Info Aktual

Terapkan TBS dan LTBS untuk Gerdal Hama Tikus di Majalengka

Majalengka – Tikus merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman (OPT) yang menyerang tanaman padi. Di Kecamatan Jatiwangi termasuk yang endemis, untuk itu Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat melakukan gerakan pengedalian (Gerdal) tikus.

Selengkapnya

Sinergi dan Kolaborasi untuk Pengembangan dan Peningkatan Nilai Tambah Kakao

Jakarta – Kakao merupakan komoditas perkebunan yang memberi kontribusi pada perekonomian Indonesia. Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus mengembangkan kakao dengan menggandeng berbagai pihak.

Selengkapnya

Balitbangtan Tingkatkan Pengembangan Ayam KUB di Sultra

Sultra – Salah satu fokus Kementerian Pertanian saat ini adalah memperbanyak populasi ayam Kampung Unggul Balitbang (KUB) sejalan dengan program pengentasan kemiskinan berbasis pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memiliki Ayam KUB yang merupakan jenis ayam unggul hasil persilangan sesama ayam kampung. Ayam ini lebih produktif menghasilkan telur.

Selengkapnya

Balitbangtan Riset Kambing Perah Unggul untuk Produksi Susu Berkualitas

Ciawi – Permintaan susu kambing dari masyarakat memperlihatkan tren yang terus meningkat. Masyarakat memanfaatkan susu kambing baik sebagai sumber pangan bergizi berimbang dan juga untuk mengatasi masalah kesehatan atau terapi kesehatan (pengobatan). Selain itu, meningkatnya tren tersebut memberi pengaruh positif pada berkembangnya usaha ternak kambing perah komersil.

Selengkapnya

Displai VUB Padi Balitbangtan Tuai Hasil Positif di Majalengka

Bogor – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) memperkenalkan varietas unggul baru padi yang dilepas Balitbangtan pada kurun lima tahun terakhir. Varietas tersebut dikenalkan dalam bentuk display tanaman yang ditanam di Desa Jati Tengah, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat sejak April 2021 lalu.

Selengkapnya

Susu Sapi Perah Berkadar Protein Tinggi dengan Gen Kasein Susu

Bogor - Susu sapi merupakan sumber protein hewani yang mudah ditemui dan umum dikonsumsi oleh masyarakat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat konsumsi susu sapi masyarakat Indonesia di tahun 2020 adalah 16,27 kg/kapita/tahun, meningkat 0,25 persen dari tahun 2019. Untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat akan susu sapi, Kementerian Pertanian terus mengupayakan perbaikan industri persusuan dalam negeri secara hulu maupun hilir.

Selengkapnya