Info Aktual

Webinar Coronavirus dan Covid-19: Apa dan Bagaimana

Bogor – Di tengah pandemic Covid-19 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) terus berupaya memfasilitasi pertukaran informasi untuk para peneliti dan stakeholder di bidang peternakan. Salah satunya dengan menggelar Web Seminar (Webinar) bertajuk Coronavirus-Covid-19 : Apa dan Bagaimana, Rabu (29/4/2020).

Selengkapnya

Tingkatkan Kualitas Diri dan Berkarya Hasilkan Inovasi

Bogor – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Fadjry Djufry mengatakan bahwa pejabat fungsional harus siap meningkatkan kualitas diri sehingga dapat berkarya lebih baik untuk hasilkan inovasi teknologi.

Selengkapnya

Inpari 32 HDB dan Inpari 42 Produksi Tinggi di Pandeglang, Banten

Dua varietas padi hasil penelitian Balitbangtan yaitu Inpari 32 dan Inpari 42 mendominasi tertanaman padi di Kabupaten Pandeglang dan ditanam sejak Januari 2020. Panen dilakukan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani Mekar Bakti di Desa Panimbang Jaya, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Selengkapnya

Panen Padi Inpari 40 di Sumsel Capai 10,5 Ton per Hektar

Sulsel - Lebih dari 24 hektar sawah yang ditanami padi Inpari 40 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dan Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan memasuki masa panen. Hasil panen dari varietas unggul baru (VUB) rakitan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) ini mencapai 10,5 ton/hektar. Angka tersebut melebihi potensi hasil yakni 9,6 ton/hektar.

Selengkapnya

Inpari 42, Primadona Baru dari Kabupaten Barru

Sulsel – Panen padi varietas Inpari 42 hari Selasa (14/4/2020) lalu di Desa Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan mendapat perhatian khusus pemerintah daerah (Pemda) setempat. Hal ini dikarenakan hasil panen varietas unggul baru (VUB) teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) tersebut mampu mencapai produktivitas lebih tinggi 3 ton/hektar dibandingkan produktivitas rata-rata di Kabupaten Barru.

Selengkapnya

Kementan Kenalkan Rice Vending Machine

Bogor – Kementerian Pertanian memperkenalkan teknologi Rice Vending Machine (RVM). Mesin yang secara resmi dikenalkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Selasa (14/4/2020) ini dapat mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis.

Selengkapnya