Info Aktual

Ekspose Inovasi Buah Tropika

Solok – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyelenggarakan Ekspose Inovasi Buah Tropika, Jumat (9/4/2021) di Unit Pelaksana Teknis Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu Tropika) Solok, Sumatera Barat. Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry menyampaikan bahwa kegiatan ekspose inovasi buah tropika ini merupakan salah satu bentuk diseminasi hasil-hasil penelitian yang telah dihasilkan Balitbu Tropika salah satunya varietas unggul baru.

Selengkapnya

Balitbangtan Lakukan Riset Padi Lahan Sawah Tadah Hujan di Blora

Jawa Tengah – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) beserta DInas Pertanian Kabupaten Blora melaksanakan tanaman padi perdana di Desa Prantaan, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Kamis (8/4/2021). Tanam perdana padi lahan sawah tadah hujan (LSTH) seluas 10 hektar ini merupakan bagian dari kegiatan Center of Excellent (CoE) Riset Pengembangan Inovasi Kolaboratif (RPIK) dengan memanfaatkan pengelolaan menggunakan peralatan pertanian modern.

Selengkapnya

Ketahui Jenis OPT untuk Tentukan Cara Pengendalian

Brebes – Dalam meningkatkan produksi sayuran daun dihadapkan dengan berbagai masalah, faktor biotis dan faktor abiotis. Faktor abiotis yaitu kemunduran kesuburan lahan, kekeringan serta kondisi iklim lainnya sedangkan faktor biotis yaitu hama, penyakit dan gulma. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Padat Karya 2021 ‘Diseminasi Inovasi Teknologi Hortikultura’ di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Paguyangan, Kabupaten Brebes, Rabu (31/03/2021).

Selengkapnya

Balitbangtan Lepas Tiga Varietas Kedelai Tahan Kutu Kebul

Bogor – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), Malang melepas tiga varietas kedelai tahan hama kutu kebul Detaku 1, Detaku 2, dan Detaku 3. Pelepasan varietas kedelai tersebut setelah melalui sidang evaluasi dan penilaian calon varietas tanaman pangan di Bogor, Senin (29/03/2021).

Selengkapnya

Empat Profesor Riset Kementan Dikukuhkan

Bogor – Kementerian Pertanian mengukuhkan empat Peneliti Ahli Utama sebagai Profesor Riset ke 151, 152, 153, dan 154 lingkup Kementan dan ke 596 hingga 599 secara nasional. Keempatnya yakni Dr. Ir. Handewi Purwanti Saliem, MS., Dr. Ir. Bambang Heliyanto, M.Sc., Dr. Ir. Satoto, MP., dan Dr. Ir. Jacob Nulik, M.Sc., di Auditorium Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Rabu (31/03/2021).

Selengkapnya

Bimtek Padat Karya Pemasaran Bawang Merah

Tegal – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal mengadakan bimbingan teknis (bimtek) pemasaran bawang merah di Indonesia, di Gedung Pertemuan Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Selasa (30/03/2021).

Selengkapnya