» Info Aktual » Upaya Balitbangtan Perluas Komersialisasi Hasil Inovasi ke Pasar Global
08 Apr 2020

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyampaikan berbagai gagasan penelitian kepada Hirata Corporation, sebuah perusahaan komersial manufacturing dari Jepang. Gagasan tersebut terkait menghasilkan produk yang memiliki nilai keunikan dan berharga sebagai yang khas dari Indonesia dalam upaya komersialisasi di pasar global dunia.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Balitbangtan Dr. Hardiyanto, Rabu (8/4/2020) dalam pertemuan melalui Skype dengan Hirata Corp. menegaskan bahwa kerjasama dengan Hirata dalam memanfaatkan produk inovatif Balitbangtan tidak hanya functional food, toiletries, cosmetics dan juga pharmaceutical.

Peneliti Utama Balitbangtan Dr. Muhammad Prama Yufdy menambahkan bahwa bahan yang disampaikan dalam proposal seperti daun umbi, roselindo, dan citrus diyakini dapat dimanfaat juga untuk aneka produk. Prama juga mengungkapkan bahwa traditional knowledge sebagaimana diinginkan pihak Hirata adalah suatu keharusan yang perlu betul-betul digali.

Kamogawa selaku representatif dari Hirata Corp mengutarakan bahwa Indonesia kaya akan sumberdaya dan produk-produk yang diinginkan, dan diharapkan mengandung materi endemic yang asalnya dari Indonesia. Kamogawa berharap joint collaboration tersebut dapat dimulai pada tahun 2020 dengan melalui fase eksplorasi, evaluasi, produksi dan komersialisasi.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry menjelaskan bahwa dari kolaborasi itu nanti Balitbangtan akan mendapatkan beberapa keuntungan lain selain pemasaran global seperti networking dan peningkatan kapasitas peneliti.

“Untuk kebutuhan ini fasilitasi kerja sama diperoleh selain untuk peningkatan kapasitas peneliti juga memperluas networking Balitbangtan selain juga pemasaran global hasil inovasinya,” ucap Fadjry. (KS)