Info Teknologi

Mesin Grafting Semi Otomatis

Mesin grafting semi otomatis ini berfungsi untuk memotong batang atas dan batang bawah, mengikat sambungan antara batang bawah dengan batang atas dengan alat pengikat. Dengan gerakan maju dan mundur pisau potong batang yang akan disambung  menggunakan sistem pneumatik yaitu double pneumatik silinder dengan linear guide dan gerakan penjepit batang yang akan disambung menggunakan jari-jari penjepit (gripper) sistem pneumatik.  Untuk mengikat sambungan antara batang bawah dan batang atas menggunakan motor listrik.

Selengkapnya

Memanjakan Mata dengan Keindahan Bunga Anyelir Varietas Sitari

Keunggulan anyelir varietas Stari berbunga ganda dengan dua warna, berbatang kokoh dan tidak mempunyai tunas lateral pada pertumbuhan apical dominan aktif. Daunnya meruncing, dilapisi lilin, dan tersusun saling berhadapan.

Selengkapnya

Ubi Jalar Sukuh, Sumber Pangan Alternatif Saat Krisis

Keunggulan varietas Sukuh ini adalah mampu berproduksi 30 ton per hektar pada 4-4,5 bulan. Rsa enak, bahan kering tinggi, dan warna daging umbi putih cocok sebagai bahan baku tepung ubi jalar. Varietas unggul ini sesuai dikembangkan pada lahan tegal dan lahan sawah.

Selengkapnya

Starter Kering Yoghurt Balitbangtan Dicari UKM

Sebagai Institusi, Balitbangtan mempunyai tanggung jawab untuk berperan dan berkontribusi langsung terhadap segala aspek yang terkait dengan aneka komoditas hasil pertanian, termasuk diantaranya olahan susu.

 

Selengkapnya

Anggrek Unik Eksotis untuk Unggulan Tanaman Hias Indonesia

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus berpatisipasi aktif dalam membangun usaha tani anggrek phalaenopsis di tanah air. Salah satunya melalui penyediaan varietas unggul yang disesuaikan dengan keinginan konsumen saat ini. Beberapa varietas unggul anggrek phalaenopsis. Anggrek dimaksud diberi nama Ayu Pujiastuti, Ayu Lestari, Ayu Larasati, Ayu Pratiwi, Ayu Respati dan Ayu Suciati.

Selengkapnya

Balitbangtan Teliti Calon Varietas Kacang Tanah Tahan Penyakit

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) meneliti dua galur harapan baru kacang tanah yakni GH2 dan GH10. Berdasarkan hasil penelitian, kedua galur tersebut memiliki keunggulan hasil tinggi 4.5 – 4.9 ton/ha polong kering, stabil, tahan terhadap penyakit layu bakteri, sekaligus tahan penyakit bercak dan karat daun.

Selengkapnya