Info Teknologi

Balitbangtan Rakit Calon Varietas Padi Gogo, Ini Kelebihannya

Balitbangtan tengah merakit calon varietas padi gogo atau padi lahan kering. Kelebihan padi ini terletak pada produktivitas rata-rata lebih dari 5 ton per hektar dan potensi hasil mencapai 8,7 ton per hektar. Calon varietas ini juga tahan terhadap penyakit blas, toleran terhadap keracunan aluminium serta toleran kekeringan.

Selengkapnya

Monita Agrihorti si Manis Asam Segar

Jeruk merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi karena rasanya yang segar dan merupakan salah satu sumber vitamin C alami. Indonesia juga kaya akan sumber daya genetik jeruk serta memiliki beragam varian jeruk lokal. Mulai dari Siam, Keprok, Manis, Nipis.

Selengkapnya

Varietas Rindang 1 dan Rindang 2 Tahan Naungan dan Kekeringan

Salah satu alternatif untuk tetap dapat meningkatkan produksi pangan khususnya padi di lahan naungan adalah dengan pengembangan padi gogo ekosistim lahan kering. Selama ini padi gogo banyak dibudidayakan petani pada lahan datar (tradisional), kawasan perbukitan daerah aliran sungai (DAS), dan sebagai tanaman tumpangsari dengan tanaman keras seperti tanaman perkebunan muda dan pada program peremajaan hutan.

Selengkapnya

Kraton Agrihorti, Cocok untuk Rootstock

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) telah menghasilkan berbagai varietas unggul baru buah tropika seperti mangga. Mangga terbaru sebagai alternatif konsumsi buah lokal yaitu mangga Kraton Agrihorti.

Selengkapnya

Buku Saku untuk Penanganan Fall Armyworm (FAW)

Untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas lagi, Badan Litbang Pertanian telah menyusun buku saku yang berisikan informasi tentang Fall Armyworm serta teknologi praktis untuk pengendaliannya. Buku saku diharapkan menjadi pedoman bagi pemerhati bidang perlindungan tanaman, penyuluh, peneliti, pengamat hama serta stakeholder terkait lainnya. Dengan kehadiran buku saku ini diharapkan menjadi rujukan dalam kegiatan pemantauan hama FAW serta metode pengendalian yang tepat dilakukan.

Selengkapnya

Pemanfaatan Tanah Gambut untuk Perkebunan

Tanah gambut terbentuk karena pengenangan lahan yang bervegetasi dalam jangka waktu yang lama, atau lahan dengan drainase yang terhambat. Pemanfaatan tanah gambut harus mengikuti kaedah-kaedah seperti tanah harus tetap lembab, selalu digenangi air dan perlu pembenahan tanah, karena pH yang rendah dan miskin unsur hara.

Selengkapnya