Berita Baru

MoU untuk Pengembangan Inovasi Pertanian di Kota Pagar Alam

(hms/27 Peb 2015)

PAGAR ALAM – Inovasi Teknologi mempunyai peran penting dalam memecahkan masalah dan tantangan dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pertanian. Hal tersebut disadari oleh Walikota Pagar Alam, Sumatera Selatan dr. Ida Fitriati B, M.Kes yang menggandeng Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) untuk ikut membantu mengembangkan potensi pertanian di Kota Pagar Alam. Kerjasama ini diwujudkan dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman tentang pengembangan inovasi pertanian di Kota Pagar Alam. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balitbangtan Dr. Haryono dengan Walikota Pagar Alam pada Kamis (26/2/2015). (berita lengkap)

Petani Ngawi Sukses Tingkatkan Produksi Padi

(hms/26 Peb 2015)

NGAWI – Setelah sebelumnya sempat berkunjung bersama Presiden RI Joko Widodo pada Januari lalu, Rabu (25/2/2015) Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kembali melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kunjungan kerja Mentan kali ini dalam rangka panen raya perdana di tahun 2015 dimana kabupaten ini berhasil meningkatkan provitas hasil panennya. (berita lengkap)

Provitas Ciherang di Sragen Capai 11 Ton/Ha

(hms/26 Peb 2015)

SRAGEN – Kelompok Tani Maju II yang berada di Desa Tangkil, Sragen, Jawa Tengah telah mampu menghasilkan 11,44 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektar. Hal ini dibuktikan saat Menteri Pertanian Amran Sulaiman beserta jajarannya mengunjungi kelompok tani tersebut sekaligus melakukan panen raya pada Rabu (25/2/2015). (berita lengkap)

Inovasi Teknologi Padi dan Jagung dalam Geltek Pengolahan Hasil Pertanian

(hms/25 Peb 2015)

JAKARTA- Untuk ketiga kalinya, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian menyelenggarakan Gelar Penerapan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian pada 24 – 26 Februari 2015 di Auditorium Gedung F, Kementerian Pertanian, Jakarta. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan teknologi maupun sarana pengolahan dan produk hasil olahan ini dibuka pada Selasa (24/2/2015) oleh Menteri Pertanian yang diwakili oleh Inspektur Jenderal Ir. R. Aziz Hidayat, MM. (berita lengkap)

Primerose, Kuning – Ungu Percantik Taman

(adm/25 Peb 2015)

Tanaman anggrek memiliki bunga beraneka warna dan bentuk. Bunga anggrek tidak hanya sekedar indah dan cantik, namun juga memiliki jenis yang beragam. Kombinasi dari berbagai warna dan bentuk anggrek akan menambah variasi anggrek yang ada di dunia ini. (berita lengkap)

Kabupaten Asahan Siap Jadi Lumbung Padi Sumut

(hms/24 Peb 2015)

ASAHAN – Sinergi antara Kementerian Pertanian dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam upaya mencapai swasembada pangan terus berlanjut dengan adanya berbagai kegiatan untuk mendukung upaya tersebut. Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Edy Rahmayadi dalam kegiatan peletakan batu pertama karya bakti TNI dan apel kesiapan swasembada pangan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Selasa (24/2/2015) menyatakan bahwa jajaran TNI siap untuk mewujudkan program swasembada yang telah dicanangkan oleh pemerintah. (berita lengkap)

Mesin Pengering Gabah (Benih) Tipe Sirkulasi

(mkt/24 Peb 2015)

Mesin Pengering Gabah (Benih) Tipe Sirkulasi Di Indonesia pengeringan gabah sebagian besar masih dilakukan dengan metode penjemuran langsung di bawah sinar matahari. Pengeringan dengan metode ini memiliki kekurangan seperti resiko tercemar kotoran, kehilangan akibat dimakan binatang, kehujanan dan menurunnya aspek kualitas gabah akibat pengeringan yang tertunda.

Salah satu teknologi untuk mengatasi hal tersebut antara lain adalah mesin pengering tipe sirkulasi (circulation drayer). Mesin ini berfungsi untuk mengeringkan biji-bijian (padi, jagung dan kedelai) dengan cara mensirkulasikan atau mengalirkan bahan yang dikeringkan melalui zone pengeringan secara kontinyu sampai diperoleh kadar air yang diinginkan. (berita lengkap)

Varietas Akel Toumuung sebagai Alternatif Penghasil Gula dan Bio-Etanol

(bun/23 Peb 2015)

Aren Aren merupakan salah satu komoditas yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan gula maupun bio-etanol. Tanaman ini memiliki tipe penyerbukan terbuka, sehingga diduga memiliki keragaman genetik yang tinggi. Meskipun data rinci mengenai potensi dan sebaran aren masih sulit diperoleh, namun penyebaran tanaman aren sangat luas di Indonesia. (berita lengkap)

Produk Fermentasi KBK sebagai Bahan Pengganti Pakan Konsentrat untuk Ruminansia

(adm/20 Peb 2015)

Indonesia merupakan Negara penghasil kakao ketiga terbesar di dunia setelah Pantai Gading (Ivory Coast) dan Ghana. Kulit buah kakao (KBK) adalah produk samping dari usaha perkebunan kakao. Penggunaan KBK segar sebagai pakan ternak sudah dilakukan di beberapa daerah sentra perkebunan kakao. (berita lengkap)

Koleksi SDG Tanaman Pangan di Bank Gen BB Biogen

(bio/20 Peb 2015)

SDG tanaman pangan Plasma nutfah (sumber daya genetik) merupakan bahan genetik yang memiliki nilai guna, baik secara nyata maupun yang masih berupa potensi. Wilayah Indonesia yang membentang luas dengan kondisi geografi dan ekologi yang bervariasi telah menciptakan keanekaragaman sumber daya genetik (SDG) yang sangat tinggi. (berita lengkap)

Peran Balitbangtan Dalam Perkembangan Krisan di DIY

(hor/18 Peb 2015)

krisan Sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang sarat akan upacara tradisional, terdapat permintaan krisan yang tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Untuk memenuhinya, pemerintah kabupaten Kulonprogo telah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) serta BPTP Yogyakarta, dan Dinas Pertanian Kabupaten Kulonprogo dalam membangun sentra produksi bunga potong yang terdapat di kawasan Bukit Menoreh. (berita lengkap)

Mengenal Hama Ulat Penggulung Daun Kedelai

(tan/18 Peb 2015)

Ulat Grayak Selain hama penggerek polong, ulat grayak dan kutu kebul, ulat penggulung daun kedelai Lamprosema indicata Fabricius (Lepidoptera; Pyralidae) juga dapat menimbulkan kerusakan yang sangat parah pada tanaman kedelai. Kehilangan hasil akibat serangan hama ini dapat mencapai 80% bahkan bisa terjadi kegagalan panen (puso) apabila tidak ada tindakan pengendalian. Hama ini telah menyebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia, bahkan menjadi hama utama di beberapa daerah sentra produksi kedelai. (berita lengkap)

Empat Dasa Warsa Kolaborasi Balitbangtan-IRRI Terus Berlanjut

(adm/17 Peb 2015)

Memasuki empat dasawarsa kolaborasi antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dengan IRRI (International Rice Research Institute), sejumlah besar capaian telah dihasilkan bersama dalam bidang penelitian dan perakitan teknologi budidaya padi. (berita lengkap)

Layanan Konsultasi Padi dirilis Balitbangtan dan IRRI

(hms/17 Peb 2015)

Layanan Konsultasi Padi JAKARTA – Para penyuluh dan teknisi pertanian lapangan di seluruh pelosok tanah air tidak ada alasan lagi untuk tidak mengetahui dan memahami informasi hasil penelitian terkini dalam hal Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) guna meningkatkan produktivitas khususnya padi. (berita lengkap)

Jarwo Transplanter dukung Gerakan Tanam dan Irigasi di Provinsi Lampung

(adm/16 Peb 2015)

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mencoba beberapa alat penanam padi satu diantaranya Jarwo Transplanter, di Desa Gunung Meraksa Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kamis (12/2/2015). (berita lengkap)

Jokowi : Kita langsung kerja dan lihat tiga hingga empat tahun ke depan

(hms/16 Peb 2015)

Pameran Food Security Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut berpartisipasi dalam kegiatan Seminar dan Pameran Jakarta Food Security Summit ke – 3 yang diselenggarakan KADIN Indonesia, 12-14 Februari 2015, di Jakarta. Acara yang dibuka Presiden RI tersebut berupaya mengetengahkan upaya strategis untuk meningkatkan ketahanan pangan serta mencari solusi permasalahan di bidang pertanian, peternakan dan perikanan. (berita lengkap)

Kelangkaan Bawang Merah, Solusinya Ada di Biji Bawang

(hor/13 Peb 2015)

TSS_Bawang Salah satu alternatif teknologi yang potensial untuk dikembangkan dalam upaya mengatasi perbenihan bawang merah di Indonesia adalah dengan penggunaan biji botani (TSS= True Shallot Seed) (berita lengkap)

The 11th Governing Council of UN CAPSA

(hms/12 Peb 2015)

BOGOR – The Centre for the Alleviation of Poverty through Sustainable Agriculture (CAPSA), sebuah institusi yang bernaung di bawah PBB menyelenggarakan Governing Council yang ke-11 pada 12-13 Februari 2015 di Bogor. Kementerian Pertanian menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan pertemuan ini. (berita lengkap)

Dokumentasi Sebaran SDGT Berbasis SIG

(bio/12 Peb 2015)

Peta spasial penyebaran SDGT Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) telah mengonservasi SDGT pangan dan telah melakukan kegiatan koleksi SDG tanaman pangan dari seluruh Indonesia. (berita lengkap)

Peran Transfer Teknologi Pertanian Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

(hms/11 Peb 2015)

BOGOR - Dalam Konferensi Rio+20 pada bulan Juni 2012, komitmen untuk membebaskan penduduk dunia dari kelaparan dan kemiskinan melalui pertanian berkelanjutan sebagai syarat penting untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan kembali diperbaharui. Instrumen penting dalam mencapai tujuan ini salah satunya adalah transfer teknologi yang efektif di sektor pertanian. Topik ini diangkat dalam dialog kebijakan yang diselenggarakan oleh UN CAPSA, sebuah lembaga regional di bawah PBB, Selasa (10/2/2015). (berita lengkap)

Papaya Matang dalam Ransum Pre-Starter untuk Ayam Lokal

(adm/10 Peb 2015)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak yang berkolaborasi dengan Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan, IPB meneliti papaya matang untuk ransum pre-starter pada ayam lokal KUB. (berita lengkap)

Peluang Pengembangan Sorgum

(tan/10 Peb 2015)

Peluang Gandum Sorgum merupakan tanaman serealia potensial yang perlu dikembangkan untuk menunjang program ketahanan pangan dan agribisnis mengingat daya adaptasinya yang luas serta kebutuhan air yang rendah. (berita lengkap)

Transfer Teknologi Perbenihan Lada Bermutu

(bun/09 Peb 2015)

TransTekn-Lada Lada merupakan salah satu jenis rempah yang paling penting di antara rempah-rempah lainnya baik ditinjau dari segi perannya dalam menyumbangkan devisa negara maupun dari segi kegunaannya yang sangat khas dan tidak dapat digantikan dengan rempah lainnya, dan diberi julukan King of Spices. (berita lengkap)

Rancang Bangun LLIP Mendukung Pengembangan Kedelai di Deli Serdang

(tan/09 Peb 2015)

PAT Kedelai Upaya peningkatan produksi kedelai dapat dilakukan melalui peningkatan areal tanam (PAT) dan peningkatan produksi. Pendekatan upaya peningkatan produksi kedelai pada tahun 2015 dilakukan melalui Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT). (berita lengkap)

PUPO, untuk Ketahui Kualitas Pupuk Organik

(adm/06 Peb 2015)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanah (Balittanah) membuat perangkat uji yang mampu mengetahui kualitas pupuk organik secara cepat secara semi kuantititaif. (berita lengkap)

Permintaan Itik Hibrida Terus Meningkat Balitbangtan Kunjungi Peternak Itik di Mojokerto

(nak/06 Peb 2015)

kunjungan kabadan Tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengunjungi peternak itik di Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto yang telah mengembangkan pembibitan itik potong dengan menggunakan itik hibrida. (berita lengkap)

Kerjasama Tingkatkan Produktivitas Lahan Kering di Aceh

(adm/05 Peb 2015)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan kerjasama dengan New South Wales Department Primary Industry (NSW-DPI) yang didanai oleh Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) Australia untuk kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan dalam proyek ‘Improving Soil and Water and Crop Productivity of Dryland Agriculture Systems of Aceh and NSW’ yang akan berfokus pada areal yang terkena dampak tsunami. (berita lengkap)

Pepaya Merah Delima Berpotensi Bisnis

(hor/05 Peb 2015)

Pepaya Medel Benih Pepaya Merah Delima, distribusinya sudah menyebar di seluruh wilayah Indonesia antara lain di Sumatera Barat. Kemudian, sudah ditanam di beberapa lokasi di Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Riau dan Bali. (berita lengkap)

Akses dan Penelusuran ke Sumber-Sumber Informasi Elektronis

(ptk/04 Peb 2015)

Kemudahan dalam mengakses informasi telah menjadikan pemanfaatan sumberdaya informasi elektronik semakin meluas. Perpustakaan merespon fenomena ini dengan mengelola informasi digital dan menyediakan informasi digital. (berita lengkap)

Monitoring OPT Padi, Mendukung Upaya Adopsi Teknologi Balitbangtan

(tan/04 Peb 2015)

Pengamatan tungro Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Penelitian Penyakit Tungro (Lolittungro) melakukan kegiatan monitoring organisme pengganggu tanaman (OPT) padi dan kejadian penyakit. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kurma, Kecamatan Mapili, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat pertengahan Januari 2015 dan dilakukan secara berjangka dalam waktu tertentu sepanjang 2015. (berita lengkap)

Invensi Alsintan Balitbangtan Siap Sukseskan Swasembada Pangan Nasional

(hms/03 Peb 2015)

JAKARTA – Agar suatu invensi dapat diproduksi secara masal dan diadopsi oleh banyak pengguna, maka perlu menggandeng dunia usaha yang akan mengembangkan invensi tersebut. Selasa, (3/2/2015), bertempat di Kantor Pusat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), diadakan penandatanganan perjanjian lisensi dengan PT. Bukaka Teknik Utama yang mencakup produksi massal dari ‘Rice Transplanter Jajar Legowo’ dan ‘Mini Combine Harvester’ yang merupakan alat dan mesin pertanian dengan keunggulan sesuai dengan kondisi lahan pertanian di Indonesia. (berita lengkap)

Rintisan Kerjasama TTG dengan Kementerian Koperasi dan UMKM

(psc/03 Peb 2015)

Teknologi Tepat Guna (TTG) atau intermediate technology adalah salah satu nomenklatur jenis teknologi yang diprakarsai pada sekitar tahun 80-an oleh Dr. Ernst Friedrich "Fritz" Schumacher dalam bukunya yang berpengaruh, Small is Beautiful. (berita lengkap)

Potensi Kopi Kalong Tak Kalah dengan Kopi Luwak

(adm/02 Peb 2015)

Salah satu produk kopi asal Indonesia yang saat ini sedang populer adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan produk kopi yang dihasilkan dari faeces binatang luwak (Paradoxurus hermaphrodirus), setelah binatang tersebut mengonsumsi buah kopi matang. (berita lengkap)

Terong Cepoka Herba yang Berkhasiat sebagai Obat

(bun/02 Peb 2015)

TerongCepoka Terong cepoka (Solanum torvum) dapat mengatasi berbagai penyakit. Bahan tanaman yang digunakan sebagai obat adalah akar, daun dan buah. Tanaman relatif mudah untuk dibudidayakan dan tidak memerlukan perawatan yang rumit untuk dapat memperoleh bahan obat yang dapat digunakan setiap waktu. (berita lengkap)


Lihat Arsip Berita >>

Kategori