Info Teknologi

Uji Lapang Performa Rice Direct Seeding Riding Type 8 Rows

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) telah menghasilkan berbagai prototipe alat dan dan mesin pertanian. Prototipe ini wajib dilakukan uji lapang dengan tujuan untuk mengetahui performa alsin di lahan yang sesungguhnya, dimana uji lapang ini merupakan bagian dari kegiatan kerekayasaan.

Selengkapnya

Zeyna Agribun 01 dan 02, Kayumanis Ceylon Kualitas Tinggi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Jumat (18/20/2019) melepas dua varietas unggul kayumanis Ceylon yang diusulkan oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro). Dua varietas tersebut adalah Zeyna Agribun 01 dan Zeyna Agribun 02, dan merupakan kayumanis Ceylon pertama yang dilepas.

Selengkapnya

Pengembangan Jagung di Antara Tanaman Perkebunan

Tahun 2019 pemerintah menargetkan produksi jagung sebesar 33 juta ton dengan target ekspor 500 ribu ton. Untuk menjamin target produksi dan ekspor secara berkesinambungan, sumber daya lahan harus dimanfaatkan secara optimal. Salah satunya pengembangan jagung di lahan sela pertanaman perkebunan.

Selengkapnya

Peningkatan Produksi Padi di Lahan Rawa dengan Pupuk Hayati Biotara

Biotara cocok digunakan pada tanah masam dan lahan rawa untuk meningkatkan produktivitas tanaman, ketersediaan dan efisiensi hara N & P tanah, mempercepat dekomposisi sisa-sisa lahan organik, dan memacu pertumbuhan tanaman. Biotara terbukti mampu meningkatkan hasil padi sebesar 20% di lahan rawa.

Selengkapnya

Budena, Budidaya Kedelai di Lorong Kelapa Sawit

Budena merupakan penanaman kedelai di lorong-lorong tanaman kelapa sawit yang masih muda, berumur kurang dari empat tahun. Penanaman tersebut adalah upaya memperluas areal tanam kedelai selain untuk peningkatan produksi dan sebagai sumber benih kedelai.

Selengkapnya

Korolla 1 dan 2, Kopi Robusta Liwa Lampung Bercita Rasa Baik

Kopi Korolla 1 dan Korolla 2 memiliki produksi di atas 2 ton/ha/tahun dengan nilai cita rasa "Excellent" di atas 80, sehingga masuk dalam fine Robusta. Nilai skor ini sudah melampaui nilai minimum untuk kategori kopi fine Robusta yaitu 80, sehingga potensial untuk menghasilkan kopi fine Robusta.

Selengkapnya