» Info Teknologi » Pemerintah Swiss Tawarkan Program Beasiswa Pascasarjana untuk T.A. 2006/2007
03 Okt 2005

Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) menawarkan beasiswa dalam jumlah terbatas untuk negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Beasiswa tersebut ditawarkan untuk mahasiswa pascasarjana (postgraduate) yang ingin memperdalam pendidikan atau melakukan riset di salah satu perguruan tinggi di Swiss.

Pada dasarnya, penerima beasiswa dapat kuliah atau melakukan riset di perguruan tinggi negeri manapun di Swiss. Program studi atau pendidikan berikut TIDAK termasuk dalam tawaran beasiswa ini, adalah : (1) Ilmu Kesenian; (2) Pendidikan S1; (3) Pendidikan Sekolah Perhotelan; (4)Pertukaran Siswa; (5) part-time studies; (6)On-the-job studies; dan (7) Studi jarak jauh (correspondence course).

Beasiswa berlangsung selama 9 bulan (1 tahun akademik). Dalam kondisi tertentu, beasiswa dapat diperpanjang maksimum hingga tahun ajaran kedua sesuai dengan pertimbangan FCS dan universitas yang bersangkutan.

Persyaratan

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Ijasah perguruan tinggi (minimal S1 atau sederajat)
  3. Batas umur pada waktu melamar harus dibawah 35 tahun (lahir setelah tanggal 31 Desember 1970)
  4. Penguasaan salah satu bahasa resmi di Swiss yang memadai (bahasa Jerman, Perancis atau Itali) --tergantung lokasi perguruan tinggi yang dipilih-- dan bahasa Inggris untuk beberapa mata kuliah
  5. Surat penerimaan dari perguruan tinggi yang dituju atau konfirmasi dari profesor di Swiss yang bertanggung jawab dalam program studi yang dipilih. Surat ini merupakan konfirmasi yang menyatakan bahwa pihak universitas menyetujui riset/rencana studi Anda dan Anda memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.
  6. Rencana studi/riset yang dijelaskan secara rinci dan jelas tujuan daru studi/riset beserta kemungkinan integrasi profesional jika kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi/risetnya

Prosedur Pemohonan
Formulir pendaftaran program beasiswa 2006/2007 hanya diberikan kepada pelamar yang telah memenuhi persyaratan tersebut di atas. Untuk memperoleh formulir, pelamar harus mengirim surat permohonan singkat yang berisi keterangan dan dokumen sebagai berikut:

  1. Nama Lengkap
  2. Tanggal Lahir
  3. Bahasa asing yang dikuasai selain Bahasa Inggris (Jerman, Perancis, atau Itali; tergantung pada lokasi universitas yang dituju)
  4. Lampiran surat penerimaan dari profesor atau perguruan tinggi yang dipilih
  5. Program studi dan universitas yang dituju
  6. Lampiran rencana studi/riset
  7. Alamat korespondensi lengkap

Permintaan formulir pendaftaran beasiswa dialamatkan melalui pos atau email ke:

Embassy of Switzerland
Cultural Section
Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. X 3/2
Kuningan, Jakarta 12950
E-mail: vertretung@jak.rep.admin.ch
Homepage: www.eda.admin.ch/jakarta_emb

Sebelum tanggal 31 Oktober 2005, pelamar harus sudah mengembalikan formulir pendaftaran dilampiri lengkap dengan dokumen-dokumen pendukung ke Kedutaan Besar Swiss. Apabila semua persyaratan telah dilengkapi, pelamar akan diundang ke Kedutaan Besar Swiss, Jakarta untuk mengikuti wawancara dan ujian bahasa secara lisan dan tulisan. FCS akan mengumumkan penerima beasiswa pada bulan Mei 2006.

Catatan : Untuk staf Badan Litbang Pertanian yang berminat, harap mengirimkan lamarannya melalui Bagian Kepegawaian Badan Litbang Pertanian paling lambat tanggal 23 Oktober 2005 dengan melengkapi persyaratan-persyaratan sebagaimana mestinya. (informasi hubungi : sdm@litbang.deptan.go.id atau 021-7806202 # 162)

Informasi selengkapnya dapat dilihat di situs Kedutaan Besar Swiss untuk Indonesia :
http://www.eda.admin.ch/jakarta_emb/e/home/educa/schol.html

 

sumber: