Publikasi » Jurnal

  • Analisis Kebijakan Pertanian

    Analisis Kebijakan Pertanian (AKP) adalah media jurnal ilmiah yang membahas isu aktual pembangunan pertanian yang memuat artikel analisis kebijakan respontif dan antisipatif pertanian daerah dan nasional. AKP pertama kali terbit pada tahun 2003 yang dalam setahun terbit empat kali. Mulai tahun 2013, AKP terbit dua (2) kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
    Diterbitkan oleh: Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

  • Indonesian Journal of Agricultural Science

    Indonesian Journal of Agricultural Science (ISSN 1411-982X; E-ISSN 2354-8509) is previously published as Indonesian Journal of Crop Science (1985 - 1999). This journal is published in one volume of two issues per year by the Indonesian Agency for Agriculture Research and Development. The language used in this journal is English. The journal will consider primary research papers from any source if they make an original contribution to the experimental or theoretical understanding and application of theories and methodologies of some aspects of agricultural science in Indonesia including:Soil science, Climate science, Agronomy, Plant breeding, Biotechnology, Genetic resources, Animal Science, Veterinary Science, Horticulture, Plant pathology, Plant Physiology, Pest and disease, Entomology, Farming System, Postharvest technology, Socio-economic Agriculture, Environment, Agricultural Mechanization, Agricultural extension. Relevant negative evidence will also be considered if it contradicts current theories, or if it is likely to prevent fruitless work by future investigators.
    Diterbitkan oleh: Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian

  • Indonesian Journal of Animal and Veterinary Sciences

    IJAVS is a peer-reviewed, scientific journal published by Indonesian Center for Animal Research and Development (ICARD)/  Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak). The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of animal and veterinary science. It was first published in 1995. This journal has been registered in the CrossRef system with Digital Object Identifier (DOI) prefix 10.14334. IJAVS publishes four (4) times a year on March, June, September, December.
    Diterbitkan oleh: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan

  • Informatika Pertanian

    Jurnal Informatika Pertanian adalah Jurnal ilmiah untuk mempromosikan dan memperluas cakupan pemanfaatan metodologi matematika dan statistika serta teknologi informasi dalam penelitian dan pengembangan pertanian dengan menjelaskan dan memberi contoh pengembangan metode-metode tersebut serta penerapannya. Informatika Pertanian terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember, terbit sejak tahun 1991.
    Diterbitkan oleh: Sekretariat Badan

  • Jurnal AgroBiogen

    Jurnal ini memuat artikel primer dan tinjauan hasil penelitian bioteknologi dan sumber daya genetik tanaman, serangga, dan mikroba pertanian. Naskah yang diterima berupa hasil penelitian lengkap atau tinjauan yang belum pernah dipublikasi. Jurnal AgroBiogen terbit dua (2) kali setahun pada bulan Juni dan Desember.
    Diterbitkan oleh: Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian

  • Jurnal Agro Ekonomi

    Jurnal Agro Ekonomi (JAE) adalah media ilmiah primer penyebaran hasil-hasil penelitian sosial-ekonomi pertanian dengan misi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan profesional para ahli sosial ekonomi pertanian serta informasi bagi pengambil kebijakan, pelaku, dan pemerhati pembangunan pertanian dan perdesaan. JAE diterbitkan oleh Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) dua (2) nomor dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober.
    Diterbitkan oleh: Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

  • Jurnal Enjiniring Pertanian

    Jurnal Enjiniring Pertanian (JEP) menjadi pintu pertama bagi para peneliti dan perekayasa Mekanisasi Pertanian untuk menampilkan hasil penelitian/ perekayasaan secara profesional dan memiliki daya saing ilmiah; dan dapat dipersandingkan dengan Jurnal sejenis baik di dalam maupun di luar negeri. Jurnal ini terbit dua (2) kali dalam setahun di bulan April dan Oktober.
    Diterbitkan oleh: Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

  • Jurnal Hortikultura

    Jurnal Hortikultura (J.Hort)  memuat artikel primer yang bersumber dari hasil penelitian hortikultura, yaitu tanaman sayuran, tanaman hias, tanaman buah tropika maupun subtropika. Jurnal Hortikultura  diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti), Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Sesuai dengan kebijakan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, mulai volume 26 tahun 2016, Jurnal Hortikultura terbit dua (2) nomor per tahun, yaitu bulan Juni dan Desember.
    Diterbitkan oleh: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura

  • Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian

    Jurnal ini memuat artikel tinjauan (review) mengenai hasil-hasil penelitian yang telah diterbitkan, dikaitkan dengan teori, evaluasi hasil penelitian lain, dengan atau ketentuan kebijakan, dan ditujukan kepada pengambil kebijakan sebagai bahan pengambilan keputusan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian mulai tahun 2017 terbit 2 (dua) kali per tahun pada bulan Juni, dan Desember oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.
    Diterbitkan oleh: Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian

  • Jurnal Penelitian Pascapanen Pertanian

    Jurnal Penelitian Pascapanen Pertanian (J. Pascapanen) memuat artikel primer yang bersumber dari hasil penelitian pascapanen pertanian. Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian menjalin kerjasama dengan Indonesian Food Technologist dan Universitas Diponegoro Semarang, dalam sister jurnal antara Jurnal Penelitian Pascapane Pertanian dengan Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan sejak akhir Desember 2017. Jurnal ini terbit tiga (3) kali dalam setahun di bulan Juni, September, Desember.
    Diterbitkan oleh: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian

  • Jurnal Penelitian Pertanian Tanaman Pangan

    Jurnal Penelitian Pertanian Tanaman Pangan merupakan publikasi yang memuat makalah ilmiah primer hasil penelitian tanaman pangan (padi dan palawija). Redaksi menerima makalah dari peneliti Puslitbang Tanaman Pangan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), maupun perguruan tinggi. Makalah yang dikirimkan hendaknya sudah mendapat persetujuan dari pimpinan instansi masing-masing. Jurnal ini terbit tiga (3) kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember.
    Diterbitkan oleh: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan

  • Jurnal Penelitian Tanaman Industri

    Jurnal Penelitian Tanaman Industri berisi hasil penelitian tentang komoditas tanaman perkebunan yang belum pernah diterbitkan di media mana pun. Jurnal ini menerbitkan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris. Mulai tahun 2017, jurnal ini diterbitkan dua (2) kali setahun (Juni, dan Desember) oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Indonesia (Puslitbangbun).
    Diterbitkan oleh: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan

  • Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

    Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (JPPTP) adalah media ilmiah penyebaran hasil penelitian dan pengkajian teknologi pertanian untuk menunjang pembangunan pertanian wilayah. Jurnal ini memuat hasil penelitian dan pengkajian primer inovasi pertanian, khususnya yang bernuansa spesifik lokasi. Diterbitkan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Jurnal ini diterbitkan secara periodik tiga (3) kali dalam satu tahun bulan Maret, Juli, dan November.
    Diterbitkan oleh: Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

  • Jurnal Perpustakaan Pertanian

    Jurnal Perpustakaan Pertanian merupakan jurnal ilmiah yang memuat karya tulis ilmiah hasil pengkajian dan tinjauan tentang perpustakaan, dokumentasi, dan informasi. Karya tulis ilmiah tersebut tidak sedang ditelaah atau telah diterbitkan di jurnal ilmiah atau teknis lainnya. Penerbitan jurnal ini dimaksudkan untuk menyebarkan konsep pemikiran, dan idea atau hasil pengkajian di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi. Jurnal yang berbahasa Indonesia ini diterbitkan dua (2) kali setahun pada bulan Juni dan Desember.  
    Diterbitkan oleh: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian

  • Jurnal Sumberdaya Lahan

    Jurnal Sumberdaya Lahan memuat makalah tinjauan terhadap hasil-hasil penelitian yang berupa olah pikir analisis dan sintesis sejumlah hasil penelitian yang telah diterbitkan yang berkaitan dengan aspek lahan/tanah, air, iklim, dan lingkungan. Jurnal ini diterbitkan dua (2) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Desember. 
    Diterbitkan oleh: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian

  • Jurnal Tanah dan Iklim

    Jurnal TANAH dan IKLIM memuat hasil-hasil penelitian bidang tanah dan iklim dari para peneliti baik dari dalam maupun dari luar Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Jurnal ini juga dapat memuat informasi singkat yang berisi tulisan mengenai teknik dan peralatan baru ataupun hasil sementara penelitian tanah dan iklim.
    Diterbitkan oleh: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian

  • Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar

    Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar (JTIDP) menerbitkan hasil-hasil penelitian tentang tanaman industri (karet, makadamia, amorphophallus, kemiri, Gnetum gnemon) dan tanaman minuman (kopi, kakao, teh, asam jawa, cola) yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Jurnal ini terbit tiga (3) kali dalam setahun di bulan Maret, Juli, dan November.

    Diterbitkan oleh: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar