Info Teknologi

Inovasi Benih TSS Bawang Merah Mulai Dikembangkan di Bengkulu

Selama dua hari (15-16/11/2019), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Bengkulu mendampingi Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Bawang dan Sayuran Umbi, Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat, Direktorat Jenderal Hortikultura, Ir. Dessi Rahmaniar, MSi, melakukan monitoring dan evaluasi lapang progres pelaksanaan kegiatan pengembangan bawang merah menggunakan benih asal umbi dan asal biji (True Shallot Seed/TSS). Kegiatan tersebut dilakukan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong.

Selengkapnya

Pengembangan Tanaman Pakan Ternak di Lahan Bekas Tambang Timah

Pengembangan ternak ruminansia dipengaruhi oleh ketersediaan hijauan pakan. Alokasi lahan untuk produksi hijauan biasanya pada lahan marjinal. Lahan bekas tambang merupakan salah satu alternative sumberdaya lahan  yang dapat digunakan untuk budidaya Tanaman Pakan Ternak(TPT) .

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) melakukan penelitian mengenai pengembangan tanaman pakan ternak di lahan bekas tambang timah. Lokasi penelitian adalah lahan bekas tambang timah di Bukit Kijang, Bangka Tengah.

Selengkapnya

Porang: Tanaman Asli Indonesia yang Menjajikan

Porang atau bahasa latinnya Amorphophallus oncophyllus akhir-akhir ini namanya menjadi trend sejak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor sebanyak 60 ton atau setara 1,2 milyar ke negeri China.

Selengkapnya

Potensi Gozoll Agribun sebagai Pakan Ternak Berkualitas

Indigofera zollingeriana  merupakan tanaman leguminosa pohon yang tumbuh baik di daerah tropis dan subtropics. Tanaman ini memiliki potensi sebagai pakan ternak yang berkualitas untuk dikembangkan diberbagai wilayah di Indonesia sebagai sember pakan ternak, khususnya ternak ruminansia. Tanaman ini dikenal dengan nama GOZOLL Agribun yang merupakan gabungan dari huruf  IndiGOfera ZOLLingeriana.

Selengkapnya

Kedelai Varietas Dena 2 Cocok untuk Susu Kedelai

Berdasarkan hasil penelitian, susu kedelai yang dibuat dari kedelai varietas Dena 2 memiliki keunggulan kandungan gizi yang tinggi dan mampu memenuhi preferensi konsumen. Kandungan protein susu kedelai ini mencapai 2,50% dan telah memenuhi persyaratan SNI 01-3830-1995 untuk kadar protein susu kedelai, yakni minimal 2,00% bb.

Selengkapnya

PGPI, Basis Data Genom Pertama di Indonesia

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) membuat data genomika dalam sebuah wadah bernama Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI). PGPI ini dibuat lantaran data genomika dari komoditas pertanian masih sulit ditemukan di Indonesia meskipun sudah cukup banyak disajikan oleh berbagai institusi penelitian dan pengembangan (litbang) di luar negeri.

Selengkapnya