Info Teknologi

Ubi Jalar Oranye Bahan Pangan Fungsional yang Tinggi Kalium

Penganekaragaman pangan (diversifikasi pangan) merupakan jalan keluar yang saat ini dianggap paling rasional untuk memecahkan masalah pemenuhan kebutuhan pangan (khususnya sumber karbohidrat). Diharapkan bahan pangan alternatif ini mempunyai fungsi lain selain pemenuhan karbohidrat. Ada banyak banyak bahan pangan fungsional yang mulai dikenal masyarakat, misalnya jagung ungu serta ubi jalar ungu yang memiliki kadar antosianin tinggi. Selain ubi ungu Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi juga memiliki ubi oranye . Ditinjau dari nilai gizi dan ketersediaan bahan baku, ubijalar ini sangat potensial sebagai bahan diversifkasi pangan lokal.

Selengkapnya

Pengembangan dan Prospek Pemasaran Beras Khusus

Beras khusus terdiri atas ketan, beras basmati, beras japonica, beras wangi, beras fungsional dan beras dengan sifat tertentu untuk memenuhi permintaan pasar tertentu pula. Saat ini kebutuhan beras khusus di Indonesia sebagian dipenuhi dari impor. Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi pengembangan, karakteristik fisiko-kimia, mutu giling dan prospek pemasaran beras khusus yang dibudidayakan di Indonesia dari tahun 2009-2018. Beras diperoleh dari pertanaman padi pada lahan sawah irigasi baik di Jawa maupun Luar Jawa dari berbagai ketinggian (elevasi).

Selengkapnya

Pompa Air Sentrifugal Ap s100 Tingkatkan Efisiensi Pemakaian Pompa Air Dalam Budidaya Pertanian

Pompa Sentrifugal adalah jenis pompa tekan dinamis yang mengubah energi mekanik kedalam energi hidrolik melalui aktivitas sentrifugal. Sedangkan prinsip kerja pompa tekan dinamis adalah dengan mengubah energi mekanis dari poros menjadi energi fluida, dan energi inilah yang menyebabkan pertambahan head tekanan, head kecepatan, dan head potensial pada fluida yang mengalir secar kontinyu. Prinsip kerja dari pompa sentrifugal ini yaitu Pompa digerakkan oleh motor, daya dari motor diberikan kepada poros pompa untuk memutar impeler yang dipasangkan pada poros tersebut. Zat cair yang ada dalam impeler akan ikut berputar karena dorongan suduā€sudu.

Selengkapnya

Liberoid Meranti 2, Varietas Unggul Kopi Spesifik Lahan Gambut Bercitarasa Tinggi

Lahan gambut di Indonesia sangat luas, tetapi hanya sekitar 6 juta hektar yang layak untuk pertanian. Dari luasan tersebut, diantaranya berpotensi untuk pengembangan kopi Liberika yang dapat ditumpangsarikan dengan kelapa atau pinang sebagai tanaman penaung. Kopi Liberika bisa beradaptasi baik pada lahan gambut yang tidak mungkin ditanami kopi jenis lain. Kopi tersebut bisa menjadi salah satu sumber pendapatan, karena mempunyai harga jual yang lebih tinggi dan relatif stabil dibandingkan kopi Robusta. Produksi kopi liberika sebagian besar diekspor ke Malaysia yang merupakan pasar utama. 

Selengkapnya

Penyakit Menular pada Kedelai

Penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri pada kedelai ada dua jenis, yaitu penyakit pustul dan hawar. Jika menyerang varietas yang rentan, seranganya akan berdampak parah. Kedua penyakit tersebut dapat menimbulkan kehilangan hasil cukup tinggi. Besarnya kehilangan hasil juga dipengaruhi oleh keganasan bakteri dan dukungan kondisi lingkungan pertanaman kedelai. 

Selengkapnya

Dukung Optimalisasi Lahan Sawah Tadah hujan dan Lahan Kering, Balitbangtan Rakit Bio Patenggang

Lahan sawah memiliki peran sangat penting dalam budidaya tanaman padi, namun eksistensi lahan sawah mulai terusik akibat alih fungsi lahan, perubahan iklim global serta pertumbuhan jumlah penduduk. Berdasarkan data yang diperoleh, luas lahan sawah irigasi di Indonesia terus mengalami penurunan hingga 27.000 hektar per tahun. Untuk itu muncul strategi pengembangan lahan sub optimal (LSO) dari Kementerian Pertanian sebagai bagian dari pengamanan ketersediaan pangan pokok.

Selengkapnya