Info Aktual

Usulan Kerjasama Balitbangtan – Colombia

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melaksanakan pertemuan virtual koordinasi bilateral Indonesia dan Colombia terkait dengan market access dan tindak lanjut hasil The 3rd Expert Group Meeting (EGM) on Agriculture yang telah dilaksanakan di Medan 13-14 November 2019 lalu.

Selengkapnya

Balitbangtan Dukung Pengembangan Krisan Pot di Sumatera Barat

Cipanas – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah mengembangkan varietas unggul krisan dan krisan pot di wilayah Sumatera Barat. Bahkan varietas unggul krisan Arosuka Pelangi dan Solinda Pelangi merupakan hasil kerjasama Balitbangtan dengan pemerintah kabupaten Solok - Sumatera Barat pada 2013 lalu.

Selengkapnya

Krisan Balitbangtan Salah Satu Andalan di Kota Bunga Timur Indonesia

Bogor – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memiliki berbagai varietas unggul krisan yang sekitar 20 varietas telah dikembangkan dan dibudidayakan oleh kelompok tani di seluruh wilayah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Kota Tomohon yang termasuk salah satu daerah sentra tanaman hias, sejak 2010 lalu menggunakan varietas unggul krisan Balitbangtan dalam produksinya.

Selengkapnya

Balitbangtan Siapkan 9 Provinsi Kembangkan Padi Anti Stunting

Jakarta - Stunting menjadi prioritas nasional untuk ditangani karena terkait kualitas SDM generasi penerus bangsa. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menghasilkan VUB padi biofortifikasi Inpari IR Nutri Zinc yang memiliki kandungan Zn 6% lebih tinggi daripada Ciherang. Varietas yang dilepas tahun 2019 ini diharapkan dapat turut berperan untuk mengatasi kekurangan gizi Zn stunting di Indonesia yang prevalensinya relatif tinggi.

Selengkapnya

Menurunkan Kehilangan Hasil, Minat terhadap Kedelai DETAP-1 Meningkat

Bogor – Musim kemarau yang mulai memasuki wilayah Indonesia sejak April lalu, meskipun telah diprediksi kemarau akan terjadi hingga akhir Juli/Agustus 2020, tidak selalu memberikan dampak negatif terhadap pertanian. Petani bisa menyiasatinya dengan menanam tanaman pertanian lainnya salah satunya dengan menanam kedelai.

Selengkapnya

Sorgum Bioguma Siap Dikembangkan di Sumsel dan Lampung

Bogor – Akhir tahun 2020 diperkirakan Sorgum Manis Bioguma Agritan akan tersebar luas dan mudah diperoleh masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) dan Lampung. Hal tersebut tak lepas dari kerja sama yang terjalin antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dengan Indonesia Cerdas Desa (ICD) yang merupakan mitra program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Selengkapnya