Regulasi » $jenis_regulasi No. $nomor Tahun $tahun

Tentang:Alih Teknologi Kekayaan Intelektual serta Hasil Penelitian dan Pengembangan oleh Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang
Mulai Berlaku:19 Mei 2005
Ringkasan:

PP yang terdiri dari tujuh Bab dan 57 Pasal ini dikeluarkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 16 UU No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dimana perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) wajib mengusahakan alih teknologi kekayaan intelektual termasuk hasil kegiatan litbang kepada badan usaha, pemerintah dan masyarakat.

PP 20/2005 memuat berbagai ketentuan seperti kepemilikan atas hak kekayaan intelektual serta hasil kegiatan litbang yang dibiayai oleh pemerintah, pemerintah daerah atau yang sebagian dibiayai oleh pihak lain. Cara atau mekanisme yang dapat dilakukan dalam alih teknologi kekayaan intelektual dan hasil kegiatan litbang mencakup lisensi, kerjasama, pelayanan jasa iptek; dan/atau publikasi.

Selain itu, PP ini mengatur pula penggunaan pendapatan yang diperoleh dari alih teknologi kekayaan intelektual serta hasil kegiatan litbang oleh perguruan tinggi dan lembaga litbang untuk pengembangan diri. Ini dimaksudkan untuk mendorong minat kalangan perguruan tinggi dan lembaga litbang mengembangkan potensinya di bidang pemanfaatan iptek dengan imbalan yang memadai.

Menurut PP 20/2005, perguruan tinggi dan lembaga litbang diharuskan membentuk unit kerja yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pengelolaan dan alih teknologi kekayaan intelektual serta hasil kegiatan litbang di lingkungan masing-masing.

PP 20/2005 merupakan salah satu dari 4 buah PP yang diusulkan oleh Kementeriaan Riset dan Teknologi. Secara resmi PP tersebut diluncurkan pada 3 Juni 2005 oleh Menteri Riset dan Teknologi.

Download:
  • Alih Teknologi Kekayaan Intelektual Serta Hasil Litbang oleh PT dan Lembaga Litbang: pp_20_2005.pdf (118,0 KB)