Info Teknologi

SDG Parijata, Biofarmaka dari Jepara dengan Berbagai Khasiat

Indonesia merupakan lumbung keanekaragaman hayati, dengan kekayaan sumber daya genetik (SDG) yang sangat penting untuk dilestarikan. Salah satunya adalah Parijata,  jenis tanaman biofarmaka yang mempunyai berbagai khasiat.

Selengkapnya

Budesari Kedelai Jagung Tingkatkan Pendapatan Petani

Pembangunan pertanian memiliki sasaran utama meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani, diantaranya dengan peningkatan produksi jagung dan kedelai nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah mengembangan berbagai cara dan teknologi untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya dengan budidaya tumpangsari antara jagung dan kedelai.

Selengkapnya

Mengembalikan Kejayaan Pala Indonesia dengan Pala Varietas Tidore 1

Pala Varietas Tidore 1 ini memiliki keunggulan agak tahan terhadap hama penggerek dan penyakit busuk buah. Rata-rata produktivitas adalah 7.500 butir/pohon/tahun. Kadar minyak atsiri fuli sebesar 13,9% dan kandungan minyak atsiri biji tuanya sebesar 3,78%. Dibandingkan pala Tidore unggul dalam hal karakter tebal buah dan tangkai buah yang besar dan kokoh.

Selengkapnya

Vaksin Inovasi Balitbangtan untuk Kesehatan Unggas

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet) meluncurkan inovasi teknologi untuk kesehatan unggas, Kamis (5/12/2019) di Bogor. Invovasi tersebut yakni vaksin avian influenza bivalen, vaksin avian influenza kombinasi HPAI dan LPAI, dan vaksin ND GTT 11.

Selengkapnya

Inovasi Benih TSS Bawang Merah Mulai Dikembangkan di Bengkulu

Selama dua hari (15-16/11/2019), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Bengkulu mendampingi Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Bawang dan Sayuran Umbi, Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat, Direktorat Jenderal Hortikultura, Ir. Dessi Rahmaniar, MSi, melakukan monitoring dan evaluasi lapang progres pelaksanaan kegiatan pengembangan bawang merah menggunakan benih asal umbi dan asal biji (True Shallot Seed/TSS). Kegiatan tersebut dilakukan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong.

Selengkapnya

Pengembangan Tanaman Pakan Ternak di Lahan Bekas Tambang Timah

Pengembangan ternak ruminansia dipengaruhi oleh ketersediaan hijauan pakan. Alokasi lahan untuk produksi hijauan biasanya pada lahan marjinal. Lahan bekas tambang merupakan salah satu alternative sumberdaya lahan  yang dapat digunakan untuk budidaya Tanaman Pakan Ternak(TPT) .

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) melakukan penelitian mengenai pengembangan tanaman pakan ternak di lahan bekas tambang timah. Lokasi penelitian adalah lahan bekas tambang timah di Bukit Kijang, Bangka Tengah.

Selengkapnya