Info Teknologi

Mengenal Proses Pascapanen Benih Sumber Kedelai

Benih unggul dan bermutu memegang peran penting dalam perkembangan tanaman kedelai. Hal ini tak lain karena untuk mencapai produktivitas yang tinggi, ditentukan oleh potensi daya hasil dari benih unggul yang ditanam dan juga interaksi antara faktor genetik dengan pengolahan kondisi lingkungan tumbuh tanaman tersebut. Dalam menghasilkan benih bermutu tinggi, baik mutu fisiologis maupun mutu genetik dapat dilakukan melalui pengolaan tanaman yang baik dan terpadu.

Selengkapnya

Mangga ‘Arum Merah’ Harum, Manis, Genjah, Produksi Tinggi

Mangga Arum Merah terdaftar sebagai varietas unggul baru berdasarkan SK Menteri Pertanian Nomor : 237/Kpts/PV.240/D/VI/2022. Mangga ini juga telah terdaftar sebagai varietas lokal Kabupaten Situbondo pada tanggal 03 Maret 2021.

Selengkapnya

Dua Varietas Kedelai Tahan Karat Daun Rakitan Balitbangtan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) telah melepas dua varietas kedelai tahan penyakit karat daun dengan nama Lentera 1 sesuai keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 446/HK.540/C/02/2022) dan Ketara 1 sesuai keputusan Pertanian Republik Indonesia Nomor 447/HK.540/C/02/2022) pada Februari 2022. Menanam varietas tahan penyakit merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan penyakit karat daun. Salah satunya varietas tahan karat daun menjadi cara pengendalian yang murah, mudah, dan ramah lingkungan.

Selengkapnya

Manajemen Penetasan Telur untuk Tingkatkan Produksi DOC

Permintaan bibit DOC (day old chick) dari hari ke hari terus meningkat. Untuk atasi hal tersebut, Balai Penelitian Ternak (Balitnak) meningkatkan produksi DOC dengan menggunakan mesin tetas chick master yang berkapasitas  21.000 butir telur untuk mesin setter, yang didukung mesin hatcher dengan kapasitas DOC  sebanyak 7.000 butir telur.

Selengkapnya

Mie Sukun, Enak dan Ekonomis

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim telah menghasilkan inovasi teknologi olahan pangan mie yaitu Komposisi Mie Sukun. Mie sukun menurut invensi ini merupakan salah satu pemecahan masalah untuk mengurangi penggunaan tepung impor dalam hal ini adalah tepung terigu. Penggunaan tepung sukun juga dapat meningkatkan pemanfaatan tepung local.

Selengkapnya

Ternak Gemuk dengan Pakan Tepat dan Berkualitas

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali telah menghasilkan inovasi teknologi berupa Proses Pembuatan Tepung Sampah dan Komposisi Pakan untuk Menggemukkan Ternak Ruminansia. Keunggulan invensi ini adalah proses membuat tepung sampah untuk bahan pakan dan komposisi pakan untuk menggemukkan hewan ternak ruminansia. Sampah organik yang telah terpisah dari sampah an-organik difermentasi dengan inokulan mikroba probiotik selama 6 – 7 hari, sehingga kandungan proteinnya meningkat dari rata-rata 2,5 – 4,6% jadi 7 – 9% dan akan lebih palatable atau lebih disukai ternak.

 

Selengkapnya