Info Aktual

Pengelolaan Tanah dalam Adaptasi dan Mitigasi Pertanian Terhadap Perubahan Iklim

Bogor – Dua kata sering terucap terkait isu perubahan iklim yakni adaptasi dan mitigasi. Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Ai Dariah menerangkan adaptasi perubahan iklim adalah mengantisipasi dampak buruk dari perubahan iklim dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menanggulangi atau meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan.

Selengkapnya

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional dengan Pengembangan Kedelai

Jawa Timur – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanama Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) turut berperan dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN). Program PEN tahun 2021 di Balitkabi ditujukan untuk pemulihan ekonomi petani kedelai.

Selengkapnya

Cakrabuana Dukung IP400 Padi di Purwakarta

Jawa Barat – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bersama Pemerintah Kabupaten Purwakarta mendorong sektor pertanian di Purwakarta. Kolaborasi dilakukan dengan meningkatkan hasil pertanaman padi dengan menggalakkan indeks pertanaman (IP) menggunakan varietas unggul umur genjah/pendek.

Selengkapnya

Panen Perdana Hasil Budidaya Padi Ramah Lingkungan

Jawa Barat – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat berupaya menanggulangi dan mengantisipasi kerusakan tanah yang dapat mengganggu produktivitas. Salah satunya dengan memperkenalkan Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL). Hasilnya pun begitu menarik perhatian.

Selengkapnya

Padi Spesifik Lokasi dan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Hasil Memuaskan

Jawa Barat – Ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali, Kelompok tani Salam Sari Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, melaksanakan panen demplot varietas unggul Baru (VUB) padi khusus spesifik lokasi berbasis teknologi pertanian ramah lingkungan, Sabtu (17/7/2021).

Selengkapnya

Teknologi Sambung Pucuk Tingkatkan Produktivitas Tanaman Pala

Bogor - Tanaman pala merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia dan komoditas ekspor yang nilainya sangat besar. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pun terus mendorong pengembangan komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi tersebut, dan mendukung peningkatan daya saing pertanian termasuk sektor perkebunan di pasar global.

Selengkapnya