SDM Profesional » Prof. (Riset). Dr. Ir. Marwoto, M.S.

Prof. (Riset). Dr. Ir. Marwoto, M.S.
Nama:Prof. (Riset). Dr. Ir. Marwoto, M.S.
Unit Kerja:Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi
Pendidikan:S3
Jab. Fungsional:Profesor Riset
Bidang Penelitian:Hama dan Penyakit Tanaman
E-mail:balitkabi@litbang.pertanian.go.id, marwoto_kabi@yahoo.co.id
KomoditasKacang Kedelai

Profil

Prof. (Riset). Dr. Ir. Marwoto, M.S. adalah Peneliti utama dalam bidang hama dan penyakit tanaman, saat ini bekerja pada Kelompok Peneliti Hama dan Penyakit di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), Malang, Jawa Timur.

Selama berkarir sebagai peneliti, Marwoto telah menghasilkan lebih dari 140 karya tulis ilmiah (KTI) yang ditulis sendiri atau bersama peneliti lain, yang dipublikasikan dalam jurnal, prosiding atau buku, baik yang bertaraf internasional maupun nasional.

Hasil penelitian yang bersangkutan: pemanfaatan parasitoid Trychogramma bactrae-bactrae untuk mengendalikan hama penggerek polong kedelai, penentuan ambang kendali hama kedelai, panduan pengelolaan tanaman terpadu pada tanaman kedelai, kacang tanah dan kacang hijau .

Marwoto mengawali pendidikan tingginya di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (Ir., 1978), dan gelar magister sain diperoleh dari Fakultas Pascasarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta (MS, 1983). Pendidikan S-3 diselesaikan di Universitas Brawijaya pada tahun 2001, dengan indeks prestasi kumulatif yang cukup baik (GPA 3,6).

Selama bekerja, Marwoto telah mengikuti berbagai pelatihan di dalam maupun luar negeri, a.l. Pelatihan Pola Bertanam (SFCDP-CRIF) di Bogor, tahun 1978, Training Course Rice Garden di IRRI Los Banos Philippine, tahun 1983, Training Course Integrated Management of Legumes Pests Joint Organized by AARD, ACIAR and ICRISAT di Malang, tahun 1987, Komunikasi Hasil Pertanian, di Ciawi. 1987, Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Parasitoid (Exploration, Identification, Mass Production and Field Release) tahun 2000 di IPB Bogor, dan Pengembangan Riset manajemen Bagi Peneliti Senior di BLPP Ciawi tahun 2000.

Di tingkat nasional, Marwoto sangat sering diundang sebagai pemakalah undangan, nara sumber atau pembicara dalam berbagai seminar, workshop, atau forum ilmiah lainnya. Ia juga aktif bekerjasama dengan berbagai Kementerian atau LPND, seperti: Ristek, Diknas, dan LIPI. Kerjasama dengan perguruan tinggi sebagai pengajar tidak tetap, pembimbing S1, S2 dan S3, penguji S3, redaksi majalah ilmiah dan kegiatan penelitian telah dilakukan dengan IPB, Universitas Erlangga, Universitas Brawijaya, serta beberapa perguruan tinggi swasta di Malang dan Jawa Timur.

Selain sebagai peneliti, Marwoto juga pernah aktif dalam kelembagaan internal Balitkabi maupun Organisasi yaitu: Anggota tim Peneliti Proyek Cropping System di Madura CRIF-IRRI tahun 1978 – 1979, Ketua Kelti Pola Tanam di Balai Penelitian Tanaman Pangan 1985 – 1986, Ketua Perhimpunan Entomologi Cabang Malang, 1997 – 2003, Ketua Perhimpunan Entomologi Cabang Malang, 2003 – 2008, Anggota Dewan Redaksi Jurnal Penelitian Pertanian Tanaman Pangan, Puslitbangtan Pangan Bogor 2003 – 2006, Ketua Kelompok Peneliti Hama dan Penyakit di Balitkabi 2002 sampai 2004, Ketua program Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, tahun 2005 – sampai sekarang, Nara Sumber Pelatihan TOT SL-PTT Nasional, Departeman Pertanian, di Jawa Timur, 2008, dsb. Pada tahun 2000 telah mencapai Ahli Peneliti Utama (APU). Gelar Profesor Riset diperoleh pada tahun 2006, dengan judul orasi “Prospek Parasitoid Trichogrammatoidea Bactrae-bactrae Nagaraja (Hymenoptera) sebagai Agens Hayati Pengendali Hama Penggerek Polong Kedelai Etiella zinckenella Treit”, yang bersangkutan merupakan Profesor Riset yang kelima di Balai Penelitian Tanaman Kacang- kacangan dan Umbi-umbian.

Penghargaan yang pernah diperoleh Marwoto sebagai pengabdiannya pada bidang penelitian adalah: Peneliti Berprestasi di Balai Penelitian Tanaman Pangan tahun 1989; Peneliti Berprestasi di BALITKABI, Malang, tahun 1997 dan Peneliti Berprestasi Badan Litbang Pertanian, tahun 2007.

Marwoto, Balitkabi Malang, Jl. Raya Kendalpayak, Pakisaji Malang 65101. Telpon: 0341-801468; Faksimile: 0341-801-496. E-mail: marwoto_kabi@yahoo.co.id