Info Teknologi

Jaga Imunitas Tubuh dengan Jahe Merah

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) telah menghasilkan varietas unggul jahe merah yaitu Jahe Merah Varietas Jahira 1 dan Jahira 2. Keduanya dilepas tahun 2007 silam.

Selengkapnya

Biobestari Agritan, Padi Gogo dengan Produktivitas Diatas Rata-rata

Tahun ini Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melepas sejumlah varietas unggul baru, salah satunya Biobestari Agritan. Biobestari merupakan padi gogo yang memiliki produktivitas rata-rata 5,8 ton/ha dan potensi hasil sekitar 7,5 ton/hektar. Selain produktivitas dan potensi hasil yang tinggi, VUB ini juga memiliki kelebihan ketahanan terhadap penyakit hawar daun bakteri (HDB), tahan penyakit blas, toleran terhadap keracunan alumunium serta toleran kekeringan.

Selengkapnya

Dua Varietas Balitbangtan Jawaban untuk Meningkatkan Produktivitas Ubi Kayu di Indonesia

Ubi kayu merupakan komoditas pangan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Harapan kedepannya ubi kayu harus bisa menjadi komoditas strategis nasional selain padi, jagung, dan kedelai.

Selengkapnya

Budidaya Salak dan Pisang, Satu Lahan Dua Keuntungan

Sejak tahun 2019, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah mengembangkan budidaya Salak Sari Intan dan Pisang Kepok di Kebun Balai Benih Induk (BBI) Provinsi Kepri.  Dalam setahun, pohon pisang kepok dapat dipanen 2-3 kali.  Petani yang melakukan model budidaya tersebut diharapkan bisa mengambil keuntungan dari panen  pisang kepok sebelum salak mulai berbuah.

Selengkapnya

Varisha Agrihorti, Produk Krisan Pot Terbaru Balitbangtan

Balitbangtan melepas dua varietas krisan pot yakni Cyra Agrihorti dan Varisha Agrihorti. Keunggulan yang dimiliki keduanya antara lain adanya perpaduan warna kuntum bunga yang kontras antara warna bunga pita ungu tua dengan warna piringan bunga kuning. Selain itu, dapat dibudidayakan tanpa zat penghambat tumbuh/alar sebagaimana krisan pot pada umumnya.

Selengkapnya

Tetap Manis dan Menarik Berkat Degreening

Balitbangtan melalui Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) telah mengembangkan teknologi degreening untuk buah jeruk, yang diujicobakan pada varietas keprok varietas Batu-55. Selain menggunakan gas etilen selama 24 jam dan pengaturan suhu penyimpanan, juga dikembangkan ruang pemeraman berkapasitas besar. Ruang pemeraman ini ditujukan untuk aplikasi teknologi degreening skala besar di Packing House.

Selengkapnya