Publikasi » Buku

Untuk menyebarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, Balitbangtan menerbitkan beberapa publikasi berupa buku ada yang diterbitkan sendiri oleh UK/UPT Lingkup Balitbangtan maupun diterbitkan oleh Balitbangtan.


REFORMASI KEBIJAKAN MENUJU TRANSFORMASI PEMBANGUNAN PERTANIAN

Pembangunan pertanian ke depan akan menghadapi tantangan yang semakin besar dan kompleks untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan, pakan, dan energy, secara berkesinambungan. Dinamika lingkungan strategis, baik domestic maupun global memerlukan respon yang tepat dan cepat, bahkan diperlukan tindakan reformasi kebijakan pembangunan pertanian secara mendasar dan menyeluruh yang mencakup aspek politik pertanian, konsep dan manajemen pembangunan, serta pengelolaan sumberdaya pertanian termasuk kelembagaan.

TAHUN TERBIT. 2014.


MEMPERKUAT DAYA SAING PRODUK PERTANIAN

Keunggulan kompetitif dan kreatif adalah kunci utama dalam upaya meningkatkan daya saing produk pertanian. Daya saing juga menggambarkan kemampuan melakukan terobosan-terobosan dan juga berkaitan erat dengan daya saing daerah yang dapat mendukung komoditas pertanian unggulan tertentu. Walaupun daya saing atau kemampuan bersaing di pasar dunia sangat penting sebagai strategi memasuki pasar ekspor namun pendekatan daya saing jangan menjadi perangkap untuk masuk dalam arus liberalisasi perdagangan tetapi tetap memperhatikan kepentingan politik dalam negeri yang mengutamakan kesejakteraan rakyat.

TAHUN TERBIT. 2014.


SUMBER INSPIRASI MEMBANGUN KEMANDIRIAN PANGAN PULAU-PULAU KECIL DAN WILAYAH PERBATASAN

Sebagai front yard islands (pulau-pulau terdepan), pulau-pulau kecil tersebut memiliki posisi strategis sebagai Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) yang memiliki potensi sumber daya alam dan jasa lingkungan yang tinggi dan peran strategis dalam menjaga kedaulatan NKRI. Dari sudut pertahanan dan keamanan wilayah perbatasan memiliki arti penting sebagai gerbang keluar masuk NKRI.

TAHUN TERBIT. 2014.


PEMBERDAYAAN ORGANISME TANAH UNTUK PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN

Upaya pemulihan daya dukung tanah perlu dilakukan dengan memberikan kondisi yang baik untuk berkembangnya populasi organisme tanah, terutama fauna/cacing tanah. Pengembalian bahan organic sisa panen dan aplikasi pupuk anorganik secara seimbang serta menekan penggunaan pestisida sintetik merupakan langkah penting untuk mencapai system budaya pertanian ramah lingkungan

TAHUN TERBIT. 2014.


KONSERVASI TANAH MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM

Dengan bertambahnya penduduk dan peningkatan konsumsi menyebabkan peningkatan tekanan terhadap sumber daya lahan. Eratnya terkaitan antara penggunaan dan pengelolaan lahan dengan perubahan iklim menyebabkan penerapan teknologi konservasi tanah harud diintensifkan dan harus dikaitkan dengan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

TAHUN TERBIT. 2014.


Tahun :

[2018][2017][2016[2015][2014][2013][2012][2011][2010] [2009] [2008] [2007] [2006] [2005][2004]