Tanya Jawab

Sejak dibukanya fasilitas "Hubungi Kami" di situs web Badan Litbang Pertanian telah banyak masyarakat yang menanyakan berbagai hal. Mulai dari teknologi inovasi pertanian hingga magang/kerja praktek di UPT.

Berikut ini rangkuman pertanyaan yang paling banyak ditanyakan pengunjung situs web Badan Litbang Pertanian.

Halaman 2 dari 2
No 6-10 dari 10

Tanya:Saya mahasiswa fakultas pertanian, saya ingin menanyakan apakah saya boleh magang/praktek kerja di Badan Litbang Pertanian?
Jawab:

Pada prinsipnya Badan Litbang Pertanian menerima program praktek kerja ataupun magang bagi para mahasiswa/pelajar.

Hal yang perlu dilakukan adalah kirim surat permohonan resmi kepada pimpinan instansi yang dituju (alamat dapat dilihat di alamat http://www.litbang.deptan.go.id/unker/). Lampirkan transkrip terakhir dan rencana magang/PKL Saudara (topik, lama magang, dsb). Kemudian instansi yang dituju akan membuat surat jawaban permohonan dan mewawancarai calon peserta magang/praktek kerja.

Tanya:Saya ingin mendapatkan informasi lebih jelas tentang Greemi-G.
Jawab:

Greemi-G (Green Microbe) adalah formula yang mengandung dua jenis mikroba hijau yang dapat mengendalikan beberapa jenis penyakit tanaman perkebunan, yang penularannya terjadi melalui tanah termasuk Ganoderma pada sakit, JAP pada karet den Phytopthora pada kakao.

Greemi-G, biofungisida dengan bahan aktif Trichoderma harzianum dan T. pseudokoningii ini, dapat menyembuhkan tanaman yang terserang penyakit Ganoderma, JAP dan Phytopthora serta dapat memicu pertumbuhan tanaman. Selain itu, dapat digunakan untuk pembibitan, belum menghasilkan dan tanaman produktif. Juga dapat digunakan untuk tanaman perkebunan, HTI, buah-buahan, sayuran dan tanaman pangan. Aman terhadap tanaman dan lingkungan.

Secara aktif tumbuh den berkembang di dalam tanah yang merupakan habitatnya sendiri sehingga peluang untuk mencapai sasarannya lebih besar.

Greemi-G berbentuk butiran berrarna hitam keabu-abuan. Kemasan Greemi-G berupa karung 25 kg dengan masa simpan selama 12 bulan.

Penggunaannya, sbb, dosis yang digunakan untuk tanaman perkebunan/HTI/buah adalah untuk bibit 25 gr/polibag, tanaman muda 100-200 gr/pohon/tahun dan tanaman produktif 300-500 gr/pohon/tahun dan untuk tanaman sayuran/pangan 10-15 gr/tanaman/musim.

Untuk tindakan pencegahan, gali 5-10 cm tanah di sekitar leher akar (paling jauh 30 cm dari leher akar) dengan hati-hati. Taburkan Greemi-G, kemudian tutup kembali dengan tanah. Untuk lindakan pengobatan pada tanaman kelapa sakit, kikis dan hilangkan bagian yang sakit, taburkan Greemi-G pada bakes luka, kemudian tutup dengan tanah.

Untuk penghancuran sumber inokulum pada sisa-sisa tanaman, taburkan 0,5% Greemi-G pada tumpukan sisa bahan tanaman campur merata, kemudian tutup rapatl dengan plastik selama 3-4 minggu.

Tanya:Saya ingin bertanya bagaimana memproduksi ekstraksi minyak bunga melati dalam skala kecil? Harus kemana saya menghubungi?
Jawab:

Berikut kami beri contoh ekstraksi minyak bunga melati :

Bunga melati segar dimasukkan dalam alat yang disebut leaching apparatus, tambahkan pelarut heksan, kemudian diekstraksi selama 20 menit.

Lalu cairan dikeluarkan, kemudian dipindahkan ke evaporator. Penguapan sekaligus pendinginan pelarut akan berlangsung. Hasilnya pelarut heksan keluar sendiri. Dan yang ada dalam evaporator adalah larutan pekat, wangi, yang nanti dikentalkan menggunakan evaporator vakum berputar. Hasilnya adalah massa sangat kental mengandung wax, wangi warna coklat yang disebut 'concrete'.

Concrete harus dibebaskan wax-nya. Dengan cara dilarutkan dalam alkohol kemudian didinginkan, diendapkan, disaring, berulang-ulang sampai jernih. Kadang bisa sampai 7-10 hari, tergantung dari banyaknya wax dan pigmen yang berasal dari bunga. Larutan yang jernih adalah absolut melati yang larut dalam alkohol. Untuk mendapatkan absolut melati maka alkohol harus dibebaskan dengan alat evaporator vakum berputar. Baru diperoleh absolut melati dan alkohol.

Alat mesin yang kami gunakan adalah hasil rekayasa Badan Litbang Pertanian.

Unit Pelaksana Teknis kami yang dapat dihubungi adalah Balai Besar Penelitian Pasca Panen Pertanian dan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian.

Tanya:Mohon petunjuk dalam peternakan BEBEK TIKTOK.
Jawab:

Tiktok atau disebut juga Itik Serati merupakan hasil perkawinan Entok Jantan dengan Itik Betina. Perkawinan ini dilakukan melalui teknologi kawin suntik (IB). Kawin silang antara entok dan itik akan menghasilkan keturunan yang mandul. Persilangan ini dapat menghasilkan itik pedaging yang berkualitas tinggi.

Itik serati tumbuh lebih cepat dibanding itik jantan yang digemukan. Itik Serati pada umur 8 minggu dapat mencapai bobot badan 1,8 kg. Sedangkan itik jantan yang digemukan hanya mencapai 1,3 kg.

Hasil penelitian tentang itik serati (tiktok) menunjukkan daging dadanya lebih banyak dibanding itik biasa. Begitu juga dilaporkan daging itik serati tidak amis dan rendah kolesterolnya. Cocok untuk dikembangkan sebagai itik panggang.

Tanya:Kami perusahaan home industri yang rencananya ingin membuat massal produksi kacang bawang untuk retail. Dari situs web Saudara diperoleh informasi Saudara telah membuat mesin pengupas kulit ari kacang tanah. Mohon informasinya termasuk harga.
Jawab:

Mesin Pengupas Kacang Tanah hasil rekayasa salah satu unit kerja kami (BBP Mekanisasi Pertanian) ini mempunyai beberapa keunggulan, a.l. : a. Kapasitas pengupasan yang tinggi b. Harga dan biaya operasi lebih murah c. Bobot yang lebih ringan d. Hasil pengupasan lebih bersih e. Mudah dibuat dan dioperasikan di lapangan

Kapasitas kerja alat ini adalah 190 kg/jam(polong), hasil analisa ekonomi diketahui bahwa biaya operasional dari penggunaan alsin ini adalah sebesar Rp 770,-/kg dengan asumsi harga alsin tanpa mesin adalah sebesar Rp 900.000,-. Alat ini memiliki Motor Penggerak bermesin Bensin 3,2 HP, denga dimensi alat : - Panjang : 1.060 mm, - Lebar : 580 mm, - Tinggi : 1.070 mm, - Berat : 79 kg Selain itu, bahan bakar yg dibutuhkan sekitar 0,8 lt/jam.

Untuk lebih lanjut, dapat menghubungi langsung BBP Mektan selaku pembuat alat dimaksud.