Info Teknologi

Molases Tebu Bantu Atasi Kelangkaan Alkohol

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menemukan cara membuat bioethanol dari molases tebut. Prosesnya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan.

Selengkapnya

Padi Hitam Jeliteng Bermanfaat untuk Imun Tubuh

Fungsi nasi sudah bergeser bukan hanya sebagai makanan untuk menghilangkan rasa lapar, tetapi juga berfungsi khusus terutama untuk membantu menjaga kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di atas, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melepas varietas padi hitam Jeliteng pada 2019 lalu yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selengkapnya

Potensi Sorgum untuk Menangani Covid-19

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku bioetanol. Pada peristiwa pandemi Covid-19 seperti saat ini, etanol sorgum dapat dimanfaatkan menjadi sanitizer.

Selengkapnya

Tingkatkan Imun Dengan Konsumsi Black Garlic

Black garlic memiliki beberapa khasiat, diantaranya membantu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh sehingga tidak gampang sakit, membantu mengobati  dan mencegah nyeri sendi terutama nyeri di lutut ketika hendak berdiri. Kemudian, membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol (terutama kolesterol total, trigliserida dan LDL), serta kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Selengkapnya

Varietas Unggul Baru Padi dengan Mutu Beras Khusus

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) terus mengembangkan inovasi varietas unggul padi untuk petani Indonesia. Tahun 2019 Balitbangtan melepas beberapa varietas unggul baru, diantaranya padi dengan keunggulan beras khusus yaitu Baroma, Pamera, Pamelen, Jeliteng, dan Paketih.

Selengkapnya

Bioplus Pedet Bantu Percepat Adaptasi Pedet pada Pakan Hijauan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengembangkan pakan aditif pedet ternak ruminansia yang dikenal dengan Bioplus Pedet. Pakan aditif ini adalah jasad renik asal rumen yang bersifat nonpatogen dan diberikan kepada pedet yang belum diberi pakan hijauan/prasapih atau pada pedet dalam masa pertumbuhan.

Selengkapnya