Berita Baru

Tingkatkan Kinerja Prototipe Mesin Rota Tanam dengan Uji Lapang

(mkt/17 Nop 2017)

Mesin Rota Tanam Pengolahan tanah tidak hanya merupakan kegiatan lapang untuk memproduksi hasil tanaman, tetapi juga berkaitan dengan kegiatan lainnya seperti penyebaran benih (penanaman bibit). Keterkaitan ini sangat erat sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam pengolahan tanah tidak terlepas dari keberhasilan dalam kegiatan lainnya.

Pengolahan tanah mempengaruhi penyebaran dan penanaman benih. Pengolahan tanah dapat juga dilakukan bersamaan dengan penanaman benih dianggap pula sebagai suatu metode rotavator dan tanam (Rota-Tanam). (berita lengkap)

Kajian Tematik Pisang, Tebu, Kentang dan Tomat

(bio/16 Nop 2017)

Penentuan prioritas kegiatan penelitian yang tepat akan memiliki dampak yang positif dalam pemanfaatan suatu bidang keilmuan. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor pada sepertiga akhir tahun 2017 mengadakan serangkaian seminar kajian komoditas seperti padi, kedelai, cabe, tebu dan sebagainya. (berita lengkap)

Apa dan Bagaimana Pola Tanam itu?

(hms/16 Nop 2017)

pola tanam Sering kita dengar istilah pola tanam, namun apa sebenarnya pola tanam itu? Secara pengertian, pola tanam adalah usaha penanaman pada sebidang lahan dengan mengatur susunan tata letak dan urutan tanaman selama periode waktu tertentu termasuk masa pengolahan tanah dan masa tidak ditanami selama periode tertentu. (berita lengkap)

Tebon Jagung yang Bermanfaat untuk Ternak

(nak/16 Nop 2017)

silase-tebon-jagung Cara pembuatan silase, tebon jagung muda 79 kg dicampur dengan daun indigofera 18,3 kg, dedak padi 2,5 kg dan mineral 0,23 kg dan diaduk secara merata.Kemudian dimasukkan ke dalam wadah (tong atau kantong plastik), ditutup rapat, dan kedap udara. Disimpan selama 15-21 hari sebelum digunakan. (berita lengkap)

Penanganan Cemaran Getah Kuning pada Buah Manggis

(hor/15 Nop 2017)

Cemaran Getah Kuning pada Buah Manggis Manggis adalah salah satu komoditas buah yang paling besar menyumbangkan devisa negara di antara jenis buah lainnya meskipun volume ekspornya relatif sedikit. Masalah aktual untuk pemasaran manggis adalah rendahnya kualitas buah yang disebabkan oleh adanya cemaran getah kuning. (berita lengkap)

JH36, Jagung Hibrida Unggul Baru

(tan/14 Nop 2017)

Jagung hibrida JH 36 merupakan varietas unggul baru (VUB) jagung hibrida (JH) yang telah dilepas pada 18 Oktober 2016. Varietas ini dirakit oleh Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal). VUB JH 36 ini merupakan jenis hibrida silang tunggal (single cross) yang diperoleh dari hasil persilangan galur murni Nei9008P sebagai tetua betina dengan galur murni GC14 sebagai tetua jantan (Nei9008 x GC14). (berita lengkap)

Varietas Unggul Pala Fakfak dari Papua

(bun/13 Nop 2017)

VarUnggulPalaFakfak Pala Fakfak (Myristica argantea Warb) atau biasa juga disebut Pala Negeri, merupakan tanaman asli Indonesia, yang berasal dari Papua. Di kabupaten Papua Barat, Pala Fakfak banyak tumbuh di hutan, dan juga sudah dibudidayakan para petani dengan menggunakan benih turunan pohon pala dari hutan tersebut. (berita lengkap)

Smart Green House Berbasis Android

(mkt/10 Nop 2017)

Smart Green House Berbasis Android Balitbangtan telah berhasil mengembangkan rumah pertanaman pintar (Smart Green House) ver.1 yang terintegrasi dengan sistem operasi android, hal ini memungkinkan untuk melakukan kontrol dan pengawasan rumah pertanaman secara remote dimanapun kita berada. (berita lengkap)

Ketahui Serangan Hama Dengan Perangkap Cahaya

(pdi/10 Nop 2017)

perangkat hama cahaya Lampu perangkap atau orang menyebutnya light trap merupakan suatu unit alat untuk menangkap atau menarik serangga. Lampu perangkap yang sesuai dan standar sudah banyak dijumpai di hamparan sawah di tiap daerah. Satu lampu perangkap sebagai pendeteksi cukup mengontrol areal 200-500 hektar, tetapi bila digunakan untuk pengendalian diperlukan lampu perangkap lebih banyak. (berita lengkap)

Balitbangtan Harus Menghasilkan Output Yang Dapat Dimanfaatkan

(adm/09 Nop 2017)

IKU JAKARTA – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sebagai lembaga riset di bawah Kementerian Pertanian, memiliki peran strategis dalam konstelasi pembangunan pertanian nasional. Tekad dan spirit segenap unsur Balitbangtan untuk memberikan karya terbaik dan berkontribusi mendukung pencapaian sasaran-sasaran strategis Kementan. (berita lengkap)

Dulu Puso Akibat Hama Wereng Batang Coklat, Kini Tinggal Menunggu Panen

(pdi/07 Nop 2017)

panen raya cempreng Pada musim tanam sebelumnya sebagian petani gagal panen akibat serangan wereng batang coklat (WBC) dan serangan virus kerdil rumput, kini petani Desa Mekarjaya Kec. Compreng , Kabupaten Subang tinggal menunggu hari untuk melaksanakan panen raya. (berita lengkap)

Percepatan Hilirisasi Teknologi Melalui Kerjasama Lisensi

(hms/06 Nop 2017)

MoU antara Balitbangtan dengan PT. PPI (Persero) JAKARTA – Jejaring adalah hal penting yang terus dibangun dan diperluas oleh Balitbangtan. Kali ini, Balitbangtan memulai kerjasama baru melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) tentang kerjasama pengembangan inovasi Balitbangtan melalui lisensi pada Senin (6/11/2017) di Kantor Pusat Balitbangtan, Jakarta. (berita lengkap)

Varietas Unggul Baru Inpari 38, 39, 41 untuk Lahan Sawah Tadah Hujan

(tan/06 Nop 2017)

Varietas Tadah Hujan Lahan sawah tadah hujan yang berpematang berpeluang mendapatkan cekaman genangan air pada saat curah hujan tinggi dan kekeringan apabila curah hujan rendah. Terjadinya perubahan dari kondisi lahan kering ke lahan tergenang atau sebaliknya, dapat menyebabkan masalah serius dalam hal ketersediaan hara tanaman, gulma, serta serangan penyakit terutama penyakit blas. (berita lengkap)

Mango Banana, Unggulan Baru dari Cukurgondang

(hms/03 Nop 2017)

gelar perbenihan dan SDG mangga PASURUAN – Kekayaan sumberdaya genetik mangga di Indonesia yang tinggi perlu terus diperkenalkan kepada khalayak luas untuk membuka pasar yang lebih lebar hingga mampu unjuk gigi di pasar mangga dunia. Meski saat ini telah menduduki peringkat tujuh Asia sebagai negara pengekspor mangga, namun kontribusi Indonesia di pasar dunia masih terbilang kecil. (berita lengkap)

Alat Tanam Benih Cabai dan Bawang

(mkt/03 Nop 2017)

Alat-Tanam-Benih-Cabai-Bawang.jpg Salah satu teknologi yang dikenalkan oleh Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) kali ini adalah alat untuk menanam benih cabai dan bawang dengan sistem disemai terlebih dahulu yang disebut “Alat Tanam Benih Manual”, yang ditarik dengan tangan manusia. Teknologi ini merupakan alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk daerah-daerah yang kekurangan tenaga kerja dan dengan luasan lahan yang sempit. Diharapkan dengan diperkenalkannya alat tanam manual ini dapat memberikan opsi baru dalam pertanaman. (berita lengkap)

Peneliti Ujung Tombak Penghasil Inovasi Teknologi Pertanian

(adm/02 Nop 2017)

jabatan fungsional JAKARTA – Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, MSc., melantik empat pejabat fungsional Ahli Peneliti Utama sebagai amanat dari Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2017 pasal 87 dan Perka BKN nomor 7 tahun 2017 di Ruang Rapat lantai 4 Balitbangtan Kantor Pusat Jakarta pada Kamis (2/11). (berita lengkap)

Teknologi Largo Hadir di Kebumen

(pdi/02 Nop 2017)

Largo Petani Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen selama ini menyadari bahwa lahan di daerahnya adalah daerah lahan kering dataran rendah dan tidak tersedia irigasi teknis yang bisa menjangkau hingga ke beberapa desa. Meskipun berada dikondisi lahan kering, namun tetap produktif dalam menghasilkan hasil-hasil pertanian seperti padi dan hortikultura. (berita lengkap)

Krisan Potong Tahan Penyakit Karat

(hor/01 Nop 2017)

Varietas krisan yang tahan penyakit karat Pengendalian penyakit karat yang kurang intensif dapat menyebabkan tanaman krisan masih tetap terserang penyakit karat pada level yang lebih rendah, namun hal ini tetap dapat menurunkan harga jual yang signifikan. Oleh sebab itu penggunaan varietas krisan yang tahan terhadap penyakit karat merupkan pilihan yang bijaksana. Sejauh ini varietas krisan yang telah terbukti tahan penyakit karat adalah varietas Wastu Kania serta varietas Kusumapatria dan Kusumaswasti. (berita lengkap)

Balitbangtan Siapkan Inovasi Teknologi untuk Kembangkan Kopi Kerinci

(bun/31 Okt 2017)

KopiKerinci Wilayah dataran tinggi, khususnya di Kabupaten Kerinci dengan ketinggian 1500 dpl, Jambi sangat potensial untuk pengembangan kopi Arabika berkualitas tinggi yang membuat kopi Kerinci tumbuh subur dan menghasilkan kopi dengan citarasa yang unik dan nikmat. Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan kopi Arabika Kerinci meraih juara satu dalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke-9. Prestasi tersebut tidak lepas dari peran generasi muda penggiat kopi di Kabupaten Kerinci yang memiliki semangat tinggi untuk mengolah dan menyajikan kopi terbaik. Biji kopi yang dipetik dari dataran tinggi Pegunungan Kerinci menghasilkan karakter citarasa yang kompleks sehingga mendapatkan skor tertinggi. Varietas tanaman kopi yang banyak dikembangkan di Kerinci meliputi Sigarar Utang, S795, Andungsari 1, P 88, dan Kartika 1 (berita lengkap)

Indonesia Bicara Komitmen Asia untuk SDG Pangan dan Pertanian

(adm/30 Okt 2017)

GB7 - RWANDA RWANDA - Pertemuan kali ketujuh antara negara-negara yang tergabung dalam Badan Pengatur (GB 7) Perjanjian Internasional tentang Sumber Daya Genetik Tanaman untuk Pangan dan Pertanian (SDGTPP/ITPGRFA) diadakan mulai tanggal 30 Oktober sampai 3 November 2017 dan mengambil lokasi penyelenggaraan di ibu kota Rwanda, Kota Kigali, tepatnya di gedung Kigali Convention Centre. (berita lengkap)

Teknologi Kultur Jaringan untuk Perbanyakan Bahan Tanaman Kopi Arabika

(bun/30 Okt 2017)

KuljarKopiArabika Pemanfaatan teknologi kultur jaringan pada tanaman kopi Arabika telah banyak dilakukan. Penelitian yang dilakukan di laboratorium kultur jaringan Unit Pengembangan Benih Unggul Pertanian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan sejak tahun 2012 menunjukkan, eksplan yang baik untuk memperbanyak kopi Arabika varietas Sigarar Utang, S 795 dan AS2K adalah daun muda yang sudah membuka sempurna. (berita lengkap)

"LARGO SUPER' Teknologi Sistem Tanam Padi Gogo

(pdi/28 Okt 2017)

Largo Super Setelah sukses menerapan Jajar Legowo Super (Jarwo Super) di padi sawah, kali ini Badan Penelitian dan Pengambangan Pertanian (Balitbangtan) sedang menguji pengembangkan sistem tanam untuk lahan kering yaitu sistem tanam LARGO (Larikan Gogo) di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), tepatnya di Desa Sidoharjo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Prov. Jawa Tengah. (berita lengkap)

Mesin Perbenihan Sistem Pneumekatronik untuk Hortikultura

(mkt/27 Okt 2017)

Pneumekatronik Seedling Machine Salah satu solusi untuk menyiapkan persemaian bibit cabe dan bawang merah secara cepat dengan penggunaan tenaga kerja minimum adalah penggunaan teknologi alsintan perbenihan otomatis sistem ‘Pneumekatronik” yang telah dirancang dan dihasilkan Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), serpong pada tahun 2017. Mesin ini juga dapat digunakan untuk persemaian berbagai macam benih hortikultura lainnya yang berasal dari biji. Mesin persemaian TSS ini mampu menyiapkan benih sesuai dalam tray secara otomatis sebanyak 720 tray per jam, atau 75.600 benih umbi mini per jam atau setara dengan 604.800 benih umbi mini per hari bila bekerja selama 8 jam per hari. Sehingga unit alsintan untuk prosesing TSS tersebut mampu menyiapkan benih mini untuk sekitar 5 – 6 ha per hari, dengan jumlah operator 1-3 orang per mesin. (berita lengkap)

Pengendalian Tungro, Gunakan Varietas Tahan

(pdi/26 Okt 2017)

Tungro merupakan salah satu penyakit utama tanaman padi terpenting di negara-negara Asia tropik, termasuk Indonesia dan merupakan salah satu kendala untuk mencapai stabilitas hasil padi.

Tingkat keparahan dan kehilangan hasil akibat penyakit tungro tersebut bervariasi tergantung pada beberapa faktor, diantaranya adalah fase tanaman saat terjadinya infeksi, titik infeksi pada tanaman, musim tanam, serta jenis varietas. (berita lengkap)

Pangan Lokal untuk Diversifikasi Pangan Berkelanjutan

(psc/25 Okt 2017)

Beras merupakan pangan pokok masyarakat yang selalu menjadi target pembangunan pertanian seperti halnya upaya khusus Padi, Jagung, dan kedelai (UPSUS Pajale) yang merupakan program pemerintah dalam upaya mendongkrak produksi Padi (beras). Program ini memang menunjukan hasil yang positif, perhatian pangan seharusnya tidak hanya terpokus pada penyediaan beras saja. Ke depan, produksi beras akan mengalami beberapa tantangan, seperti adanya alih lahan pertanian dan perubahan iklim secara global. Ada baiknya perhatian mulai dikhususkan kepada membudayakan kembali masyarakat untuk mengkonsumsi pangan lokal yang tersedia. (berita lengkap)

Kultur In Vitro Tanaman Nanas Sebagai Sumber Keragaman Genetik

(hor/25 Okt 2017)

Indonesia adalah salah satu negara biodiversitas, yang berarti bahwa negara kita memiliki sumber keanekaragaman hayati, termasuk keanekaragaman tanaman nanas yang sangat luas. Setidaknya terdapat 79 aksesi nanas yang tersebar di Indonesia dan dikenal dengan nama lokal yang berbeda-beda, serta lebih dari 200 aksesi hasil hibridisasi. Keragaman hayati nanas merupakan aset negara yang berharga karena potensi pemanfaatannya yang begitu besar, salah satunya adalah dalam perakitan varietas unggul baru. (berita lengkap)

Kedelai Introduksi hasil pertukaran plasma nutfah dengan Korea: Toleran Cekaman Kekeringan

(tan/24 Okt 2017)

tanaman kedelai cekaman kekeringan Galur introduksi hasil pertukaran plasma nutfah dengan Korea yang memiliki adaptabilitas tinggi dengan penampilan agronomi baik dan hasil lebih tinggi berpeluang untuk dilepas menjadi varietas unggul baru. Selain itu galur introduksi yang memiliki keunggulan pada karakter tertentu, baik agronomik maupun ketahanan/toleransi terhadap cekaman, dapat pula digunakan sebagai sumber gen atau tetua dalam perbaikan varietas. (berita lengkap)

HPS XXXVII : Mentan Panen Padi Inpari di Wilayah Perbatasan dan Ekspor Beras ke Negeri Tetangga

(pdi/21 Okt 2017)

HPS Rangkaian kegiatan Hari Pangan Sedunia pada hari kedua adalah kunjungan Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Menteri Pertanian menyaksikan panen padi dan melaunching ekspor beras ke Malaysia, Jumat (20/10). (berita lengkap)

HPS XXXVII : Momentum Lompatan Pembangunan Pertanian

(hms/20 Okt 2017)

HPS ke-37 2017 PONTIANAK – Menteri Pertanian Amran Sulaiman membuka rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 di Makodam XII Tanjungpura, Kamis (19/10/2017). Dalam peringatan yang bertema “Menggerakkan Generasi Muda Membangun Pertanian Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia” ini Mentan menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045. (berita lengkap)

Alat Pembuat Alur Tipe Rotari Ganda

(mkt/20 Okt 2017)

Alat Pembuat Alur Tipe Rotari Ganda Pembuat alur tipe rotari ganda adalah implemen yang berfungsi untuk membuat alur pada tanah yang sudah diolah, dimana diantara alur tersebut akan terbentuk guludan yang bisa digunakan sebagai tempat tanam bawang merah atau tanaman sayuran yang lain. Implemen ini digandengkan dengan traktor roda empat sehingga mempunyai kapasitas tinggi (0,24 ha/jam/4,17 jam/ha). Pembuat alur ini menggunakan daya putar PTO sebagai tenaga gerakan putarnya. Pengaturan kedalaman pembuat alur ini juga mudah dilakukan karena menggunakan tenaga hidrolis pada penggandeng atasnya (top link). Mesin ini dapat berfungsi dengan baik apabila tanah telah terolah dengan sempurna. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori