Info Teknologi

Sulawesi Selatan Kembangkan Ubijalar Ungu Varietas Antin 3

Kaya akan manfaat yang terkandung dalam ubi jalar berwarna ungu ini sehingga menarik perhatian Menteri Pertanian Amran Sulaiman agar ubi jalar tersebut dapat dikembangkan di Sulawesi Selatan. Respon positif tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Kepala Badan Litbang Pertanian dengan meminta Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) untuk mengawal pengembangan ubi jalar tersebut di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Selengkapnya

Beras Analog, Harapan dan Tantangan Bagi Ketahanan Pangan Indonesia

Salah satu hasil penelitian terkait diversifikasi pangan adalah beras analog. Beras analog adalah beras yang diolah dari bahan non-padi yang memiliki kandungan karbohidrat hampir sama atau lebih dari beras. Dihasilkan dari bahan baku selain padi, seperti singkong, sagu, jagung, dan umbi-umbian.

Selengkapnya

Tetap Tanam Kedelai di Tengah Ancaman Kekeringan Dengan Varietas DERING 1

Ancaman kekeringan akibat kemarau panjang melanda Indonesia yang mengakibatkan banyak lahan pertanian mengalami puso. Daerah terdampak fenomena kekeringan akibat musim kemarau yang panjang ini antara lain Sumatera Selatan, Jawa, Bali, NTT, dan NTB.

Selengkapnya

Spageti Sagu Diminati Industri, Siap Tembus Eropa

Tahukah Anda bahwa mie atau pasta spageti juga dapat dibuat dari beragam bahan pangan lokal Indonesia, seperti singkong dan sagu, dengan sedikit sentuhan teknologi, sekarang industri pangan pun tengah melirik peluang ini. Bahkan rencananya, akan menembus pasar Eropa.

Selengkapnya

Jeliteng, Beras Hitam Banyak Manfaat

Hingga pertengahan tahun 2019, Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melepas delapan berbagai jenis beras baru. Masing-masing memiliki ciri khas dan karateristik tersendiri sesuai dengan kegunaan seperti beras basmati, beras merah, beras ketan, hingga beras hitam.

Selengkapnya

Inpago 11 Agritan untuk Lahan Kering

Varietas unggul padi inpago yang diperuntukkan untuk lahan kering umumnya memiliki produktivitas tinggi, tahan kekeringan, tahan terhadap kondisi tanah masam serta tahan terhadap penyakit blas yang menjadi musuh terbesar petani padi gogo. Salah satu varietas padi gogo terbaru yang diluncurkan oleh Balitbangtan adalah Inpago 11 Agritan.

Selengkapnya