SDM Profesional » Prof. (Riset). Dr. Deciyanto Soetopo, MS.

Prof. (Riset). Dr. Deciyanto Soetopo, MS.
Nama:Prof. (Riset). Dr. Deciyanto Soetopo, MS.
Unit Kerja:Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan
Pendidikan:S3
Jab. Fungsional:Profesor Riset
Bidang Penelitian:Hama dan Penyakit Tanaman
KomoditasLada, Tanaman Rempah, Aneka Tanaman Perkebunan

Profil

Prof. (Riset). Dr. Deciyanto Soetopo, MS. adalah Peneliti Utama dibidang penelitian Entomologi (Hama dan Penyakit Tanaman), saat ini bekerja pada kelompok peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan.

Sebagai peneliti Deciyanto Soetopo telah menghasilkan karya tulis ilmiah sebanyak 104 judul, dalam bahasa Indonesia dan Inggris, terutama berkaitan dengan komoditas lada dan kapas, baik sebagai penulis tunggal maupun co-author, serta aktif mengikuti seminar dan pertemuan baik di dalam maupun luar negeri.

Deciyanto memperoleh gelar sarjana pertanian dari jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan pada tahun 1978, dengan fokus studi pada hama tanaman kubis dan teh. Gelar Magister Sains (MS) jurusan Entomologi Pertanian diperoleh pada tahun 1984 dari Institut Pertanian Bogor, dengan fokus thesis hama lada. Pendidikan doctoral (Ph.D.) ditempuh di University of the Philippines Los Banos,Philippines dan diselesaikan pada tahun 2004, dengan fokus studi pada pengendalian hayati hama kapas.

Selama bekerja Deciyanto pernah menduduki jabatan struktural antara lain; sebagai Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau tahun 2004 – 2005, Sebagai Kepala Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat (Balittas), Malang, Jawa Timur, Pada tahun 2005 – 2010.

Jabatan lain terkait dengan profesinya yang pernah diemban Deciyanto antara lain; sebagai ketua Komisi Naskah Balittro (1995 – 1999), ketua/anggota Editor Warta Penelitian TRO (1988 – 1995) dan Warta Penelitian Tanaman Industri (1999 – 2001), ketua/anggota editor beberapa jurnal penelitian (Journal of Spice and Medicinal Crops Research-berbahasa inggris, Buletin Littro, Edisi Khusus Littro, Jurnal Litbangtri/bun), dan Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, ketua/anggota editor 25 prosiding ilmiah, dan pengurus/anggota beberapa organisasi profesi ilmiah dan kemasyarakatan (Perhimpunan Entomologi Indonesia, Masyarakat Rempah Indonesia, Perhimpunan Perlindungan Tanaman Indonesia, Perhimpunan Pengendalian Hayati).

Jenjang jabatan fungsional Ahli Peneliti Utama pada bidang hama tanaman dicapai pada tahun 2008 dan dikukuhkan sebagai Profesor Riset Bidang Hama Tanaman pada tahun 2010 dengan orasi berjudul ”Pengendalian Penggerek Batang Lada Menghadapi Isu Pembatasan Residu Pestisida”.

Penghargaan yang pernah diperoleh Deciyanto adalah:sebagai pemakalah terbaik kedua dalam International Conference on Crops Security 2005 (ICCS2005), Agriculture Faculty, Brawijaya University Malang.

Deciyanto, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Jl. Tentara Pelajar 1, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor 16111 - Jawa Barat Telp: 0251 - 8313083,8336194,8329305 Fax: 0251 – 8336194 E-Mail: deciyantos@yahoo.com