SDM Profesional » Drs. Amlius Thalib, Ph.D.

Satuan Kerja:Balai Penelitian Ternak
Pendidikan:S3
Jabatan:Peneliti Utama
Bidang Penelitian:Pakan dan Nutrisi Ternak
Komoditas:Ruminansia Besar

Profil

Prof. (Riset). Dr. Amlius Thalib adalah peneliti utama di bidang pakan dan nutrisi ternak, pada kelompok peneliti di Balai Penelitian Ternak.

Sebagai peneliti, Thalib telah menghasilkan 94 tulisan yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, prosiding, majalah semi populer, dan publikasi ilmiah lainnya.

Thalib memperoleh gelar Sarjana Muda (SM) pada tahun 1971 dan Sarjana (S1) tahun 1974 pada Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas Padang. Pada tahun 1985 memperoleh gelar PhD dari University of New South Wales, Australia.

Pada tahun 2010 sampai memasuki masa purnabakti ditugaskan sebagai DELRI dalam rapat-rapat GRA-Livestock Research Group. Pada 7 Juni 2011 menjadi pembicara undangan Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan veteriner di Bogor dan pada 21 Juni 2011 dalam Seminar Evaluasi dan Semiloka Perbibitan Kerbau Nasional VII di Samarinda.

Jenjang fungsional Ahli Peneliti Utama -diperoleh tahun 2010. Dikukuhkan sebagai Profesor Riset pada 10 Juni 2013 setelah menyampaikan orasi dengan judul: Inovasi Teknologi Pakan untuk Meningkatkan Produktivitas dan Mitigasi Metana Enterik pada Ternak Ruminansia, Dia merupakan Profesor Riset ke-108 Badan Litbang Pertanian atau ke-400.

Penghargaan yang pernah diterima Thalib adalah: Lubis award dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan tahun 2002; dan penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun dari Pemerintah RI pada tahun 2006.

Amlius Thalib saat ini telah menjalani masa purnabakti (pensiun) pada 1 Desember 2013.