Info Aktual

Balitbangtan Bangun Korporasi Kedelai Hitam di Pasuruan

Pasuruan – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) melaksanakan panen raya kedelai hitam seluas 35 ha di Desa Kebon Waris, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (14/10/2021).

Selengkapnya

Balitbangtan Gelar Konferensi Internasional Bahas Penguatan Ketahanan Pangan

Bogor – Ketahanan pangan global menjadi isu yang mendapat perhatian dunia. Untuk merumuskan berbagai penyelesaian terkait ketahanan pangan, khususnya dalam bidang pascapanen, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menggelar 3rd International Conference on Agricultural Postharvest Handling and Processing (ICAPHP), Selasa (12/10/2021).

Selengkapnya

Balitbangtan Kembali Sabet Peringkat Pertama Keterbukaan Informasi Publik

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) kembali meraih peringkat pertama Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tingkat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan). Penghargaan ini diterima dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kementan Tahun 2021 yang diadakan di Hotel Fairmont, Senin (11/10/2021).

Selengkapnya

Hasil Panen Tinggi, Strategi Peningkatan Produktivitas Padi di Kabupaten Cianjur Menjadi Kunci

Cianjur – Kabupaten Cianjur yang merupakan wilayah sentra produksi padi ke-2 di Jawa Barat memiliki luas 361 ribu hektar yang terbagi menjadi 32 Kecamatan dan 354 Desa. Selain itu, lahan  pertanian di Kabupaten Cianjur merupakan lahan terluas kedua setelah Kabupaten Sukabumi, yakni 67 ribu hektar yang terdiri dari 40 ribu hektar sawah irigasi dan sisanya lahan sawah tadah hujan.

Selengkapnya

Tanam Perdana, Kabupaten Cianjur Diharapkan Bangkit menjadi Penangkaran Kentang

Cianjur - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat melaksanakan tanam perdana kentang kegiatan 'Pengembangan benih/bibit unggul dan teknologi balitbangtan' di Desa Sindangjaya Kec. Cipanas, Cianjur, Rabu (06/10/2021).

Selengkapnya

Balitbangtan dukung Arahan Presiden RI Jadikan Papua Barat Sentra Pangan Indonesia Timur

Sorong – Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mengembangkan Papua Barat sebagai produsen utama pertanian di Indonesia Timur. Tidak hanya melakukan tanam bersama, Presiden mengapresiasi penggunaan teknologi dalam mempercepat proses penaman jagung.

Selengkapnya