Info Aktual

Optimalkan Pengelolaan Lahan Rawa melalui Bimtek

Kalteng – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Food Estate yang berlokasi di Desa Terusan Mulya, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Jumat (20/11/2020).

Selengkapnya

Lima Paten Balitbangtan Terima Anugerah Hak Kekayaan Intelektual

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menerima Anugerah Hak Kekayaan Intelektual Produktif dari Kementerian Riset dan Teknologi, Rabu (18/11/2020) di Hotel the Westin. Lima paten mendapat penghargaan yaitu Mesin Pemanen Multi Komoditas, Transplanter JARWO Lahan Sawah Kedalaman 60 cm, Formulasi Feromon dan Proses Pembuatannya, Proses Pembuatan Minuman Kesehatan Dari Sari Kulit Buah Manggis, dan Vaksin Bivalen Avian Influenza (AI) H5N1 Subtipe H5N1 dari Strain Virus A/chicken/wesjava/pwt-Wij/2006.

Selengkapnya

Mengenal Produksi Benih Padi Hibrida Melalui Bimbingan Teknis

Jawa Barat – Salah satu faktor penentu keberhasilan mitra lisensi dalam mengembangkan padi hibrida adalah ketrampilan dalam memproduksi benih yang dilisensi. Salah satu perusahaan swasta yang menjadi mitra Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) adalah CV SEMI Grobogan yang sejak Agustus 2020 melisensi pengembangan benih padi hibrida HIPA 18. Sebagai mitra yang nantinya akan menjadi garda pertama penyediaan benih, maka pengetahuan dan keterampilan mengenai produksi benih padi hibrida harus dikuasai dengan baik.

Selengkapnya

Padi Hibrida Balitbangtan, menuju 1000 ton pada 2021

Jawa Barat – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melepas ratusan varietas padi yang dihasilkan dari inovasi penelitian, salah satunya mempunyai potensi hasil tinggi hingga menyentuh angka 11 ton/ha adalah varietas hibrida padi atau lebih dikenal dengan nama HIPA. Kementerian Pertanian tercatat telah melepas 21 padi hibrida publik, dua di antaranya adalah varietas HIPA 19 dan HIPA 21.

Selengkapnya

Penelitian Agar Berorientasi Invensi yang Inovatif

Bogor – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sebagai salah satu lembaga penelitian yang potensial menghasilkan invensi bernilai kekayaan intelektual (KI) dalam bidang pertanian. Output hak kekayaan intelektual (HKI) menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan lembaga litbang. Dalam proses alih teknologi Balitbangtan, HKI juga menjadi prasyarat penting untuk melindungi invensi yang akan dikomersialisasikan oleh dunia usaha.

Selengkapnya

TOT Teknologi Budi Daya Jagung Inovasi Balitbangtan untuk TNI dan Polri

Sulsel – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, menyelenggarakan Training of trainer (TOT) teknologi budi daya jagung hibrida berbasis korporasi kepada Anggota TNI dan Polri. Acara berlangsung selama 3 hari (13-15 November 2020) di Harper Hotel Makassar.

Selengkapnya