Kerjasama » KKP3N

Jenis Kerjasama:KKP3N
Tahun:2013
Judul:PENENTUAN WAKTU TANAM DAN ESTIMASI HASIL BERDASARKAN PREDIKSI CURAH HUJAN MUSIMAN ANSAMBEL UNTUK ANTISIPASI RISIKO KEKERINGAN PADA TANAMAN PADI SAWAH
Ringkasan:

Pengetahuan tentang iklim sangat membantu petani dalam merencanakn kegiatan pertanian dan pilihan teknologi. Jika kekeringan dapat diprediksi, maka petani dapat mempersiapkan teknologi yang adaptif kekeringan. Petani juga dapat memilih untuk tidak menanam untuk menghindari kerugian akibat kekeringan. Penelitian bertujuan mengembangkan metode penentuan waktu tanam dan estimasi hasil padi dengan risiko gagal panen minimum menggunakan prediksi musiman ansambel yang bersifat probabilistik dan dapat dikuantifikasi. Kemampuan model prediksi musiman dianalisis dengan ROC dan peluang optimal untuk pegambilan keputusan menggunakan Youden’s Index. Akurasi prediksi pada peluang optimal dianalisis menggunakan metode Propotion Correct (PC). Hasil penelitian menunjukkan, curah hujan dan debit dapat menggambarkan keragaman indeks kekeringan padi (IKP) dengan baik, batas kritis curah hujan untuk menentukan terjadinya kekeringan pada sawah irigasi dan tadah hujan. Metode constructed analog dengan prediktor angin U850 mb berpotensi untuk diterapkan untuk prediksi curah hujan di wilayah Indonesia, dengan prediksi yang cukup tinggi berkisar antara 60-80%. Prediksi batas kritis curah hujan menggunakan prediksi musiman ansambel menghasilkan prediksi kekeringan yang dapat dikuantifikasi probabilitasnya. Peluang optimal pengambilan keputusan berkisar 40-60% untuk di atas batas kritis dan 20-50% di bawah batas kritis, dengan akurasi berkisar antara 44-75%. Penggunaan prediksi curah hujan musiman, dapat memperpanjang lead time prediksi, yaitu batas kritis curah hujan Maret dan Juni dapat diprediksi bulan Januari dan April. Lead time 2 bulan dari waktu tanam menyediakan cukup waktu untuk menyusun strategi dan mempersiapkan sarana dan prasarana tanam pada musim tanam berikutnya. Dengan menggunakan prediksi musiman ansambel dapat dikuantifikasi peluang terjadi kekeringan pada tanaman padi MK1 dan MK2.

Penanggung Jawab:

Tri Wahyu Hadi1), Kasdi Subagyono2), Elza Surmaini2), Noersomadi3)

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
  3. Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Download: PENENTUAN WAKTU TANAM DAN ESTIMASI HASIL BERDASARKAN PREDIKSI CURAH HUJAN MUSIMAN: PENENTUAN-WAKTU-TANAM-DAN-.pdf (220,2 KB)