Info Aktual

Strategi Balitbangtan Dukung GraTIEks Manggis

Solok – Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian (GraTIEks) merupakan salah satu program strategis Kementerian Pertanian yang sedang gencar dilaksanakan dalam dua tahun terakhir. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor pertanian pada semester I tahun 2021 meningkat 40,29% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Selengkapnya

Teknologi Modern PETANI LKIK di Sumbawa Barat

NTB - Tanam perdana Kopi Robusta dan Rumput Biograss Agrinak menandai resminya Kegiatan Pengembangan Pertanian Adaptif Berbasis Inovasi pada Agroekosistem Lahan Kering Iklim Kering (PETANI LKIK) di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Desa Senayan, Senin (30/8/2021).

 

Selengkapnya

Kolaborasi Balitbangtan dan Perhutani Kembangkan Tanaman Pertanian di Kawasan Hutan

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan Perum Perhutani berkolaborasi untuk melakukan penelitian dan pengembangan tanaman pertanian di kawasan hutan. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Selasa (31/8/2021).

Selengkapnya

Panen Perdana Demplot Pengembangan VUB Padi Khusus dan Spesifik Lokasi di Ciamis

Ciamis - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jabar menyelenggarakan panen perdana Demplot Pengembangan VUB Padi Khusus dan Spesifik Lokasi dengan Menerapkan Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL), Minggu (29/08/21). Panen dilakukan bersama anggota Komisi IV DPR RI Dapil X, KH. Asep Ahmad Maoshul Affandy, S.Sy., dan berlangsung di Kelompok Tani Sri Mukti, Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Selengkapnya

Peluang Tinggi, BPTP Jabar Sosialisasikan Teknologi Perbibitan Domba

Meski konsumsi daging domba masih jauh lebih rendah dibandingkan daging sapi dan ayam, namun domba memiliki peran penting dalam berbagai macam aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Selain sebagai sumber pangan penghasil protein hewani alternatif, domba juga terlibat dalam kegiatan sosial budaya serta keagamaan masyarakat seperti Aqiqah dan Kurban yang membutuhkan ternak ruminansia kecil ini dalam jumlah besar.

Selengkapnya

HUT ke-47, Balitbangtan Jalin Kerjasama dengan PT Pertani (Persero)

Bogor – Bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-47, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melakukan penandatanganan Pra Lisensi dengan PT Pertani (Persero), Kamis (26/8/2021). Kerjasama ini dalam rangka mengkomersialisasikan inovasi biosilika dari sekam padi yang dimiliki Balitbangtan dan nantinya akan diproduksi oleh PT Pertani (Persero).

Selengkapnya