Info Teknologi

Balitbangtan Lepas Dua Varietas Kedelai Toleran Kekeringan

Pada bulan Juni 2019 telah dilepas, sesuai dengan namanya varietas yang toleran kekeringan, maka kedua varietas tersebut oleh penelitinya dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi diberi nama Dering 2 dan Dering 3. 

Selengkapnya

Kekayaan SDG Jeruk Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan dan keragaman sumber daya genetik jeruk yang cukup besar yang tersebar di berbagai daerah. Sebagian Kekayaan Sumber Daya Genetik (SDG) ini telah tersimpan dan dikelola Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan),  Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro).

Selengkapnya

Demfarm untuk Lahan Terdampak Kekeringan

Memasuki musim tanam kedua tahun ini, petani banyak dihadapkan pada masalah kekeringan. Salah satunya di sentra penghasil beras Wilayah Jawa Barat yang tak luput dari ancaman ini. Balitbangtan bersama Ditjen Tanaman Pangan dalam mengatisipasi kekeringan tersebut akan melaksanakan Demfarm tanaman jagung-kedelai.

Selengkapnya

Nata de Whey, Alternatif Pangan Fungsional

Whey (atau laktoserum) adalah cairan semitransparan yang tertinggal selama proses pengendapan dalam pembuatan keju. Whey memiliki warna kuning-kehijauan, rasa yang sedikit asam, dengan aroma yang agak harum.

Selengkapnya

Antisipasi Musim Kemarau dengan Varietas Tanaman Pangan Adaptif

Menghadapi perubahan iklim tersebut bagi Badan Litbang Pertanian bukanlah hal yang asing karena berbagai penelitian untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim telah dihasilkan. Salah satunya adalah dengan dilepasnya varietas unggul padi, jagung, dan kedelai yang toleran terhadap kekeringan.

Selengkapnya

Domba Bahtera Agrinak untuk Pemeliharaan Semi Intensif

Domba Bahtera Agrinak merupakan Domba unggul hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Puslitbangnak. Domba ini merupakan rumpun persilangan untuk pemeliharaan semi intensif. Pemuliaan rumpun ini dilatarbelakangi oleh potensi sumbangan usaha ternak yang cukup besar bagi rumah tangga selama ini meskipun kebanyakan masih dilakukan secara tradisional. Oleh karenannya, potensi pengembangannya cukup besar.

Selengkapnya