Info Teknologi

Bukti Kesuksesan Perjalanan Panjang NASA 29

Jagung merupakan salah satu komoditas pangan utama di Indonesia. Ketika kebutuhan jagung terus meningkat, tak ayal lagi pemerintah musti mengupayakan beragam cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) merespon hal tersebut dengan menciptakan jagung hibrida tongkol ganda dengan kemampuan produksi dua kali lipat dari jagung biasa.

Selengkapnya

Nanohidrogel dari Limbah Tongkol Jagung bisa untuk Bahan Baku Diaper

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian (BB Pascapanen) menemukan manfaat lebih dari limbah tongkol jagung. Mengandung selulosa tinggi, tongkol jagung dapat disulap menjadi bahan hidrogel yang dikenal sebagai bahan untuk popok sekali pakai/diaper dan media tanam pengganti tanah.

Selengkapnya

Top Working, Mudah dan Cepat untuk Mengganti Tanaman Jeruk

Berbagai macam teknologi dapat diaplikasikan petani dalam membudidayakan jeruk. Dengan penerapan teknologi budidaya yang benar akan menghasilkan produksi yang tinggi serta menjaga kesehatan tanaman. Salah satu teknologi yang dapat digunakan petani apabila ingin mengganti varietas tanaman yang sudah dewasa adalah dengan Top Working.

Selengkapnya

Teknologi Nanoselulosa untuk Solusi Kemasan Ramah Lingkungan

Kemasan bioplastik sudah cukup banyak diproduksi di mancanegara, bahkan industri lokal juga sudah ada beberapa industri yang memproduksi bioplastik dari bahan pati singkong. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Pascapanen (BB Paspa) memiliki invensi dan inovasi teknologi untuk kemasan ramah lingkungan atau bioplastik.

Selengkapnya

Sulawesi Selatan Kembangkan Ubijalar Ungu Varietas Antin 3

Kaya akan manfaat yang terkandung dalam ubi jalar berwarna ungu ini sehingga menarik perhatian Menteri Pertanian Amran Sulaiman agar ubi jalar tersebut dapat dikembangkan di Sulawesi Selatan. Respon positif tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Kepala Badan Litbang Pertanian dengan meminta Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) untuk mengawal pengembangan ubi jalar tersebut di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Selengkapnya

Beras Analog, Harapan dan Tantangan Bagi Ketahanan Pangan Indonesia

Salah satu hasil penelitian terkait diversifikasi pangan adalah beras analog. Beras analog adalah beras yang diolah dari bahan non-padi yang memiliki kandungan karbohidrat hampir sama atau lebih dari beras. Dihasilkan dari bahan baku selain padi, seperti singkong, sagu, jagung, dan umbi-umbian.

Selengkapnya