Info Aktual

Ekspose Mekanisasi Pertanian dan Pengembangan Teknologi Pascapanen 2002

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui BBP Alsintan Serpong dan Balai Pasca Panen berkerjasama dengan BPTP Jawa Timur menyelenggarakan Ekspose Mekanisasi Pertanian dan Pengembangan Teknologi Pascapanen 2002. Ekspose yang berlangsung mulai tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2002 ini mengambil lokasi di Sasana Krida, Jl. Veteran 13, Malang dan direncanakan dibuka oleh Menteri Pertanian, Prof. Dr. Bungaran Saragih, M.Ec.

Selama kegiatan ekspose berlangsung, secara simultan dilaksanakan Seminar Nasional Mekanisasi Pertanian dan Pengembangan Teknologi Pascapanen pada tanggal 30-31 Juli 2002 dengan Keynote Speaker Menteri Pertanian RI. Selain itu juga dilaksanakan acara Temu Usaha dimana para peserta ekspose diberi kesempatan untuk memaparkan produknya.

Selengkapnya

Prospek Pertanian Organik di Indonesia

Indonesia memiliki sumberdaya alam, kelimpahan sinar matahari, tanah dan air, serta budaya masyarakat yang menghormati alam, suatu potensi yang belum digali bagi pengembangan pertanian organik. Volume produk pertanian organik di pasar internasional baru mencapai 5-7% dari total produk pertanian. Permintaan produk pertanian organik meningkat 20% per tahun, merupakan peluang tersendiri bagi para petani yang berminat memproduksi komoditas ini. Di Asia, pertanian organik dalam skala besar baru diusahakan di Taiwan, Jepang dan Korea.

Selengkapnya

Lokakarya Pengembangan Industri Pisang

Lokakarya yang berlangsung dua hari tersebut diawali dengan kunjungan lapangan ke lokasi penanganan pisang di Cibeduk, Ciawi dan PT. Sari Segar Nusantara. Pada hari kedua, dibahas berbagai topik diantaranya produksi dan permasalahan usahatani pisang, permasalahan perdagangan, distribusi dan pemasaran pisang, hingga preferensi konsumen dan mutu pisang untuk supermarket.

Selengkapnya

Pengembangan Agribisnis Berbasis Perkebunan

Lokakarya yang bertujuan menghimpun pendapat dari berbagai pihak untuk merumuskan program pengembangan perkebunan, dihadiri 160 peserta dari pemkot Sawahlunto, Perguruan Tinggi, Badan permodalan, Swasta, LSM, Peneliti, Dinas terkait dan tokoh masyarakat ranah dan rantau Kota Sawahlunto.

Selengkapnya

Impor Paha Ayam dari Amerika Serikat

Impor paha ayam dari Amerika Serikat dalam beberapa minggu ini telah menjadi isu sentral di surat kabar. Kebijakan Deptan dan Depperindag sempat berseberangan karena perbedaan kepentingan. Meski demikian Menteri Pertanian tetap melarang impor paha ayam tersebut karena kehalalannya diragukan dan untuk melindungi pasar dari produk dengan murah.

Selengkapnya

Apresiasi Teknis Program Litkaji CLS (Crop-Livestock System)

Puslitbang Peternakan mengadakan "Apresiasi Teknis Program Litkaji CLS" di loka Penelitian Sapi Potong, Grati. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkokoh pemahaman dan pelaksanaan kegiatan CLS, sekaligus mengkaitkan dengan program penelitian loka di Grati.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari 11 BPTP, serta dihadiri pembicara dan pengamat dari BBP Alsintan, Pustaka, Ditjen Bina Produksi Peternakan, serta Swasta. Pada kesempatan ini, teknologi peternakan dan pembuatan kompos akan mendapat perhatian utama karena masih terdapat masalah dan kendala di lapangan.

Selengkapnya