Info Teknologi

Teknologi Peremajaan Tanaman Karet Rakyat Secara Bertahap

Teknologi peremajaan tanaman karet rakyat secara bertahap merupakan cara peremajaan yang dilakukan setahap demi setahap sesuai dengan kemampuan petani, satu tahap  dilakukan satu tahun. Tahap peremajaan dilakukan maksimal 3 tahap atau paling lama 3 tahun.

Selengkapnya

Drone Penebar Benih Padi Dan Penebar Pupuk Granul

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan komputer atau pengendali jarak jauh yang bisa digunakan untuk membawa muatan. Penggunaan drone khususnya untuk pertanian saat ini sangat dibutuhkan karena dianggap lebih efektif dan efisien, sangat baik untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya.

 

Selengkapnya

Balitbangtan Observasi Tanaman Porang di Madiun

Observasi tanaman porang di Madiun untuk mengetahui hasil yang berasal dari bibit tanaman dari umbi tanaman sebelumnya dan umbi hasil budidaya. Observasi juga untuk mengetahui hasil yang berdasarkan naungan.

Selengkapnya

Ayam Sensi-1 Agrinak

Ayam SenSi 1 Agrinak dibentuk dari sumberdaya genetik atau dapat juga disebut sebagai diverse line rumpun ayam Sentul yang berasal dari wilayah Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat. Metoda seleksi dilakukan terhadap individu ayam pada umur 70 hari. Kriteria seleksinya adalah warna bulu ABU untuk sub galur SenSi ABU dan warna bulu putih bercak hitam (PUCAK) untuk sub galur SenSi PUCAK. Bentuk jengger pea sebagai bentuk jengger dominan dan bobot hidup ayam-ayam jantan 25% tertinggi dalam populasi generasinya.

Selengkapnya

Spageti Sagu, Sehat dan Kekinian

Pengembangan spageti berbahan baku sagu merupakan inovasi baru dalam meningkatkan daya guna pati sagu dan menjadikan produk turunan sagu memiliki daya saing tinggi di pasar global. Apalagi kebutuhan terhadap jenis pangan baru meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dunia, kesadaran untuk hidup sehat, adanya perubahan gaya hidup dan bahkan perubahan iklim.  Spageti adalah jenis pasta yang populer dan dikonsumsi di seluruh dunia.

Selengkapnya

Alat Tanam Benih Padi Di Lahan Sawah

Pemanfaatan lahan rawa harus dengan prinsip sustainable agriculture perlu dikerjakan dengan mekanisasi penuh dan pola mina padi sehingga dapat menghemat Rp 15 juta per hektar, dari biaya cetak sawah Rp 19 juta menjadi Rp 4 juta per hektar. Penerapan alat-alat mekanis diharapkan dapat mengisi kekurangan tenaga kerja, meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi. Oleh karenanya, kondisi alat-alat mekanis tersebut harus selalu siap pakai (ready for use) bila akan digunakan.

Selengkapnya