Berita Baru

Alat Inseminasi Buatan (IB) Tipe Semprot pada Unggas, Praktis, Lebih Cepat dan Hemat

(pat/16 Nop 2018)

IB BOGOR - Inseminasi Buatan (IB) sudah biasa digunakan untuk peningkatan produksi unggas. Pada umumnya yang digunakan adalah alat IB tipe suntik, namun dalam aplikasinya membutuhkan waktu maupun tenaga kerja yang cukup besar. Untuk menjawab kebutuhan alat IB yang lebih efektif dan efisien, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menghasilkan invensi berupa Alat IB tipe semprot. Ide original alat ini berasal dari inventor Abdullah Udjianto, yang selanjutnya bersama-sama dengan tim Taman Teknologi Pertanian (TTP) Cigombong dan Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (Balai PATP) menghasilkan alat IB tipe semprot serta didaftarkan paten. (berita lengkap)

Inovasi, Kunci Pembangunan Pertanian Korporasi

(hms/15 Nop 2018)

pelantikan fungsional JAKARTA – Jalur karir ASN dikenal dengan sistem double track dimana seorang ASN dapat berkarir melalui jalur fungsional ataupun struktural. Kamis, (15/11/2018) di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Ir. Syukur Iwantoro, MS, MBA melantik kembali enam orang dalam jabatan fungsional peneliti utama dan madya setelah sebelumnya telah menjalani tugas dalam jabatan struktural. (berita lengkap)

RDA NIHHS : Penelitian Pascapanen Pertanian Indonesia Menuju Lebih Baik

(adm/15 Nop 2018)

NIHH JAKARTA (14/11) - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melaksanakan pertemuan dengan Director National Institute of Horticultural and Herbal Science (NIHHS), Ji Gang Kim, Ph.D dikantor pust Balitbangtan Pasar Minggu (14/11/2018). Mr. Kim sebelumnya telah melakukan kunjungan ke Solok, Sumatera Barat dan melihat hasil penanganan segar mangga gedong gincu. Ini merupakan kunjungannya yang keempat ke Indonesia. (berita lengkap)

Tambi 1 Varietas Unggul Baru Teh Sinensis

(bun/14 Nop 2018)

Tambi1 Tambi 1 merupakan varietas unggul baru teh tipe sinensis yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang berasal dari perbanyakan klonal pohon induk tunggal hasil seleksi dalam populasi asal biji (illegitiem). Selain bahan teh hijau, Tambi 1 dapat digunakan untuk meningkatkan rasa dan aroma teh hitam. (berita lengkap)

Mengenal Mussidia Pectinicornella Hamps, Si Penggerek Buah Petai

(hor/13 Nop 2018)

penggerek petai Tanaman petai (Parkia speciosa Hassk) merupakan tanaman dari famili Leguminosae yang diketahui mempunyai banyak manfaat kesehatan. Bahkan kulit buahnya memiliki banyak manfaat karena memiliki kandungan antioksidan dan polifenol serta bahan aktif yang bermanfaat sebagai anti radang lambung dan anti diabetes. Buah petai digemari masyarakat terutama di Asia Tenggara sebagai salah satu jenis sayuran meskipun buah ini memiliki bau khas yang tajam. (berita lengkap)

Kepala Balitbangtan Lantik Lima Pejabat Baru

(hms/12 Nop 2018)

sertijab JAKARTA – Untuk mengisi beberapa jabatan yang kosong serta sebagai penyegaran organisasi, Senin (12/11/2018) di Kantor Pusat Balitbangtan Jakarta, Kepala Balitbangtan Prof (R). Muhammad Syakir melantik lima pejabat struktural Eselon III dan IV lingkup Balitbangtan. (berita lengkap)

Padi Hibrida HIPA 18 dengan Berbagai Keunggulan Spesifik

(pdi/12 Nop 2018)

hibrida Padi hibrida memiliki tingkat heterosisnya yang tidak sebesar tanaman hibrida lain yang menyerbuk sendiri, seperti jagung. Perlu diketahui, bahwa di negara asalnya, Tiongkok, padi hibrida terus menjadi primadona dan permata di lahan petani. (berita lengkap)

Bisnis Panganan Sehat dengan Roti Gluten Free

(pat/09 Nop 2018)

roti glutrn free “Kegiatan ini sangat bagus karena memberikan informasi kepada kami mengenai pembuatan olahan roti yang bebas dari gluten. Karena manfaatnya sangat bagus dibandingkan dengan roti yang masih mengandung gluten. Harapan saya sosialisasi kepada masyarakat lebih ditingkatkan begitu pula dengan tepung kasava yang bebas gluten mudah diperoleh” ungkap Dwi Retnowati dari PKK Kabupaten Bekasi. (berita lengkap)

Paket Teknologi Budidaya Padi Sawah Lahan Salin

(tan/08 Nop 2018)

Lahan Salinitas Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki garis pantai dan wilayah pesisir (batas antara daratan dan lautan) yang luas. Zona agro-ekologi pantai tersebut rentan terhadap perubahan iklim seperti kenaikan permukaan air laut yang meningkatkan salinitas, sehingga memerlukan teknologi adaptasi dampak perubahan iklim bagi pertanian, terutama budidaya tanaman padi. (berita lengkap)

Kelapa Genjah Solusi Alih Fungsi Lahan Perkebunan

(tp/07 Nop 2018)

Tanaman kelapa merupakan tanaman serbaguna, batang, buah, daun, sampai bunga kelapa bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk pada masyarakat di Bali. Kelapa dimanfaatkan untuk pangan, sandang maupun sebagai sarana menjalankan adat istiadat bagi umat Hindu. (berita lengkap)

Budidaya Cabai di Musim Hujan

(tp/06 Nop 2018)

cabe di musim penghujan Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengembangkan beberapa komoditas strategis antara lain adalah cabai, guna tercapainya kemandirian pemenuhan kebutuhan masyarakat. Akan tetapi kebutuhan cabai tetap sulit terpenuhi sehingga harga cabai pun tidak bisa di prediksi, salah satu faktor penyebab yaitu selama ini petani kebanyakan menanam cabai hanya di penghujung musim penghujan. Hal itu dikarenakan sebagian petani menganggap musim hujan sebagai off season tanaman cabai dan terlalu sulit merawat cabai di musim penghujan (berita lengkap)

Dukung Hutan Kota Jakarta, Balitbangtan Serahkan 1.000 Benih ke TMII

(hms/05 Nop 2018)

Benih Hutan Kota JAKARTA – Balitbangtan ikut ambil bagian dalam penghijauan serta penciptaan hutan kota di wilayah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan menyerahkan 1.000 benih aneka tanaman perkebunan. Benih ini diserahkan langsung kepada Direktur Utama TMII Mayjend TNI ( Pun) Tanribali Lamo S.H oleh Kepala Balitbangtan yang diwakili oleh Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Puslitbang Perkebunan Dr. Jelfina Constansye Alouw. (berita lengkap)

Teknologi Cassapro Meningkatkan Nutrisi Pakan Limbah Pertanian

(nak/02 Nop 2018)

Casapro Teknologi Cassapro merupakan hasil rekayasa untuk meningkatkan kandungan gizi berbagai bahan baku pakan yang bermutu rendah (cassava, onggok) dengan cara fermentasi sistem padat. Inukulum/starter yang digunakan adalah kapang Aspergillus niger alami aktif. Pada fermentasi padat, tahapan gelatinasi (pengukusan) dihilangkan, sehingga waktu proses menjadi singkat dan biaya produksi menjadi hemat. (berita lengkap)

Cengkeh Zanzibar dan Siputih Terpilih di Pelabuhan Ratu

(bun/01 Nop 2018)

Cengkeh Tanaman cengkeh di Jawa Barat merupakan komoditas nomor tiga terluas areal pertanamannya setelah kelapa dan teh. Kabupaten Sukabumi merupakan sentra produksi cengkeh utama di Jawa Barat. Secara umum pohon cengkeh terpilih tipe Zanzibar Buniwangi dan Siputih Sukamaju menunjukkan tingkat keseragaman yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien keragaman (KK) < 20%. Adanya keseragaman fenotipik antar pohon induk terpilih dalam populasi yang sama diharapkan dapat menjadi cerminan keseragaman genotipe. Hal ini penting untuk menjamin keseragaman mutu genetis, fisiologis, serta fisik benih yang akan dihasilkan. (berita lengkap)

Kamtibmas Sambut Baik Program Bekerja: Jika Masyarakat Sejahtera Tingkat Kriminal Turun

(adm/31 Okt 2018)

BEKERJA BPTP Jabar yang diamanati sebagai pelaksana Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) Kab. Garut 2018, kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pendamping dan Rumah Tangga Miskin (RTM) penerima bantuan. Kali ini, Bimtek yang dihadiri sekitar 60 perwakilan RTM penerima bantuan dan 12 petugas pendamping RTM digelar di Desa Dano, Kec. Leles, Kab. Garut. (berita lengkap)

Meningkatkan Panen Padi dengan Menggunakan Peta Pemupukan Fosfat dan Kalium Sawah

(pat/30 Okt 2018)

Peta Pemupukan Peta ini menyajikan informasi status hara P dan K lahan sawah di 18 provinsi, dapat membantu perencanaan kebutuhan dan distribusi pupuk P dan K di setiap provinsi, termasuk rekomendasi pemupukan spesifik lokasi. (berita lengkap)

Padi Hemat Pupuk Nitrogen

(bio/29 Okt 2018)

Penelitian padi yang hemat dalam penggunaan pupuk nitrogen sedang dilakukan oleh Balitbangtan Unsur N (nitrogen) merupakan salah satu unsur utama yang menentukan produksi tanaman. Pemupukan yang kurang ataupun penyerapan pupuk yang rendah dapat menurunkan hasil tanaman. Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian sedang mempersiapkan padi yang lebih efisien dalam menyerap pupuk nitrogen. (berita lengkap)

Permudah Penyemaian TSS dengan Teknologi Granulasi

(psc/26 Okt 2018)

Granulasi TSS Siapa yang tak kenal bawang merah? Hampir bisa dipastikan setiap dapur rumah tangga memiliki bahan bumbu yang satu ini karena bawang merah merupakan komoditas hortikultura yang paling sering digunakan untuk bahan masakan sehingga ketersediaannya harus tetap ada. (berita lengkap)

Serif Saga Agrihorti, Semangka Berdaging Merah dan Manis

(hor/25 Okt 2018)

Semangka serif saga agrihorti Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri, karena rasanya yang manis dan segar. Kandungan elektrolit dan air yang tinggi dalam semangka sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kandungan lemak dan kalorinya pun sangat rendah, hanya 30 kalori per 100 g. Semangka kaya akan anti oksidan flavonoid seperti likopen, beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cyptoxanthin. (berita lengkap)

Mesin Tanam dan Pemasang Dripline Terintegrasi Permudah Pengairan dan Pertanaman Tebu

(mkt/24 Okt 2018)

Mesin Tanam dan pemasang Dripline Terintegrasi Pengairan menjadi komponen penting dalam pertanaman komoditas pertanian. Namun pengairan/irigasi yang tidak tepat justru membuat pertanaman menjadi tidak efisien dan efektif. Model pengairan pada pertanaman tebu yang umum digunakan adalah irigasi permukaan salah satunya dengan memompa air embung kemudian dialirkan melalui pipanisasi dan lahan kemudian digenangi. Model pengairan lainnya dengan menggunakan big gun sprinkle, cara tersebut tidak efisien karena air akan banyak yang terbuang.

Serupa dengan komoditi pangan lainnya, pertanaman tebu juga mengalami permasalahan yang serupa dalam tenaga kerja dan sumber air. Oleh karena itu perlu adanya irigasi yang efisien, efektif dan terkendali, salah satu model irigasi yang bisa digunakan adalah irigasi tetes (drip irrigation). Dengan penggunaan irigasi tetes ini, pengairan dilakukan di sekitar perakaran, disesuaikan kebutuhan per tanaman. (berita lengkap)

Kepala Balitbangtan melantik Pejabat Administrator Eselon III Puslitbang Hortikultura

(adm/22 Okt 2018)

Pelantikan Kepala Badan Litbang Pertanian, Prof. Dr. Ir. Andi M. Syakir MS melantik Pejabat Administrator Eselon III lingkup Puslitbang Hortikultura di Auditorium Puslitbang Hortukultura, Senin (22/10/2018) pagi. (berita lengkap)

Kementerian Pertanian Ungkap Upaya Jaga Ketahanan Pangan dan Nutrisi

(adm/20 Okt 2018)

WFS Indonesia yang diwakili oleh Badan Ketahanan Pangan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian serta KBRI Roma ikut berpartisipasi pada sidang ke 45 Comittee on World Food Security (CFS) ke 45 di Roma, Italia pada tanggal 15-19 Oktober 2018. Sidang ini dihadiri oleh delegasi dari 128 negara anggota FAO yang saling berbagi pengalaman dan memberikan dukungan atas upaya Pemenuhan Ketahanan Pangan dan Gizi (Food Security and Nutritions) dunia. CFS merupakan forum internasional yang bekerja untuk pencapaian ketahanan pangan dan nutrisi dengan pendekatan inklusif multi-stakeholder dan telah mendapat persetujuan dari para pemangku kepentingan dalam membangun konsesus kebijakan. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori