Info Teknologi

Marmalade, Sensasi Menyantap Kulit Jeruk Tanpa Pahit

 

Bisakah menyantap buah jeruk dengan kulitnya tanpa rasa pahit? Inovasi marmalade karya peneliti Balitbangtan mampu menyulap rasa pahit kulit jeruk yang kaya senyawa flavonoid dan limonoid menjadi semanis gula.

 

Selengkapnya

Mesin Pencampur (Mixer) Bahan Pakan Ternak Dilengkapi Silo

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) mengembangkan Mesin Pencampur (Mixer) Bahan Pakan Ternak Dilengkapi Silo, Mesin mixer  ini berfungsi untuk mencampur beberapa bahan baku pembuat pakan ternak yang telah ditepungkan atau dalam bentuk butiran menjadi campuran yang seragam dan homogen.

Selengkapnya

Suplai Vitamin C dengan Pepaya Carmina

Asupan vitamin C dengan mengkonsumsi buah pepaya varietas Carmina. Ukuran buah kecil, cocok untuk satu orang (one man one fruit). Bobot buah 500-1.500 gram, panjang 17-24 cm, lingkar 25-40 cm, ketebalan 2,0-4,2 cm, aromanya harus, tekstur daging buah masak sedang, kekerasan kulit buah masak 0,7-0,8 kg per cm².

Selengkapnya

Tingkatkan Produktivitas Tanaman Jagung di Lahan Marjinal dengan Teknologi Biomol

Penggunaan teknologi biomol dari limbah sayuran pada budidaya tanaman jagung dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Teknologi ini ternyata mampu meningkatkan produktivitas jagung di lahan eks tambang bauksit Kabupeten Bintan.

Selengkapnya

Penepung Biji Disk Mill dengan Screw Conveyor

Tepung merupakan salah satu bahan pangan setengah jadi yang pemanfaatannya cukup luas baik untuk sektor pangan, pakan atau bahan baku industri lainnya. Salah satu metode proses produksi tepung yang umum dilakukan adalah dengan pengecilan dan penyeragaman ukuran bahan-bahan tepung. Beberapa jenis mesin penepung telah berkembang di pasaran, biasanya menggunakan mesin penepung tipe hammer mill ataupun disk mill. Selain tipe mesin, bahan konstruksi mesin juga perlu dipertimbangkan dalam penggunaan mesin pertanian.

Selengkapnya

Silase Kulit Buah Kakao, Pakan Alternatif Pengganti Rumput

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) melakukan penelitian terhadap potensi KBK sebagai pakan alternatif pengganti rumput. Pakan KBK yang dibuat silase memiliki kelebihan antara lain dapat langsung diberikan, lebih palatable(disukai ternak), umur simpan silase KBK dalam kondisi anaerob mencapai empat bulan, tidak memerlukan proses pengeringan sehingga hemat waktu dan tenaga dan mudah diaplikasikan dilapang baik oleh peternak kecil maupun besar.

Selengkapnya