Info Teknologi

Alat Tanam Benih Padi Drum Seeder

Teknologi tanam benih langsung (Tabela) padi memiliki beberapa keunggulan, antara lain memperpendek periode produksi padi sehingga dapat meningkatkan indeks pertanaman dan mengurangi biaya tenaga kerja untuk tanam. Teknologi Tabela dapat diterapkan pada agroekosistem sawah irigasi, sawah tadah hujan, dan lahan pasang surut/ rawa.

 

Selengkapnya

Sorgum Potensial untuk Dukung Diversifikasi Pangan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus berinovasi menggali potensi-potensi pangan lokal lainnya selain umbi-umbian, jagung dan sagu. Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) salah satu unit pelaksana teknis di bawah Balitbangtan, saat ini sedang mengembangkan sorgum sebagai salah satu komoditas pangan potensial guna mendukung program diversifikasi pangan. 

Selengkapnya

Traktor Roda Crawler Solusi Tepat Untuk Pengolahan Lahan Rawa

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) telah berhasil mengembangkan inovasi teknologi guna mendukung pengolahan lahan rawa. Teknologi tersebut adalah traktor crawler, dimana traktor ini dapat berfungsi untuk pengolahan lahan sawah atau rawa dengan implemen rotari.

Selengkapnya

Saat Musim Hujan Tanam Varietas Padi Tahan Rendaman

Varietas Inpari 30 Ciherang Sub 1 tahan terhadap rendaman air sampai 15 hari. Kalau banjir dan terendam tanaman padi ini mampu menyimpan cadangan energi selama terendam kemudian tumbuh kembali setelah air surut dan tidak mati.

Selengkapnya

Freeze-drying untuk Buah Durian Kering Berkualitas

Hasil penelitian di Laboratorium Pengolahan BB Pascapanen, buah durian kering berhasil diproduksi dengan teknik pengeringan-beku. Buah durian yang digunakan sebagai bahan baku produksi adalah varietas Matahari dan Lubuk Linggau. Pemilihan bahan baku dilakukan di tingkat petani untuk mendapatkan buah dengan tingkat kematangan yang sama.

Selengkapnya

Budena Kayu Putih

Budidaya kedelai di lahan naungan tegakan pohon kayu putih, atau dikenal dengan  Budena kayu putih, berpeluang untuk dikembangkan. Usaha tani ini menjadi salah satu solusi meningkatkan wilayah tanam kedelai yang semakin berkurang.

Selengkapnya