Info Teknologi

Porang: Tanaman Asli Indonesia yang Menjajikan

Porang atau bahasa latinnya Amorphophallus oncophyllus akhir-akhir ini namanya menjadi trend sejak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor sebanyak 60 ton atau setara 1,2 milyar ke negeri China.

Selengkapnya

Potensi Gozoll Agribun sebagai Pakan Ternak Berkualitas

Indigofera zollingeriana  merupakan tanaman leguminosa pohon yang tumbuh baik di daerah tropis dan subtropics. Tanaman ini memiliki potensi sebagai pakan ternak yang berkualitas untuk dikembangkan diberbagai wilayah di Indonesia sebagai sember pakan ternak, khususnya ternak ruminansia. Tanaman ini dikenal dengan nama GOZOLL Agribun yang merupakan gabungan dari huruf  IndiGOfera ZOLLingeriana.

Selengkapnya

Kedelai Varietas Dena 2 Cocok untuk Susu Kedelai

Berdasarkan hasil penelitian, susu kedelai yang dibuat dari kedelai varietas Dena 2 memiliki keunggulan kandungan gizi yang tinggi dan mampu memenuhi preferensi konsumen. Kandungan protein susu kedelai ini mencapai 2,50% dan telah memenuhi persyaratan SNI 01-3830-1995 untuk kadar protein susu kedelai, yakni minimal 2,00% bb.

Selengkapnya

PGPI, Basis Data Genom Pertama di Indonesia

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) membuat data genomika dalam sebuah wadah bernama Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI). PGPI ini dibuat lantaran data genomika dari komoditas pertanian masih sulit ditemukan di Indonesia meskipun sudah cukup banyak disajikan oleh berbagai institusi penelitian dan pengembangan (litbang) di luar negeri.

Selengkapnya

Alpukat Prigi, SDG Kabupaten Pati

Satu lagi kekayaan sumber daya genetik (SDG) dari Jawa Tengah, yakni Alpukat Prigi dari Kabupaten Pati telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP), Kementerian Pertanian.

Selengkapnya

Santri Tani Milenial Brebes Coba Kembangkan Ayam KUB

Pertanian yang mulai kehilangan daya tarik di kalangan kaum milenial mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah. Indonesia membutuhkan generasi penerus yang handal sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, serta mampu bersaing dengan negara lain dari segi kualitas dan kontinuitas.

Selengkapnya