Info Aktual

Pelepasan Varietas Unggul Baru Perkebunan Balitbangtan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Satuan Kerja lingkup perkebunan melepas varietas unggul kopi jenis robusta Besemah, Kelapa Dalam Cungup Merah, serta tembakau Kasturi Jember dan tembakau Grobogan. Varietas tersebut disetujui pelepasannya akhir April 2019 silam.

Selengkapnya

Kunjungan Menteri pertanian dalam upaya wujudkan kemandirian pakan

Mentan meresmikan gedung UPBS di Balitnak, Ciawi dan melakukan dialog mengenai upaya kemandirian pakan.

Selengkapnya

BEKERJA Di Bulan Ramadhan, Distribusi Ayam KUB di Cirebon dan Subang Tetap Berlanjut

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Betapa tidak, setiap ibadah diganjar dengan pahala yang jumlahnya berkali-kali lipat. Menjalani ibadah puasa, Tim Distribusi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) dari Balai Besar Pengkajian yang merupakan salah satu institusi di bawah Balitbangtan tetap semangat menjalani kewajiban negara, mengawal terlaksananya program tersebut dengan baik.

 

Selengkapnya

Kedelai Rakitan Balitbangtan Tarik Minat Perusahaan Swasta

Calon varietas unggul kedelai edamame rakitan Balitbangtan akan dimanfaatkan dan dikembangkan oleh PT. Tarutama Nusantara (TTN). Pemanfaatan tersebut ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kerja sama antara Balitbangtan melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dengan PT. TTN pada Rabu (15/5/2019).

Selengkapnya

Kementan Perkuat Bilateral Indonesia – Iran

Jakarta – Tiga peneliti Balitbangtan, Kementan mengikuti kegiatan Scientific and Technical Exchange Program bertemakan “Preparation, Formulation, Characterization, and Application of Controlled-Release Nanobiopesticide” dengan mitra-mitranya di Iran. Pada kesempatan tersebut disepakati untuk kerjasama dalam peningkatan produksi padi dan mutu beras, termasuk aplikasi produk nanobiopestisida hasil riset bersama untuk pengendalian hama utama padi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas komitmen bersama untuk memperkuat bilateral Indonesia – Iran atas MoU yang telah ditandatangani Indonesia – Iran sejak 2008.

Selengkapnya

4 Balai Besar lingkup Balitbangtan Tingkatkan Sinergisitas Antar Balai Besar

Menjadi lembaga penelitian terkemuka, perakit teknologi dan inovasi modern untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani merupakan visi dari Balitbangtan. Untuk mencapai visi tersebut perlu didukung oleh sumberdaya manusia yang handal, professional dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam mengelola sumberdaya, dan menghasilkan teknologi dan inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, petani, para pelaku usaha pertanian dan bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Balai Besar Penelitian dan pengembangan Pascapanen Pertanian dan Balai Besar Penelitian Veteriner, merupakan 4 Balai Besar yang memiliki peran strategis dalam konstelasi pembangunan pertanian di Indonesia khususnya dalam penciptaan teknologi maju (Advanced Technology) dalam era pertanian modern ke depan. Bioteknologi, Mekanisasi, Nanoteknologi, Biosecurity adalah ilmu ilmu yang mampu mengakselerasi penciptaan inovasi dalam mendukung pembangunan pertanian masa depan.  

Untuk meningkatkan konsolidasi dan sinergitas potensi sumber daya yang ada pada masing masing Balai Besar tersebut, Balitbangtan menggelar Rapat Kerja (Raker) Terpadu 4 Balai Besar di Bandar Lampung 1-2 Mei 2019, agar mampu mengakselerasi perakitan sekaligus hilirisasi inovasi pertanian modern utamanya dalam mendukung program strategis Kementan. Raker mengangkat tema “Konsolidasi Sumber Daya, Akselerasi Perakitan dan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Modern Mendukung Program Strategis Kementan”.  

Selengkapnya