Info Teknologi

Sorgum SURI 3 Cocok Untuk Lahan Subur Maupun Lahan Marjinal

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitserealia) melepas salah satu varietas sorgum di tahun 2014 dengan nama SURI 3. Berdasarkan deskripsinya varietas SURI 3 potensi hasilnya mencapai 6,0 t/ha dengan kadar air (KA) 10%. Varietas sorgum SURI 3 juga tahan rebah, tahan terhadap hama aphis dan agak tahan antraknose dan bercak daun.

Selengkapnya

Oase Agrihorti, Mekar lebih Lama

Anggrek Spathoglottis atau anggrek tanah termasuk salah satu komoditas potensial hortikultura yang dikembangkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Oase Agrihorti merupakan varietas anggrek tanah hasil persilangan antara Spathoglottis Primrose dengan Spathoglottis vanoverberghii.

Selengkapnya

Inpari Arumba Si Merah Nan Wangi dan Kaya Antosianin

Inpari Arumba berasal dari galur BH39D-MR-11-1-1-6 yang merupakan hasil persilangan antara varietas padi aromatik Sintanur dengan Bahbutong yang memiliki warna beras merah dan tahan hama wereng cokelat. Produktivitasnya mencapai rata-rata 6,12 t/ha dengan potensi hasil mencapai 10,67 t/ha.

Selengkapnya

Bionematisida Bakteri Endofit Jurus Ampuh Kendalikan Nematoda

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) telah menghasilkan inovasi teknologi Biopestisida dengan nama Bionematisida Bakteri Endofit untuk pengendalian nematoda. Keunggulan dari invensi ini adalah merupakan suatu formula bionematisida ramah lingkungan yang berisi bakteri endofit untuk mengendalikan nematode parasit tanaman.

Selengkapnya

Si Cantik, Cantini Agrihorti

Cantini Agrihorti merupakan tanaman hias komoditas gerbera yang dilepas Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada tahun 2018.

Selengkapnya

Sorgum Sangat Potensial Menjadi Bahan Pokok

Salah satu komoditas pangan lokal potensial yang dapat dikembangkan adalah sorgum. Beberapa wilayah di Indonesia yang cocok ditanami sorgum antara lain adalah Jawa Tengah seperti daerah Purwodadi, Demak, Wonogiri. Lalu di Jawa Timur seperti dearah Lamongan, Bojonegoro, Tuban, dan Purbolinggo. Di luar Jawa, sorgum bisa ditanam di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selengkapnya