Info Teknologi

Ayam KUB untuk Pemeliharaan Insentif

Dalam upaya memenuhi kebutuhan teknologi perbibitan ayam kampung unggul, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengembangkan Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Ayam KUB ini adalah hasil seleksi ayam lokal di Jawa Barat selama enam generasi. Satu generasi memerlukan waktu selama 12-18 bulan. Berbeda dengan ayam kampung biasa jika dipelihara secara ektensif hanya menghasilkan 60-75 butir telur/ekor/tahun, ayam KUB bisa menghasilkan telur mencapai 160-180 butir/ekor/tahun.

Selengkapnya

Mesin Injeksi Nutrien Tingkatkan Produksi Unggas

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) bersama Balai Penelitian Ternak (Balitnak) - Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) menghasilkan inovasi baru untuk perbaikan bibit unggas melalui injeksi nutrien telur tetas ostomates atau In Ovo Feeding (IOF) menggunakan mesin secara otomatis.

Selengkapnya

Papita dan Golden Agrihorti, Duo Kentang untuk Industri French Fries

Papita dan Golden Agrihorti, dua varietas kentang unggul dari Balitbangtan yang siap meramaikan indusrti makanan berbahan baku kentang, salah satunya French fries.

Selengkapnya

Indigofera SP, Sumber Protein Murah Untuk Ternak Ruminansia

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengembangkan Indigofera SP sebagai alternatif penggunaan rumput sebagai hijauan pakan ternak. Indigofera SP adalah hijauan pakan jenis leguminosa pohon yang memiliki kualitas nutrisi yang tinggi, tahan terhadap kekeringan sehingga dapat menjadi sumber pakan untuk ternak pada musim kemarau. 

Selengkapnya

Mantap, Alternatif Padi Tahan WBC

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melepas varietas padi dengan nama Mantap tahun 2019 lalu. Varietas tersebut merupakan varietas padi sawah terbaru dengan keunggulan produksi hasil tinggi dan tahan Wereng Batang Coklat (WBC).

Selengkapnya

Potensi Pengembangan Salak Sari Intan dari Bintan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memiliki koleksi aneka buah lokal, salah satunya adalah salak. Sari Intan adalah varietas unggul salak hasil inovasi Balitbangtan yang berasal dari dan dirilis di Kabupaten Bintan. Ada tiga varietas ini yaitu Sari Intan 48, Sari Intan 295, dan Sari Intan 541.

Selengkapnya