Statistik Penelitian Pertanian : Tahun 2006

  • ORGANISASI BADAN LITBANG PERTANIAN 2006

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No.299/ Kpts/OT.140/7/2005, tugas Badan Litbang Pertanian adalah melaksana kan penelitian dan pengembangan pertanian. Untuk melaksanakan tugas tersebut Badan Litbang Perta nian menyelenggarakan fungsi : a) penyiapan perumusan kebijakan penelitian dan pengembangan perta nian, b) perumusan program pene litian dan pengembangan pertanian, c) pelaksanaan penelitian dan pengembangan pertanian, d) evaluasi pelaksanaan penelitian dan pengembangan pertanian, dan e) pelaksanaan administrasi Badan.

Download pdf file (291 kb)
  • SUMBERDAYA MANUSIA BADAN LITBANG PERTANIAN 2006

Pada tahun 2006 Badan Litbang Pertanian didukung sumber daya manusia sejumlah 7.643 orang. Dari jumlah tersebut, 2.840 orang (37,16%) adalah tenaga fungsional khusus, sisanya adalah tenaga fungsional umum. Tenaga fungsional khusus terdiri dari peneliti, pustakawan, perekayasa, pranata komputer, arsiparis, teknisi litkayasa, statistisi, penyuluh, analis kepegawaian, perencana, dan pranata kehumasan.
 
Download pdf file (141 kb)
  • ANGGARAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2006

Dalam kerangka operasional, implementasi sistem penganggaran terintegrasi “unified budgetting system” berperspektif jangka menengah dan berbasis kinerja seperti yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian pada tahun 2006 mengelola anggaran sebesar Rp. 580,58 Miliar (Rupiah Murni), yakni 10,20% dari total pagu anggaran Departemen Pertanian (Rp. 5.691,850 Miliar). Alokasi tersebut diarahkan kepada peningkatan kinerja melalui efisiensi pemanfaatan sumberdaya menuju tercapainya kualitas layanan sehingga berdampak positif bagi pembangunan. Dibandingkan dengan tahun 2005 terdapat kenaikan anggaran sebesar Rp. 127,72 Miliar atau 22%.

Pemanfaatan anggaran dalam rangka mendukung program dan kegiatan litbang pertanian diklasifikasikan dalam  tiga jenis belanja, yaitu belanja pegawai, barang, dan modal. Belanja pegawai sebesar Rp.260,5 Miliar (44,9%) untuk membiayai kebutuhan gaji, tunjangan, honor, serta upah tim dan upah tenaga dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan. Belanja barang  sebesar Rp 236,8 Miliar (40,8%) difokuskan untuk membiayai kegiatan utama litbang pertanian yaitu untuk mendukung pengeluaran belanja barang dan jasa yang habis pakai dalam kegiatan penelitian, operasional dan pemeliharaan alat maupun sarana prasarana. Belanja modal sebesar Rp. 83,3 Miliar (14,35%) dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan pemupukan modal litbang seperti pengadaan gedung, pembangunan laboratorium dan sarana gedung kantor (civil work), pengadaan alat laboratorium dan sarana pendukungnya, pengadaan jurnal dan buku-buku ilmiah, serta kegiatan pemupukan modal non fisik lainnya untuk mendukung peningkatan kapasitas litbang pertanian.

Perkembangan anggaran Badan Litbang Pertanian selama lima tahun terakhir (2002-2006) mengalami peningkatan yang cukup signifikan (Gambar 9). Hal ini menunjukkan adanya dukungan pemerintah yang semakin memadai terhadap kegiatan litbang pertanian.

Download pdf file (169 kb)
  • SARANA DAN PRASARANA BADAN LITBANG PERTANIAN 2006

Untuk mencapai visi dan misi  Badan Litbang Pertanian sebagaimana telah ditetapkan, dukungan sarana dan prasarana yang berkualitas memegang peran yang sangat penting. Sarana dan prasarana tersebut meliputi kebun percobaan, bangunan/gedung, laboratorium, rumah kaca/sere/kawat, dan sarana penunjang lainnya (kantor, rumah dinas, rumah tamu, perpustakaan, dll). Sarana dan prasarana tersebut terus ditingkatkan kapasitas dan kualitasnya. Laboratorium sebagai sarana identifikasi pengujian dan analisis dalam kegiatan penelitian dikelola sesuai standar yang telah ditetapkan. Hingga tahun 2005, 9 UPT telah memiliki laboratorium yang diakreditasi oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Kantor Akreditasi Negara (KAN) berdasarkan SNI-19-17025-2000.

Download pdf file (254 kb)

  • KEGIATAN PENELITIAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2006

Kegiatan penelitian dan pengembangan pertanian pada TA 2006 merefleksikan kegiatan tahunan yang berkesinambungan dengan mengacu kepada 5 (lima) program utama penelitian dan pengembangan pertanian sebagaimana tertuang dalam Renstra Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 2005-2009. Tahun 2006 merupakan tahun kedua dari pelaksanaan rencana strategis program litbang pertanian jangka menengah periode 2005-2009. Fokus kegiatan penelitian diarahkan dalam rangka pelaksanaan strategi,  kebijakan, dan program litbang sesuai Renstra, dengan jenis dan sifat kegiatan penelitian yang beragam.

Keseluruhan kegiatan penelitian pada tahun 2006 ada 750 kegiatan   (Gambar 15) yang terdiri dari 714 kegiatan litbang (259 penelitian, 290 pengkajian, dan 165 diseminasi), dan 36 kegiatan manajemen. Jumlah kegiatan tersebut meningkat bila dibandingkan dengan Tahun Anggaran 2005 yang berjumlah 725 kegiatan. Jumlah kegiatan penelitian tersebut merefleksikan keseluruhan mandat, tugas pokok, dan fungsi seluruh UK dan UPT Badan Litbang Pertanian dalam mendukung program pembangunan pertanian.

Download pdf file (139 kb)
  • KERJA SAMA PENELITIAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2006

Badan Litbang Pertanian sebagai salah satu lembaga publik penghasil teknologi dituntut untuk lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui kerja sama dengan para pemangku kepentingan (stakeholder). Kerja sama diperlukan dalam upaya menumbuh kembangkan jaringan penelitian guna mening katkan kemampuan pemanfaatan serta pengua saan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kerja sama penelitian baik kerja sama dalam negeri maupun internasional merupakan bagian yang cukup penting untuk menunjang keberhasilan program Badan Litbang Pertanian. Melalui kerja sama tersebut diharapkan adanya sharing dari mitra dalam bentuk sumberdaya baik sumberdaya manusia, keuangan maupun sarana dan prasarana.  Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap pinjaman luar negeri, Badan Litbang Pertanian ke depan terus mengupayakan sumber-sumber pendanaan litbang lainnya, antara lain dengan mengembangkan kerja sama dengan mitra dalam dan luar negeri.

Dengan dikeluarkannya PP 20 tahun 2005 tentang Alih Teknologi Kekayaan Intelektual serta Hasil Penelitian dan Pengembangan oleh Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan, terbuka peluang besar bagi peneliti maupun perekaya Badan Litbang Pertanian untuk mengambil manfaat dari hasil penelitian yang didapatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan baik UK maupun peneliti yang bersangkutan.  Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Pertanian nomor : 53/Permentan/OT.140/10/2006 pada tanggal 20 Oktober 2006 tentang Pedoman Kerja Sama  Penelitian dan Pengembangan Pertanian, diharapkan dapat berperan sebagai acuan dalam menyempurnakan manajemen kerja sama penelitian dan sekaligus dapat memajukan terjalinnya kerja sama baru.

Kerja sama dalam negeri diarahkan untuk meningkatkan pemanfaatan sarana/fasilitas penelitian, jasa pelayanan, dan alih teknologi, dilakukan dengan mitra dalam negeri seperti Pemda, Universitas, Swasta, KTNA, BUMN dan lembaga litbang lainnya.   Pada tahun 2006 Badan Litbang Pertanian mengelola kerja sama dalam negeri sebanyak 204 judul kerja sama, yang meliputi : 83 judul kerja sama antara mitra nasional dengan Puslit dan Balit, dan 121 judul kerja sama antara mitra nasional dengan BPTP lingkup Badan Litbang Pertanian.  Dari Tabel kontribusi dana mitra kerja sama (Tabel 6) terlihat bahwa total dana kerja sama pada tahun 2006 mencapai Rp. 9,129 milyar.

Apabila dirinci dari kontribusi dana masing-masing mitra kerja sama dalam negeri terlihat bahwa kontribusi dana terbesar berasal dari Pemda (37.1%), kemudian swasta (26.6%),  mitra lainnya (18.6%) dan kontribusi Badan Litbang Pertanian (17.8%).

Download pdf file (178 kb)

  • HASIL PENELITIAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2006

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi untuk mendukung sistem usaha pertanian yang efisien, dengan memanfaatkan sumberdaya pertanian secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diantara teknologi yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, varietas unggul memegang peranan yang cukup menonjol, terutama dalam kontribusinya untuk meningkatkan produktivitas. Pada tahun 2005 telah dihasilkan 24 varietas unggul, terdiri dari 2 varietas padi, 2 varietas kedelai, 5 varietas kentang, 4 varietas buah durian, 1 varietas buah jeruk, 1 varietas buah pisang, 1 varietas buah pepaya, 5 varietas buah melon dan 1 varietas buah semangka serta 1 varietas nilam untuk perkebunan dan 1 varietas melati untuk tanaman hias. Sedangkan tahun 2006 dihasilkan 21 varietas, terdiri dari komoditas padi 3 varietas, jagung 1, ubi jalar 2 dan cabe 1. Buah-buahan dihasilkan 4 varietas yaitu duku, matoa, apel dan buah merah. Sepuluh varietas tanaman perkebunan telah dihasilkan yaitu 8 varietas kelapa dan 2 kakao.   

Download pdf file (224 kb)

  • REKAPITULASI PEGAWAI,  ANGGARAN,  SARANA & PRASARANA, JUDUL KEGIATAN PENELITIAN SERTA KERJA SAMA PENELITIAN BADAN  LITBANG PERTANIAN TAHUN 2006

1. Pegawai Badan Litbang Pertanian Menurut Eselon dan Non Eselon, 2006.

    Download pdf file (16 kb)

2. Pegawai Badan Litbang Pertanian Menurut Golongan, 2006.

    Download pdf file (13 kb)

3. Pegawai Badan Litbang Pertanian Menurut Pendidikan, 2006.

    Download pdf file (16 kb)

4. Pegawai Badan Litbang Pertanian Menurut Usia, 2006.

    Download pdf file (16 kb)

5. Tenaga Peneliti Badan Litbang Pertanian, 2006.

    Download pdf file (17 kb)

6. Tenaga Pustakawan Badan Litbang Pertanian, 2006.

    Download pdf file (11 kb)

7. Pranata Komputer Badan Litbang Pertanian, 2006.

    Download pdf file (12 kb)

8. Tenaga Arsiparis Badan Litbang Pertanian, 2006.

    Download pdf file (9 kb)

9. Tenaga Teknisi Litkayasa Badan Litbang Pertanian, 2006.

    Download pdf file (11 kb)

10. Tenaga Statistisi Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (9 kb)

11. Tenaga Perekayasa Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (11 kb)

12. Tenaga Fungsional Penyuluh Pertanian Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (12 kb)

13. Tenaga Analis Kepegawaian Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (9 kb)

14. Tenaga Perencana Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (8 kb)

15. Anggaran Badan Litbang Pertanian Menurut Unit Kerja, Tahun 2006.

      Download pdf file (17 kb)

16. Peralatan Perkantoran Lingkup Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (22 kb)

17. Bangunan/Sarana Lingkup Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (23 kb)

18. Judul Penelitian/Kegiatan Lingkup Badan Litbang Pertanian, 2006.

      Download pdf file (63 kb)

19. Rekapitulasi Kerja Sama Penelitian dengan Lembaga Internasional, Tahun 2006.

      Download pdf file (13 kb)

20. Kerja Sama Penelitian dengan Lembaga Internasional, Tahun 2006.

      Download pdf file (24 kb)

21. Judul Kerja Sama Kemitraan Penelitian dengan Mitra Nasional Lingkup Puslit, Balit dan BPTP, Tahun 2006.

      Download pdf file (107 kb)