Berita » Arsip

Halaman 1 dari 295
No 1-10 dari 2943

Balitbangtan Bagikan 1,7 Juta Kilogram Benih Padi Secara Gratis

(adm/19 Des 2018)

benih padi SUKAMANDI - Kementerian Pertanian menjadikan tahun 2018 sebagai Tahun Benih Nasional. Benih dan bibit unggul dari berbagai komoditas tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, bahkan ternak gencar diproduksi dan dibagikan kepada petani, peternak, dan stakeholder terkait diseluruh provinsi di Indonesia. (berita lengkap)

Akselerasi Alih Teknologi melalui Kerjasama Pra Lisensi Teknologi Balitbangtan

(pat/17 Des 2018)

Pre lisensi BOGOR - Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc, memberikan arahan sekaligus membuka acara Workshop Evaluasi Kerjasama Pra Lisensi Teknologi Balitbangtan. “Balitbangtan telah melaksanakan kerjasama lisensi dengan industri sejak tahun 2005, dan sampai saat ini sudah lebih dari 200 perjanjian lisensi yang sudah di tandatangani dengan lebih dari 50 mitra kerjasama”, Ujar Dr Prama (13/12/2018) (berita lengkap)

Balitbangtan Raih Penghargaan sebagai Lembaga Induk Pembina Litbang Terbaik

(adm/14 Des 2018)

penghargaan kemenristekdikti SERPONG – Badan penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terpilih sebagai Lembaga Induk Pembina Lembaga Litbang terbaik pada acara penganugerahan Apresiasi Lembaga Litbang 2018 yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti bertempat di ICE, Serpong (13/12/2018). (berita lengkap)

Kelayakan Inovasi Teknologi Jarwo Super di 3 Provinsi di Sumatera

(tan/13 Des 2018)

Jarwo Super 2018 Jarwo Super merupakan teknologi budi daya terpadu padi sawah irigasi berbasis tanam jajar legowo 2:1 yang bertujuan untuk meningkatkan hasil padi sawah dengan memanfaatkan pengaruh tananaman pinggir (border effect). Jajar legowo 2:1 adalah teknik tanam padi dimana setiap dua baris tanaman padi diikuti dengan satu baris kosong dan diulangi pada baris tanaman berikutnya.Jarwo Super merupakan teknologi budi daya terpadu padi sawah irigasi berbasis tanam jajar legowo 2:1 yang bertujuan untuk meningkatkan hasil padi sawah dengan memanfaatkan pengaruh tananaman pinggir (border effect). Jajar legowo 2:1 adalah teknik tanam padi dimana setiap dua baris tanaman padi diikuti dengan satu baris kosong dan diulangi pada baris tanaman berikutnya. (berita lengkap)

Akhir Tahun 2018 Balitbangtan Kembali Menambah Profesor Riset

(adm/12 Des 2018)

Profesor Riset BOGOR – Kementerian Pertanian kembali menambah jumlah profesor risetnya menjadi 135 orang dengan dikukuhkannya tiga peneliti Balitbangtan oleh Kepala LIPI di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, Bogor, pada Senin (11/12/2018). Peneliti yang dikukuhkan menjadi profesor riset adalah Dr. Ahsol Hasyim, MS, Dr. Ir. Gunawan, MS. dan Dr. Ir. Rubiyo, M.Si. Ketiga profesor riset yang dikukuhkan memiliki bidang ahli yang berbeda beda diantaranya bidang hortikultura, Peternakan dan Perkebunan. (berita lengkap)

Dena 2 Varietas Kedelai yang Potensial untuk Bahan Baku Tahu

(tan/07 Des 2018)

Tahu Dena2 Tahu merupakan bahan pangan sumber protein nabati yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Panganan yang berbahan baku dari kedelai ini selain murah harganya juga sangat mudah dijumpai dalam bentuk mentah atau yang sudah dimasak. Seiring dengan taraf hidup masyarakat yang meningkat, maka produsen pengolahan tahu harus memperhatikan kualitas tahu. Jenis kedelai yang akan digunakan sebagai bahan baku sangat mempengaruhi kualitas dari hasil produksi tersebut. (berita lengkap)

Tiga Varietas Kacang Tanah Tahan Hama Kutu Kebul Siap Dilepas

(tan/06 Des 2018)

Varietas Tasia 1-3 Kutu Kebul adalah salah satu hama utama yang saat ini sangat ditakuti oleh petani. Hama dalam bahasa latinnya Bemisia tabaci Gen. dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman, sehingga pada tingkat serangan berat menyebabkan kerugian bagi petani karena tidak mendapatkan hasil. (berita lengkap)

Peringatan Hari Tanah Sedunia

(sdl/05 Des 2018)

WSD anak BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP)) melaksanakan Peringatan Hari Tanah Sedunia yang dilaksanakan pada tangal 4 s.d 5 Desember 2018 di Kampus Penelitian Pertanian di Cimanggu, BBSDLP dan Baliitanah Bogor.(5/12/2018) (berita lengkap)

Capaian Maturitas SPI Badan Litbang Pertanian

(adm/04 Des 2018)

SPIP DEPOK(4/12) - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dinyatakan memperoleh nilai self assessment tertinggi di lingkup Kementerian Pertanian pada Forum Nasional SPIP Kementerian Pertanian yang diselenggarakan di Hotel Margo Depok pada Selasa s.d Kamis, 4 s.d 6 Desember 2018. (berita lengkap)

Membangun Agribisnis Jeruk yang Tangguh di Indonesia

(hor/03 Des 2018)

Agribisnis jeruk diawali dengan perbenihan, artinya keberhasilan pembangunan agribisnis jeruk di Indonesia menuntut dukungan industri yang tangguh. Petani kini telah menyadari bahwa menanam benih yang bermutu akan menghasilkan pohon-pohon jeruk yang tegar, dan seragam, serta pemeliharaan kebun yang efisien. Selain itu produktivitas dan mutu buah terjamin serta masa produksi akan lebih lama.Benih jeruk yang bermutu merupakan benih yang bebas dari 7 patogen sistemik seperti virus, viroid dan bakteri penyebab penyakit, selain itu benih bermutu dijamin kemurnian varietas batang atas dan batang bawahnya. (berita lengkap)

<< Lihat Berita Baru