Info Teknologi

Teknologi Pengendalian Terpadu Penyakit Busuk Buah Kakao (BBK)

Phytophthora palmivora merupakan jamur patogen penyebab penyakit busuk buah kakao (BBK). Patogen ini menyerang berbagai bagian tanaman kakao, meliputi: daun, pangkal batang, batang, ranting, pucuk, bantalan bunga, dan buah. P. palmivora dapat menyerang kakao pada berbagai tingkatan umur, mulai dari pembibitan sampai pada tanaman menghasilkan.

Selengkapnya

Mesin Pencetak Pakan Ternak Bentuk Crumble

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) mengembangkan mesin pencetak pakan bentuk crumble. Mesin ini berfungsi untuk mencetak campuran bahan pakan ternak yang berbentuk pellet yang sudah dikeringkan menjadi bentuk crumble (butiran-butiran kecil).

Selengkapnya

Gerdal OPT di Berbagai Daerah Demi Ketahanan Pangan Negeri

Salah satu upaya untuk mendukung peningkatan produktivitas pangan adalah dengan Gerakan Pengendalian (Gerdal) Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Gerdal dilaksanakan agar OPT tidak melakukan kerusakan lebih luas dan menekan pergerakannya ke tempat lain. Pengawalan Gardal OPT dibeberapa lokasi dirasakan penting  oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Pengawalan tersebut dilakukan oleh beberapa Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan yang tersebar di setiap provinsi di Indonesia.

Selengkapnya

Bekatul Suber Bahan Pangan Fungsional

Masih banyak yang menganggap bahwa bekatul sama dengan dedak, sehingga mengkonsumsi bekatul sama dengan mengkonsumsi dedak. Secara kasat mata pun keduanya hampir sama, sehingga sulit dibedakan. Apabila dilihat dari teksturnya bekatul tentunya lebih halus, karena bekatul sendiri merupakan hasil proses penyosohan kedua

Selengkapnya

Mesin Pencetak Pelet Solusi Efisien Pembuatan Pakan Ternak

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) mengembangkan mesin pencetak pelet. Mesin ini berfungsi mencetak campuran bahan pakan ternak unggas yang berbentuk tepung atau butiran yang telah dicampur sebelumnya dengan menggunakan mesin mixer menjadi bentuk pelet. Penggunaan mesin pencetak pelet oleh peternak akan sangat efisien dan menghemat biaya operesional untuk pakan ternak. 

Selengkapnya

Tingkatkan Produksi Susu Sapi dengan Kalem

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) melakukan penelitian terhadap hasil samping minyak goreng dari minyak sawit. Hasil penelitian ini disebut Kalsium Lemak (Kalem). Kalem adalah hasil samping minyak goreng dari minyak sawit yang diproses menjadi butiran kering sebagai sumber suplemen energi untuk induk sapi perah yang baru melahirkan untuk meningkatkan produksi susunya.

Selengkapnya