Info Teknologi

Mesin Pencetak Pelet Solusi Efisien Pembuatan Pakan Ternak

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) mengembangkan mesin pencetak pelet. Mesin ini berfungsi mencetak campuran bahan pakan ternak unggas yang berbentuk tepung atau butiran yang telah dicampur sebelumnya dengan menggunakan mesin mixer menjadi bentuk pelet. Penggunaan mesin pencetak pelet oleh peternak akan sangat efisien dan menghemat biaya operesional untuk pakan ternak. 

Selengkapnya

Tingkatkan Produksi Susu Sapi dengan Kalem

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) melakukan penelitian terhadap hasil samping minyak goreng dari minyak sawit. Hasil penelitian ini disebut Kalsium Lemak (Kalem). Kalem adalah hasil samping minyak goreng dari minyak sawit yang diproses menjadi butiran kering sebagai sumber suplemen energi untuk induk sapi perah yang baru melahirkan untuk meningkatkan produksi susunya.

Selengkapnya

Mandiri Benih Kedelai, Memanfaatkan Lahan Pematang dengan VUB

Benih bermutu merupakan upaya penting untuk mendukung keberhasilan usahatani. Benih bermutu memberikan manfaat bagi usahatani diantaranya kemampuan viabilitas benih yang mencakup daya kecambah dan kekuatan tumbuh benih. Lalu pertumbuhan tanaman yang seragam, rendemen lebih tinggi, mutu  hasil  lebih tinggi, dan tanaman akan mempunyai ketahanan yang  tinggi terhadap gangguan  OPT  serta adaptasi terhadap agroekosistem setempat.

Selengkapnya

Karakterisasi SDG Padi Lokal Dataran Tinggi di Kabupaten Muara Enim

Sumber Daya Genetik (SDG) yang berada di setiap sudut wilayah negara Indonesia adalah kekayaan alam yang perlu dijaga dan dilestarikan. Keberagaman ekosistem yang ada di Indonesia tentu mempengaruhi perkembangan SDG yang khas di masing-masing penjuru negeri.  

Selengkapnya

Mesin Penyimpan Buatan Balitbangtan Bikin Cabai Tahan 30 Hari

Teknologi terbaru CAS Mini otomatis, sebuah mesin penyimpan cabai berkapasitas 2-3 ton besutan Balitbangtan,  mampu menekan tingkat kerusakan hanya 10% dengan umur simpan 30 hari.

Selengkapnya

Balitbangtan Kembangkan Berbagai Inovasi Teknologi untuk Budidaya Kenaf

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memiliki berbagai inovasi teknologi untuk mengembangkan tanaman Kenaf (Hibiscus cannabinus  L). Tanaman tersebut merupakan salah satu tanaman penghasil serat selain rosela dan yute. Serat tanaman Kenaf biasa digunakan untuk bahan pembuat karung goni, karpet, tali, geotekstil, dan kerajinan tangan.

Selengkapnya