Publikasi » Buku

Untuk menyebarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) menerbitkan beberapa publikasi berupa buku ada yang diterbitkan sendiri oleh UK/UPT Lingkup Balitbangtan maupun diterbitkan oleh Balitbangtan.


KEMANDIRIAN PANGAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN MP3EI

Tiga pokok pikiran yang mengandung hal-hal yang bersifat konseptual maupun operasional yang apabila dilaksanakan akan menghasilkan arus balik untuk menggerakkan pembangunan pertanian. Ketiga pilar tersebut bersifat tiga serangkai dalam upaya membangun : a) Kreativitas dan kemandirian pangan (b) pertanian berwawasan ekologi yang menyelaraskan techno-farming dan eco-farming, dan (c) kelembagaan masyarakat tani yang berbasis pada kearifan local, bersifat dinamis dan mampu mengantisipasi dan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Dalam konteks ketahanan pangan, ketiga pilar tersebut merupakan landasan yang lebih kokoh menuju perbaikan kesejahteraan masyarakat tani dan pedesaan dimasa yang akan dating.

TAHUN TERBIT. 2013.


POLITIK PEMBANGUNAN PERTANIAN MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM

Selain mendukung komitmen nasional untuk menurunkan emisi GRK (gas rumah kaca), upaya mitigasi pada sektor pertanian juga diperlukan untuk mendukung adaptasi. Serta mendukung program aksi sektor pertanian dalam menghadapi perubahan iklim, pengembangan inivasi teknologi adaptasi dan mitigasi maupun analisis kebijakan juga berbagai hasil penelitian dan pengembangan terkait inovasi teknologi adaptasi dan mitigasi sektor pertanian terhadap perubahan iklim

TAHUN TERBIT. 2013.


MEMBANGUN KEMANDIRIAN PANGAN PULAU-PULAU KECIL DAN WILAYAH PERBATASAN

Kajian, analisis, pemikiran dan gagasan  serta data informasi dan pengetahuan terkini tentang upaya-upaya penguatan ketahanan pangan untuk dapat dijadikan rujukan bagi semua pihak yang berkepentingan dengan masalah kemandirian pangan.

TAHUN TERBIT. 2013.


DIVERSIFIKASI PANGAN DAN TRANSFORMASI PEMBANGUNAN PERTANIAN

Hasil Analisa, pemikiran dan gagasan dimaksudkan untuk memperkuat dukungan kebijakan revitalisasi diversifikasi pangan dan transformasi pembangunan pertanian jangka panjang. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi otoritas pengasmbilan kebijakan pembangunan pertanian nasional, khususnya dalam mendorong terwujudnya keberhasilan diversifikasi pangan.

TAHUN TERBIT. 2013.


BUKU SI KATAM TERPADU - KALENDER TANAM TERPADU

Kehadiran teknologi inovasi Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu (SI Katam Terpadu) memuat informasi penting seputar tanam padi. SI Katam Terpadu diharapkan dapat memberikan keyakinan dan kepastian kepada pengambil kebijakan, penyuluh, serta petani di daerah untuk menyusun kebutuhan definitif benih, jenis varietas, pupuk, dan mekanisasi pertanian.

TAHUN TERBIT. 2013.


KEMIRI SUNAN - TANAMAN PENGHASIL MINYAK NABATI DAN KONSERVASI LAHAN

Kemiri sunan (Reutealis trisperma (Blanco) Airy Shaw) adalah salah satu tanaman yang dapat menghasilkan minyak nabati yang dapat diproses lebih lanjut menjadi biodiesel beserta turunannya. Habitus tanaman berbentuk pohon dengan tinggi dapat mencapai 15-20 m, mahkota daun yang rindang, dan sistem perakaran yang dalam sangat ideal sebagai tanaman konservasi. Atas dasar itu, tanaman ini sangat potensial, disamping dapat menghasilkan minyak nabati juga untuk meningkatkan produktivitas lahan-lahan kritis di Indonesia.

TAHUN TERBIT. 2013.


LAHAN RAWA - Lumbung Pangan Masa Depan Indonesia

Lahan rawa seluas 33,43 juta hektar yang tersebar di Pulau Sumatera,
Kalimantan, Papua, dan Sulawesi, adalah tabungan masa depan bagi
pertanian Indonesia. Jika saja kita mampu mengembangkan pertanian di lahan rawa yang masih terbentang luas dengan basis inovasi dan teknologi, kemandirian pangan secara nasional dapat terwujud. Bahkan, Indonesia mampu menjadi produsen berbagai komoditas pangan untuk memenuhi kebutuhan penduduk dunia.

TAHUN TERBIT. 2013.


Pengembangan Pertanian Berbasis Inovasi di Wilayah Bencana Erupsi Gunung Merapi

Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian melakukan pengkajian singkat (Quick Assessment) dan pendampingan masyarakat tanggap darurat erupsi Gunung Merapi pada sektor pertanian

TAHUN TERBIT. 2013.


Prospek Pertanian Lahan Kering Dalam Mendukung Ketahanan Pangan

Prospek Pertanian Lahan Kering Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Menjadi Salah Satu Acuan Dalam Membangun Peta Jalan Pembangunan Pertanian Lahan Kering Untuk Menopang Ketahan Pangan Nasional, Bahasan Menyoroti Berbagai Tema, Seperti Kebijakan Pertanian, Infrastruktur Dan Teknologi, Kelembagaan, Potensi Dan Prioritas Pengembangan Dan Langkah-Langkah Ke Depan

TAHUN TERBIT. 2013.


Panduan Manajemen Korporasi Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian 

Gaya dan pola manajemen dalam pengelolaan Badan Litbang Pertanian ke depan perlu dilakukan secara professional dengan pendekatan manajemen korporasi.

Semangat SCIENCE INNOVATION NETWORKS yang menjadi tagline Badan Litbang Pertanian merupakan landasan kuat untuk mengimplementasikan corporate management system atau manajemen korporasi.

 

TAHUN TERBIT. 2013.


Tanaman Perkebunan Penghasil Bahan Bakar Nabati 

Dalam upaya melaksanakan Inpres No. 1 Tahun 2006, Kementerian Pertanian telah memiliki program aksi dan terus mengembangkan bahan tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk bahan baku bioenergy meliputi jarak pagar, ubi kayu, sorgum, sagu, kelapa, kelapa sawit dan bahan tanaman lainnya tanpa mengganggu program pemantapan ketahanan pangan nasional.

 

TAHUN TERBIT. 2013.



Tahun :

[2018][2017][2016[2015][2014][2013][2012][2011][2010] [2009] [2008] [2007] [2006] [2005][2004]