Info Teknologi

Hartuti, Krisan Potong dengan Vase Life Lama

Krisan Hartuti merupakan turunan essensial dari varietas Dark Pink Mum melalui induksi mutasi sinar gamma. Krisan yang satu ini dikenal memiliki bunga tipe spray berbentuk tunggal dengan warna bunga pita pink (merah jambu).

Selengkapnya

Balitbangtan Dorong Potensi Pengembangan Ubi Kayu di Kabupaten Sukabumi

Kabupaten Sukabumi salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan subur. Sehingga berbagai komoditas yang dihasilkan banyak digunakan sebagai penyangga kebutuhan pokok bagi warga Ibukota. Salah satunya adalah ubi kayu yang menjadi komoditas unggulan. Sentranya pun tersebar di beberapa wilayah diantaranya adalah Kecamatan Jampang Tengah, Warung Kiara, Bantar Gadung, dan Cihambar, serta kecamatan lainnya yang luasannya tidak signifikan.

Selengkapnya

Mesin Grafting Pneumatik Sederhana

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) telah mengembangkan Mesin Grafting Pneumatik Sederhana yang berfungsi untuk sambung pucuk sehingga didapatkan bibit tanaman yang baik dan bermutu.

Selengkapnya

Ampas Kelapa Sisa Pembuatan VCO sebagai Pakan Unggas

Ampas kelapa sebagai produk samping pengolahan minyak kelapa murni (VCO) memiliki kadar protein kasar masih relatif tinggi yaitu sebesar 11,35% dengan kadar lemak kasar 23,36%. Protein merupakan salah satu komponen yang terpenting pada pakan, sehingga tingginya kadar protein pada ampas kelapa merupakan suatu keuntungan untuk diolah menjadi pakan. Penggunaan ampas kelapa fermentasi di dalam ransum unggas terutama ayam buras sangat memungkinkan untuk diaplikasikan, karena ayam buras lebih toleran terhadap serat kasar ransum.

Selengkapnya

The King of Spice Dapat di Proses Ulang

The King of Spice yang dikenal sebagai lada atau merica merupakan raja rempah-rempah yang telah ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Lada memiliki nama latin Pipper nigrum, yaitu tanaman rempah yang banyak tumbuh di wilayah tropis Asia Tenggara. Biji lada merupakan salah satu jenis komoditas perdagangan dunia, hampir 80% mayoritas lada dunia terpenuhi dari kegiatan ekspor Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa nusantara dijajah oleh bangsa Eropa kurang lebih selama 3,5 abad pada masa itu tidak lain karena kekayaan Indonesia akan tanaman rempah-rempah.

Selengkapnya

Pengendalian Hama Bubuk pada Benih Jagung dengan Lada Hitam

Salah satu yang menjadi faktor rusaknya benih jagung selama penyimpanan adalah Kumbang bubuk. Hama ini merupakan hama penting yang sering menjadi perusak biji bijian selama proses penyimpanan. Berbagai macam metode pengendalian hama kumbang bubuk telah dikembangkan, baik secara kimiawi maupun menggunakan bahan nabati. Salah satunya adalah lada hitam (Piper nigrum) yang merupakan tanaman memiliki sifat insektisida nabati.

Selengkapnya