnya di berbagai lokasi bersama-sama dengan galur harapan lainnya. (berita lengkap)

Pembenahan Organisasi Petani untuk Mendukung Swasembada

(pse/12 Jan 2015)

Pencapaian swasembada lima komoditas pada tahun 2017 membutuhkan berbagai rekayasa dalam konteks kelembagaan, sehingga seluruh pelaku yang di dalamnya dapat bekerja dengan kondusif. Salah satu aksi kelembagaan yang mendesak dilakukan adalah pembenahan organisasi petani. (berita lengkap)

Program dan Tata Kelola Balitbangtan TA. 2015 Mendukung Swasembada Pangan

(adm/09 Jan 2015)

BOGOR – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr Haryono mengatakan bahwa Balitbangtan di tahun 2015 harus ‘naik kelas’, sehingga capaiannya juga meningkat. Hal tersebut dapat terwujud apabila bekerja dengan sistematis, lebih efektif dan lebih efisien. (berita lengkap)

Agar Tidak Rugi, Hindari Serangan Wereng Coklat

(hms/09 Jan 2015)

Serangan Hama Wereng Coklat Petani bila dalam menggunakan pestisida yang melanggar kaidah-kaidah PHT (tepat jenis, tepat dosis, dan tepat waktu aplikasi) dan melakukan penanaman padi tidak serentak akan turut memicu ledakan wereng coklat. (berita lengkap)

Optimisme Menuju Swasembada Pangan

(hms/08 Jan 2015)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan target swasembada pangan khususnya padi dalam tiga tahun kedepan, bahkan semangat yang ada di internal Kementan bahwa target tersebut akan dapat dicapai kurang dari tiga tahun. Untuk mencapai hal tersebut telah dilakukan identifikasi permasalahan terkait produktifitas, yaitu irigasi, benih, pupuk dan alat mesin pertanian. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam konferensi pers usai melantik Direktur Jenderal Tanaman Pangan yang baru, Dr. Hasil Sembiring. (berita lengkap)

Taman Agro Inovasi

(ptk/07 Jan 2015)

Pada saat ini lahan di perkotaan sudah mulai terbatas, sehingga masyarakat di perkotaan mulai kekurangan ruang untuk budidaya pertanian. Pentingnya pertanian di perkotaan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup. (berita lengkap)

Perkembangan Teknologi Konservasi In Vitro

(bio/07 Jan 2015)

Metode konservasi in vitro adalah salah satu cara pelestarian secara ex situ yang sangat sesuai diterapkan untuk tanaman yang berbenih semi rekalsitran, rekalsitran, dan diperbanyak secara vegetatif. Metode tersebut memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknik penyimpanan di lapang karena memerlukan area yang lebih sempit, tenaga kerja yang lebih terbatas, curahan waktu yang lebih sedikit, dan dana yang lebih hemat. Selain itu, materi yang disimpan akan terhindar dari risiko cekaman biotik (hama dan penyakit) serta cekaman abiotik (kekahatan, keracunan, kebanjiran, kekeringan, kemasaman, suhu tinggi, dan kebakaran lahan). (berita lengkap)

Varietas Grobogan Terus Berkembang di Kabupaten Purwodadi

(tan/06 Jan 2015)

Kedelai Grobogan Varietas Grobogan yang dilepas pada tahun 2008, merupakan hasil seleksi terhadap genotipe kedelai yang banyak ditanam di sekitar Kabupaten Purwodadi. Keunggulan varietas Grobogan adalah berumur genjah (76 hari) dan ukuran biji besar (sekitar 18 g/100 bijinya). (berita lengkap)

VUB Padi : Inpari 34 Salin Agritan

(tan/05 Jan 2015)

Inpari 34 Pemerintah Indonesia telah menggaungkan swasembada beras tiga tahun ke depan. Guna mencapainya, segala potensi komponen produksi dari varietas, teknologi, sarana produksi dan infrastruktur pendukung dikerahkan semaksimal mungkin di semua sentra produksi padi nasional. (berita lengkap)

Penelitian Genom Padi di Balitbangtan

(bio/02 Jan 2015)

marka dan peta genom padi Pengembangan penelitian genom tanaman padi di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dilakukan untuk mengidentifikasi gen-gen penting yang berkontribusi untuk membentuk karakter produksi tinggi dan umur genjah pada koleksi sumber daya genetik (SDG) tanaman padi di bank gen. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori