Berita Baru

Anjasmoro, Idola Petani di Kabupaten Maros

(adm/24 Okt 2014)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sejak tahun 2012 hingga 2014 melakukan pendampingan pengembangan kedelai di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan melalui kegiatan diseminasi varietas unggul baru kedelai, aplikasi teknologi budidaya kedelai dan pemaksimalan pemanfaatan lahan dalam rangka peningkatan produksi kedelai. (berita lengkap)

Kunyit sebagai Biopestisida dan Penghambat Nitrifikasi

(adm/23 Okt 2014)

Rimpang kunyit dapat menjadi bahan pestisida nabati dan bahan penghambat nitrifikasi. (berita lengkap)

Balitbangtan Memperkenalkan VUB Gladiol dan Biopestisida Gliocompos

(hor/23 Okt 2014)

JAWA BARAT – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Gelar Teknologi Lapang Penggunaan Biopestisida Gliocompos pada Gladiol, Rabu (22/10/2014) di Kebun Percobaan Palasari, Desa Sudajaya Girang, Salabintana, Sukabumi. (berita lengkap)

Jerami Memperkecil Kerusakan Getah Bening dan Burik Buah Manggis

(hor/22 Okt 2014)

jerami Jerami merupakan limbah pertanian yang kaya guna. Namun pemanfaatan limbah yang lazimnya digunakan sebagai mulsa ini masih belum maksimal. Hal ini terlihat dari tumpukan jerami yang dibiarkan di sekitar areal persawahan pada setiap musim panen. Sebagian yang lain memusnahkan limbah tersebut dengan dibakar. (berita lengkap)

Protokol Cartagena untuk Diimplementasi dengan Rencana Pembangunan Nasional

(bio/22 Okt 2014)

Delegasi Indonesia pd 7th MOP-COP Implementasi Protocol Cartagena di masing-masing Negara Pihak sangatlah diharapkan. Selain itu, untuk dapat pula diintegrasikan dengan rencana pembangunan nasional (pengarusutamaan) dan bagaimana memobilisasi dana untuk implementasi. (berita lengkap)

Cara Simpan yang Tepat dapat Mengurangi Kerusakan Biji Gandum

(tan/21 Okt 2014)

Gandum Gandum/terigu merupakan sumber pangan utama mayarakat Indonesia saat ini. Seiring meningkatnya taraf hidup masyarakat, standar mutu tepung gandum juga akan semakin ketat dan harus memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). (berita lengkap)

Compass Agrinak, Galur Baru Domba di Indonesia

(nak/21 Okt 2014)

compass_agrinak.jpg Puslitbangnak secara resmi telah menerima Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 1050/Kpts/SR.120/10/2014, tentang pelepasan Rumpun domba Compass Agrinak, tertanggal 13 Oktober 2014. (berita lengkap)

Bioetanol Generasi Kedua dari Lignoselulosa Limbah Tebu

(bun/20 Okt 2014)

Bioetanol Dalam industri gula, pengolahan limbah tebu dapat menghasilkan produk sampingan berupa biogas maupun gas atau disebut bagas (bahan gas) yang bisa dimanfaatkan. (berita lengkap)

SAR RICEscape TRAINING

(sdl/20 Okt 2014)

SAR RICEscape BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanin (BBSDLP) melaksanakan SAR RICEscape Training, kegiatan training yang diadakan kali ketiga ini berlangsung mulai tanggal 13-16 Oktober 2014 di Gedung BBSDLP Bogor. Menghadirkan langsung trainer dari SARMAP, Swiss, Mr. Francesco Collivignarelli, diikuti langsung oleh sekitar 21 peserta yang ahli dibidang tersebut. (berita lengkap)

Bekerja dengan Pedoman Komitmen, Keteladanan, Profesionalisme, Integritas dan Disiplin

(hms/16 Okt 2014)

Harmanto Dr JAKARTA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Haryono, didampingi Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian serta para Pejabat Eselon II melantik Dr Wiratno sebagai Kepala Balai Penelitian Tanah, Dr. Harmanto sebagai Kepala BPTP Sumatera Selatan dan Dr. Mukhlis sebagai Kepala Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Rabu (15/10/2014) di Balitbangtan Kantor Pusat. (berita lengkap)

MOU untuk Penguatan Koordinasi Implementasi Penurunan Emisi GRK

(hms/16 Okt 2014)

Penandanganan NOU REDD+ dan NUS JAKARTA - Pengurangan emisi gas rumah kaca merupakan sebuah isu global yang telah dilaksanakan di banyak negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia, hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden No. 61 Tahun 2011 tentang rencana aksi nasional penurunan emisi gas rumah kaca (RAN GRK) yang merupakan dokumen rencana kerja untuk pelaksanaan berbagai kegiatan yang secara langsung dan tidak langsung menurunkan emisi gas rumah kaca sesuai dengan target pembangunan nasional. (berita lengkap)

International Symposium on Applied System Analysis in Agriculture

(hms/15 Okt 2014)

JAKARTA – Saat ini pembangunan pertanian meningkat dengan tajam untuk menjawab tingginya permintaan akan produk pertanian. Menghadapi hal tersebut diperlukan suatu sistem pertanian yang berkelanjutan. Pertanian berkelanjutan mengintegrasikan tiga hal pokok, yaitu kesehatan lingkungan, keuntungan ekonomi dan keseimbangan sosial ekonomi. Demikian ungkap Dr. Rusman Heriawan saat membuka International Symposium on Applied System Analysis in Agriculture. (berita lengkap)

Inpari 19, Adaptif di Berbagai Kabupaten

(adm/15 Okt 2014)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menciptakan varietas padi yang dapat dikembangkan di lahan irigasi dan tadah hujan. Pada tahun 2011 telah dilepas varietas unggul baru (VUB) dengan nama Inpari 19 dengan umur yang genjah dengan potensi malai tinggi sehingga menjadi alternatif varietas padi yang layak untuk dikembangkan. (berita lengkap)

Penanaman Bambu untuk Pengadaan Air Tanah di Lahan Tebu

(bun/14 Okt 2014)

Pertanaman Bambu Petung Di Indonesia sebagian besar tebu dikembangkan pada lahan kering (tegal) dan jauh dari sungai, sehingga perlu dipertimbangan pembuatan embung di kawasan pengembangan tersebut. Pembuatan embung memerlukan lahan yang sangat luas, sehingga dapat mengurangi areal pengembangan tebu. Perlu diupayakan alternatif yang yang lebih efisien dalam pemanfaatan lahan pertanian dan efektif dalam hal pelaksanaan pengairan. Salah satu alternatifnya yaitu penanaman pohon bambu yang mempunyai nilai ekonomi, misalnya bambu “petung”. (berita lengkap)

Pengelolaan, Pengembangan dan Pemanfaatan SDG Tanaman Mendukung Ketersediaan Pangan Berkelanjutan

(bio/14 Okt 2014)

Beberapa kegiatan di Sumut, DIY dan NTT. Sumber Daya Genetik (SDG) tanaman memiliki arti yang sangat penting dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pangan baik secara langsung maupun tidak langsung. Sejumlah varietas komoditas tanaman telah dimanfaatkan secara intensif sebagai pangan, sejumlah species tanaman lainnya yang belum dimanfaatkan diketahui memiliki potensi dalam mendukung program pemuliaan tanaman. (berita lengkap)

Pepaya medel mencuri perhatian pengunjung dan suplayer buah pada FBBN 2014

(hms/13 Okt 2014)

FBBN Bogor - Salah satu masalah dalam industri hortikultura Indonesia adalah rantai pasok yang masih buruk, produk yang hanya tersedia pada musim tertentu, rantai pasok yang panjang sehingga harga produk yang tinggi di tingkat konsumen. Hal ini juga menjadi sorotan dari revolusi oranye yang tahun ini lebih memfokuskan pada perbaikan rantai pasok atau supply chain (10/10). (berita lengkap)

Workshop Pengelolaan Keanekaragaman Hayati oleh Masyarakat

(bio/13 Okt 2014)

workshop CBM 2014 Pengelolaan keanekaragaman hayati (kehati) oleh masyarakat (Community Biodiversity Management – CBM) adalah suatu metode untuk membangun kelembagaan masyarakat dan memperkuat kemampuan mereka dalam konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya genetik (SDG) tanaman. Konsep ini telah berhasil diterapkan dengan penyesuaian-penyesuaian di berbagai negara. (berita lengkap)

JRM 2012, Keprok Hibrida VU Balitbangtan

(adm/10 Okt 2014)

Varietas JRM 2012, merupakan jeruk keprok hibrida yang sejak tahun 1987 ditanam di KP Punten sebagai koleksi Plasmanutfah. Pada tahun 1995 sampai sekarang berkembang di daerah Batu dan sekitarnya. (berita lengkap)

Kemiri Sunan Juga Bisa Sebagai Tanaman Lorong

(adm/09 Okt 2014)

Budidaya lorong adalah sistem pertanaman dengan mengintegrasikan tanaman semusim dengan tanaman tahunan, dengan penataan tanaman tahunan dalam barisan secara teratur sehingga membentuk lorong-lorong yang dimanfaatkan untuk tanaman semusim. (berita lengkap)

Meredam Serangan Kutu Kebul pada Tanaman Kedelai dengan Pengairan Curah

(kbi/08 Okt 2014)

Tanaman kedelai pada musim kering rawan terhadap serangan kutu kebul B tabaci. Tanaman yang terserang kutu kebul daunnya menjadi keriting dan apabila serangan parah disertai dengan infeksi virus daun keriting berwarna hitam dan pertumbuhan tanaman terhambat. (berita lengkap)

Ka Badan : “.... Segera Bersinergi Mengamankan System UPBS....”

(hms/07 Okt 2014)

Serah Terima Jabatan BB Padi Setelah dilantik sebagai Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) dan Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BBP2TP) di Jakarta pada Jum’at (3/10), ke dua pejabat Eselon II/b yaitu Dr. Ali Jamil dan Dr. Abdul Basit langsung melakukan serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kepala Balitbangtan Dr. Haryono di Jakarta (6/10). Dalam sambutan serah terima jabatan yang disaksikan para pejabat Eselon II lingkup Balitbangtan, Kepala Biro Perencanaan, Direktur Serealia serta undangan lainnya tersebut Kepala Balitbangtan berharap agar kedua pejabat yang baru tersebut segera bersinergi mengamankan system Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS). (berita lengkap)

Eksistensi VUB Jagung Nasional di Lahan Rawa Lebak

(tan/07 Okt 2014)

Jagung Lahan Rawa Lebak Rawa lebak adalah wilayah yang mempunyai genangan hampir sepanjang tahun, minimal selama tiga bulan dengan tinggi genangan minimal 50 cm. Ketersediaan air dan kandungan bahan organik yang tinggi memungkinkan pemanfaatan rawa lebak untuk pengembangan pertanian, termasuk perikanan dan peternakan. (berita lengkap)

Hari Kunjung Perpustakaan 2014

(ptk/06 Okt 2014)

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) sebagai salah satu perpustakaan khusus di Indonesia terus mengembangkan diri untuk melaksanakan peran dan fungsinya sebagaimana yang ditetapkan dalam >Undang-undang No. 43 Tahun 2007. (berita lengkap)

Pelantikan Pejabat Eselon II lingkup Kementerian Pertanian

(hms/06 Okt 2014)

Mentan Lantik 4 Eselon II Kementan JAKARTA – Mutasi dan promosi jabatan merupakan suatu hal biasa dan rutin dilakukan dalam penempatan jabatan struktural dalam birokrasi. Jumat (3/10/2014), Menteri Pertanian Dr Suswono melantik empat pejabat baru guna mengisi kekosongan beberapa jabatan Eselon II di lingkup Kementerian Pertanian. (berita lengkap)

Mentan Resmikan Kampus Penelitian dan Lingkungan Hijau Lestari Bogor

(adm/03 Okt 2014)

Peresmian Kawasan Cimanggu Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Suswono meresmikan Kampus Penelitian Pertanian dan Lingkungan Hijau Lestari Bogor pada Kamis (2/10/2014), peresmian Kampus Penelitian Pertanian dan Lingkungan Hijau Lestari Bogor merupakan bagian dari rangkaian acara Rapat Kerja Balitbangtan yang bertema Bridging Rencana Strategis dan Tata Kelola Balitbangtan 2010-2014 Ke 2015-2019. Pemberian nama Kampus Penelitian Pertanian dan Lingkungan Hijau Lestari Bogor sesuai dengan arah Strategi Induk Pembangunan Pertanian 2015-2045 ke depan ingin mewujudkan pertanian bio-industri, yang juga bermakna hijau dan berkelanjutan. (berita lengkap)

Ka Balitbangtan : “Riset Harus Mencakup Lingkup Luas dan Berkerakyatan”

(adm/02 Okt 2014)

Raker-Balitbangtan BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyelenggarakan Rapat Kerja Balitbangtan, Rabu (1/10/2014) di Auditorium II Balitbangtan, Bogor. Tema yang diangkat dalam Raker kali ini yaitu “Bridging Rencana Stratgis dan Tata Kelola Balitbangtan 200-2014 ke 2015-2019”. Kepala Balitbangtan Dr. Haryono menyampaikan bahwa tema yang diangkat sangat tepat, mengingat kondisi peralihan pemerintahan yang akan diikuti dengan kebijakan-kebijakan baru di bidang pertanian umumnya dan penelitian khususnya. Peralihan tersebut kita hadapi dengan semangat membangun yang tinggi dengan cara menghasilkan riset yang mencakup lingkup yang luas dan berkerakyatan. (berita lengkap)

MoU Balitbangtan dengan 13 Mitra

(adm/01 Okt 2014)

MoU Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Balitbangtan dengan 13 mitra pada 1 Oktober 2014 di Auditorium II Balitbangtan, Rabu (1/10/2014). (berita lengkap)

Mentan : “Peranan Benih Sangat Penting dalam Pencapaian Produksi Tinggi”

(adm/01 Okt 2014)

Mentan-Sukamandi SUBANG- Kunjungan kerja Menteri Pertanian RI Dr. Suswono ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Selasa (30/09/2014), untuk melaksanakan "Pencanangan Tanam Serentak Padi Varietas Inpari 30 - 33 mendukung P2BN 2015", sekaligus meresmikan penggunaan gedung BB Padi dan lingkungan hijau lestari, peninjauan Unit Produksi Benih Sumber (UPBS), serta dialog dengan para pemimpin redaksi surat kabar (Chief Editor Meeting/CEM). (berita lengkap)

Pentingnya Litbang Menyongsong ASEAN Beyond 2015

(adm/30 Sep 2014)

Tingginya Pertumbuhan ekonomi kawasan ASEAN yang tinggi dan integrasi ekonomi kawasan serta tekanan pada sumberdaya yang semakin tinggi, merupakan tiga faktor yang akan menyebabkan perubahan dalam pembangunan pertanian dan pangan ke depan di kawasan ASEAN. Selain itu pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan penambahan kelas menengah yang besar menyebabkan masalah ketahanan pangan wilayah ini tidak bisa lagi diandalkan pada komoditi pangan tradisional seperti padi, jagung dan sejenisnya. Permintaan terhadap pangan yang sehat dan makin beragam, serta kecenderungan meningkatnya permintaan terhadap buah dan sayuran, harus sudah diantisipasi sejak sekarang. Hal ini semakin mendesak dengan semakin terbukanya perdagangan dan ekonomi Negara, serta makin beratnya tekanan terhadap sumberdaya yang ada. (berita lengkap)

Budidaya Kelapa Kopyor

(adm/29 Sep 2014)

Kelapa Kopyor Kelapa kopyor adalah tanaman kelapa yang mengalami mutasi genetik secara alamiah. Kelapa berbuah kopyor adalah mutan kelapa yang ditemukan di antara populasi kelapa normal. Kelapa kopyor merupakan komoditas andalan yang bernilai ekonomi tinggi dan di cirikan oleh daging buah yang bertekstur gembur dan sebagian besar tidak melekat di tempurungnya. (berita lengkap)

Bulai, Penyakit Utama pada Tanaman Jagung

(tan/26 Sep 2014)

Bulai pada jagung Bulai merupakan penyakit utama tanaman jagung yang menjadi ancaman bagi pengembangan jagung di Indonesia. Penyakit ini menjadi perhatian serius karena penyebarannya tidak hanya di Indonesia, namun juga ke berbagai negara di Amerika, Afrika, Eropa, Australia dan Asia lainnya seperti India, Thailand dan Filipina. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori