Tahukah Anda?

Halaman 1 dari 34
No 1-5 dari 167

Kunyit Asam

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) sebagai salah satu UPT Badan Litbang Pertanian telah memperkenalkan produk-produk jamu atau herbal dengan masing-masing manfaatnya dalam bentuk kemasan sederhana antara lain kunyit asam. Bahan yang digunakan: Gula tebu, kunyit, asem jawa. Adapun manfaatnya untuk menetralkan racun dalam tubuh, diet alami, mengatasi infeksi, memperlancar siklus haid, mencerahkan kulit, membakar lemak dalam tubuh, dan menghilangkan bau badan.

Sumber: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan

Tahukah anda hijaun pakan ternak kambing yang berumur panjang?

Brachiaria ruziziensis merupakan salah satu spesies rumput yang memiliki fungsi ganda yang dapat dipakai sebagai rumput potongan maupun pengembalaan, dan sangat disukai oleh ternak serta pertumbuhannya cepat. Rumput ini termasuk rumput berumur panjang (3 thn) dan dapat menghasilkan produk bahan segar rata-rata 120 ton/ha/thn. Pada tanaman sangat muda (2-3 minggu) kandungan air relatif tinggi sehingga kandungan nutrisi yang lain relatif rendah. Disamping itu, tanaman ini tahan terhadap kemarau yang sedang, sehingga menjadi salah satu pilihan potensial untuk mendukung produksi kambing.

Sumber: Puslitbang Peternakan

Apa yang disebut UMB?

UMB adalah pakan tambahan (suplemen) untuk ternak ruminansia (sapi, kerbau, domba dan kambing); yang dibuat dari bahan baku urea molasses/tetes dan bahan-bahan lain . UMB termasuk mineral yang diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk padat dan keras. Biasanya ternak mengkonsumsi UMB dengan cara menjilatinya. Oleh karena itu UMB juga dapat disebut permen sapi/ternak.

Sumber: Peneliti/Leaflet

Itik Serati

Itik Serati adalah hasil kaawin silang antara Entog Jantan dengan Itik Betina untuk menghasilkan Itik Pedaging yang berkualitas tinggi.

Sumber: http://peternakan.litbang.pertanian.go.id

Apa itu inseminasi buatan?

Inseminasi buatan atau sering disebut kawin suntik adalah suatu teknik mengawinkan ternak secara buatan dengan memasukkan semen yang telah diencerkan dengan pengencer tertentu ke dalam saluran alat reproduksi betina yang sedang bertelur.

Sumber: Puslitbangnak : http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/