Info Teknologi

Buku Saku untuk Penanganan Fall Armyworm (FAW)

Untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas lagi, Badan Litbang Pertanian telah menyusun buku saku yang berisikan informasi tentang Fall Armyworm serta teknologi praktis untuk pengendaliannya. Buku saku diharapkan menjadi pedoman bagi pemerhati bidang perlindungan tanaman, penyuluh, peneliti, pengamat hama serta stakeholder terkait lainnya. Dengan kehadiran buku saku ini diharapkan menjadi rujukan dalam kegiatan pemantauan hama FAW serta metode pengendalian yang tepat dilakukan.

Selengkapnya

Pemanfaatan Tanah Gambut untuk Perkebunan

Tanah gambut terbentuk karena pengenangan lahan yang bervegetasi dalam jangka waktu yang lama, atau lahan dengan drainase yang terhambat. Tanah gambut mengandung bahan organik yang sangat tinggi, selalu lembab, jika tanah gambut kering maka dia tidak dapat kembali seperti semula, tanah tersebut tidak akan menyerap air dan kembali lembab, tetapi malah mengapung dan hanyut. Pemanfaatan tanah gambut harus mengikuti kaedah-kaedah seperti tanah harus tetap lembab, selalu digenangi air dan perlu pembenahan tanah, karena pH yang rendah dan miskin unsur hara. Oleh sebab itu perlu pengaturan tata air yang sesuai, pembenahan tanah dan polatanam agar lahan tertutupi oleh vegetasi. Tata air disesuaikan dengan tanaman yang akan ditanam, untuk tanaman perkebunan seperti karet dan kopi tinggi aras air minimal 50 cm, kalau kurang dari 50 cm perakaran tanaman akan sulit berkembang.

Selengkapnya

Balitbangtan Lepas Dua Varietas Kedelai Toleran Kekeringan

Pada bulan Juni 2019 telah dilepas, sesuai dengan namanya varietas yang toleran kekeringan, maka kedua varietas tersebut oleh penelitinya dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi diberi nama Dering 2 dan Dering 3. 

Selengkapnya

Kekayaan SDG Jeruk Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan dan keragaman sumber daya genetik jeruk yang cukup besar yang tersebar di berbagai daerah. Sebagian Kekayaan Sumber Daya Genetik (SDG) ini telah tersimpan dan dikelola Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan),  Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro).

Selengkapnya

Demfarm untuk Lahan Terdampak Kekeringan

Balitbangtan sebagai penghasil teknoloMemasuki musim tanam kedua tahun ini, petani banyak dihadapkan pada masalah kekeringan. Salah satunya di sentra penghasil beras Wilayah Jawa Barat yang tak luput dari ancaman ini.gi bersama Ditjen Tanaman Pangan dalam mengatisipasi kekeringan tersebut akan melaksanakan Demfarm

Selengkapnya

Nata de Whey, Alternatif Pangan Fungsional

Whey (atau laktoserum) adalah cairan semitransparan yang tertinggal selama proses pengendapan dalam pembuatan keju. Whey memiliki warna kuning-kehijauan, rasa yang sedikit asam, dengan aroma yang agak harum.

Selengkapnya