Info Teknologi

Daging Sapi Bali Jantan Rendah Lemak dengan Pakan Berbasis Sawit

Pengembangbiakan atau pembesaran sapi potong akan lebih menguntungkan apabila terintegrasi dengan sektor pertanian/perkebunan dan agroindustrinya. Pemeliharaan dengan pakan terintegrasi adalah manajemen beternak sapi yang saling menopang dan memberi manfaat. Misalnya, sapi potong diberi pakan dari hasil samping pertanian seperti jerami atau dedak padi, lalu lahan pertanian menerima manfaat pupuk dari kotoran sapi.

Selengkapnya

Tingkatkan Produksi Kedelai dengan Tumpangsari di Lahan Kering Beriklim Kering

Pada lahan kering beriklim kering, mayoritas petani lebih memilih untuk budi daya tanaman jagung sebagai sumber pendapatan. Mengingat dari segi kesuburan tanah lahan kering di wilayah beriklim kering umumnya relatif subur. Oleh karena itu, selain jagung kedelai juga  sangat berpeluang dikembangkan pada lahan kering beriklim kering untuk menambah pendapatan petani.

Selengkapnya

Rasa Nikmat dan Warna Menarik, Banyak Manfaat Alpukat Bagi Tubuh

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu) telah menghasilkan varietas unggul alpukat. Salah satunya yaitu Mega Murapi.

Selengkapnya

Gewang, Tanaman Multi Manfaat

Tanaman Gewang (Corypha utan) merupakan tanaman palma yang multimanfaat, karena semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan. Batang dapat menjadi substitusi tepung, biji gewang dapat dijadikan aksesoris dan juga sebagai penangkap ikan karena memiliki efek toksik yang tinggi. Tanaman gewang merupakan tumbuhan endemik dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan penting bagi masyarakat setempat.

Selengkapnya

Teknologi Panen dan Pasca Panen Benih Kedelai

Benih kedelai merupakan salah satu benih yang mudah turun kualitasnya. Penurunan kualitas tersebut diakibatkan oleh dua faktor yaitu kesalahan dalam penanganan benih dan penyimpanan. Faktor kesalahan dalam penanganan benih masih bisa diminimalisir, karena pada umumnya penangkar atau petani telah memiliki pengetahuan dalam memproduksi benih.

Selengkapnya

Teknologi Pengolahan Balitbangtan Tingkatkan Konsumsi Pisang

Pengembangan olahan pisang merupakan bagian dari fokus Balitbangtan dalam pengembangan diversifikasi pangan. Terdapat enam komoditas alternatif pengganti beras yaitu singkong, jagung, talas, kentang sagu, dan pisang. Kandungan karbohidrat di enam komoditas ini tidak kalah dengan kandungan beras.

Selengkapnya