Download » Panduan » Pedoman Umum Pembangunan dan Pengembangan Taman Sains dan Teknologi Pertanian (TSTP)

Sesuai dengan arah Nawa Cita Presiden Republik Indonesia dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dalam era Pemerintahan 2014-2019, Kementerian Pertanian, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mulai tahun 2015 berperan aktif dalam membangun dan mengembangkan Taman Sains dan Teknologi Pertanian (TSTP) sebagai sarana akselerasi impact recognition inovasi pertanian, sekaligus terobosan untuk memperderas arus inovasi pertanian kepada masyarakat. Tahun 2016, pengembangan Taman Sains Pertanian (TSP) dilakukan di 9 lokasi Kebun Percobaan (5 di antaranya dimulai tahun 2015), sebagai wahana penelitian, pengkajian, pengembangan dan penerapan inovasi pertanian sekaligus show window dan tempat peningkatan kapasitas pelaku pembangunan pertanian termasuk penyuluh dan petani. Sedangkan Taman Teknologi Pertanian (TTP) dibangun di 26 kawasan di 26 kabupaten/kota, sebagai wahana implementasi inovasi aplikatif spesifik lokasi yang matang dari hulu ke hilir dengan melibatkan stakeholders terkait. Disamping itu, dikembangkan pula Taman Sains dan Teknologi Pertanian di kompleks penelitian pertanian Cimanggu Bogor, yang berskala nasional. Taman Sains Pertanian maupun Taman Teknologi Pertanian diharapkan tumbuh dan berkembang dengan mengedepankan kapasitas dan potensi wilayah, sosial budaya dan kearifan lokal masing-masing wilayah.

Download

  • Pedoman Umum Pembangunan dan Pengembangan Taman Sains dan Teknologi Pertanian (TSTP): Pedoman-Umum-TSP-dan-TTP.pdf (3,3 MB)
  • Pedoman Umum Pembangunan dan Pengelolaan Taman Sains dan Teknologi Pertanian (TSTP) 2018: PEDUM_TSTP_2018.pdf (1,6 MB)