Info Teknologi

Prima Tani siap diterapkan di Kawasan eks-PLG

Prima Tani direncanakan dijadikan program aktif Badan Litbang Pertanian dalam mendukung rehabilitasi wilayah eks PLG. Program ini diharapkan bisa membuat percontohan dalam membuat daerah agribisnis perdesaan di kawasan tersebut.

Selengkapnya

Kunci Sukses Pengembangan Kawasan Eks PLG

Revitalisasi kawasan eks PLG yang dicanangkan akhir April lalu oleh Menko Kesra perlu dilakukan secara bertahap mengingat karakter alamnya yang heterogen dan ketersediaan fasilitas yang terbatas. Pengalaman, penelitian, dan pengembangan lahan rawa di kawasan lain yang sudah berhasil dapat dijadikan acuan sebagai prinsip-prinsip dasar untuk percepatan pengembangan kawasan eks PLG. Seperti yang diuraikan DR. M. Noor, peneliti Balittra.

Selengkapnya

Sekjen Deptan: BPTP Posisikan Diri Sebagai Konsultan Teknologi Pertanian "Gratis"

Sekretaris Jenderal Deptan mengharapkan BPTP dapat berperan sebagai konsultan di bidang iptek pertanian tanpa meminta bayaran dari masyarakat. Harapan tersebut diungkapkannya pada saat dilakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara dan Balitka, 23-25 April 2006. Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Deptan didampingi oleh Sekretaris Badan Litbang beserta rombongan.

Selengkapnya

Kegiatan Rice Check Sudah Mulai Tentukan Lokasi

Proyek Rice Check merupakan kegiatan kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dengan FAO yang berlangsung hingga tahun 2007. Proyek ini bertujuan untuk percepatan adopsi, capacity building dan pelatihan bagi kelompok tani dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani padi skala kecil. Saat ini lokasi kegiatan sudah ditentukan.

Selengkapnya

Pusat Pelayanan Informasi Pertanian Kabupaten: Upaya Meningkatkan Akses Informasi Pertanian

Akses informasi pasar dan teknologi pertanian merupakan unsur yang sangat penting untuk kelangsungan usaha tani. Informasi pertanian yang memadai dan tepat waktu dapat digunakan sebagai dasar strategi penguasaan pasar dan dasar perencanaan/pertimbangan untuk pengembangan usaha tani lebih lanjut. Berdasarkan pertimbangan tersebut melalui kegiatan pada Program Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi (P4MI) akan dibentuk Pusat Pelayanan Informasi Pertanian Kabupaten (PIPK) di 4 Kabupaten Donggala, Ende, Blora dan Temanggung.

Selengkapnya

Sarungisasi Kakao di Kabupaten Donggala Berhasil Tingkatkan Produktivitas Kakao

Serangan hama penggerek buah kakao (PBK) merupakan salah satu penyebab rendahnya produktivitas kakao. Petani di kabupaten Donggala Sulawesi Tengah menerapkan teknologi sederhana yang murah dan mudah yaitu "sarungisasi kakao" untuk mengatasi serangan hama tersebut. Dikombinasikan dengan teknik budidaya yang tepat, produktivitas kakao menjadi meningkat.

Selengkapnya