Info Teknologi

Monitoring Panen Berbasis Virtual

Salah satu dukungan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) untuk kinerja Kementan adalah sistem informasi standing crop. Sistem ini menyajikan gambaran real time fase pertumbuhan di lapangan yang diterjemahkan melalui data satelit. Saat ini terdapat data satelit Sentinel-2 dengan resolusi 10 meter X 10 meter dengan frekuensi 5-harian.

Selengkapnya

Inpari 48 Blas, Alternatif VUB Tahan Blas

Pada awal tahun 2020 Badan Penenelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melepas varietas unggul baru (VUB) padi Inpari 48 Blas. Jenis ini merupakan hasil persilangan varietas yang tahan wereng coklat dengan varietas lokal Omas yang mempunyai ketahanan terhadap penyakit blas daun. Varietas ini memiliki ketahanan wereng coklat yang lebih baik daripada Inpari 30, Inpari 32, dan Inpari 43.

Selengkapnya

TAKESI Cegah Keterlambatan Penanganan Penyakit pada Ternak

TAKESI adalah aplikasi informasi kesehatan sapi berbasis android yang dapat diakses secara GRATIS menggunakan ponsel. Dalam pengembangannya, aplikasi ini melibatkan para ahli yang berkompeten di bidang Kesehatan hewan, termasuk para praktisi di lapang.

Selengkapnya

Direct Seeding Jarwo Riding, Tekan Biaya Produksi dan Solusi Keterbatasan SDM

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menghasilkan berbagai prototipe alat dan mesin pertanian (alsintan), salah satunya adalah direct seeding jarwo tipe riding. Mesin penanam benih padi ini merupakan mesin penanam dengan menggunakan benih langsung tanpa disemai terlebih dahulu, tidak seperti halnya pada mesin riding transplanter.

Selengkapnya

Kacang lezat, Jambu Mete Varietas Balakrisnan 02 (B02)

Varietas Galur ini mampu berproduksi 10,5 buah per tandan dengan produksi kacang mete rata-rata 9,01 kg per pohon per tahun. Galur ini tahan terhadap hama Helopeltis sp. dan dilepas dengan nama Balakrisnan 02 (B 02) pada tahun 2007. Jambu mete varietas B 02 sudah dapat dikembangkan oleh pihak swasta. Diharapkan dapat menyediakan benih pada wilayah sentra produksi meliputi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara,  Maluku Tenggara, Jawa Timur (Madura), Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selengkapnya

Arshanti Agrihorti, Krisan dengan Vase Life Panjang

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melepas berbagai varietas bunga atau tanaman hias. Salah satunya adalah Krisan yang selama tahun 2019 lalu telah dilepas enam Krisan unggul baru. Satu diantaranya adalah Arshanti Agrihorti.

Selengkapnya