Info Teknologi

Dua Varietas Kacang Hijau Biji Kecil untuk Industri Kecambah

Besar kecilnya ukuran biji kacang hijau sudah memiliki masing-masing pangsa pasarnya tersendiri. Kacang hijau dengan ukuran biji besar banyak digunakan oleh industri makanan dan minuman karena sangat memudahkan dalam pengupasan kulitnya. Sedangkan kacang hijau dengan ukuran biji kecil banyak digunakan oleh industri kecambah, hal tersebut dikarenakan dengan ukuran biji kecil dapat menghasilkan kecambah lebih banyak.

Selengkapnya

Kit Deteksi Cepat Penyakit Huanglongbing Tanaman Jeruk

Keunggulan dari invensi ini adalah 1) Cepat, proses deteksi hanya membutuhkan waktu < 90 menit; 2) Sensifitas tinggi, mampu mendeteksi bakteri Clas sampai pada level 10 picogram; 3) Spesifik, hanya mengenali DNA target (bakteri Clas) tidak mengenali DNA bakteri lain; 4) Mudah, protokol mudah diaplikasikan dan tidak memerlukan orang yang berketrerampilan khusus, 5) Murah, tidak memerlukan peralatan canggih dan fasilitas laboratorium modern serta dapat dilakukan di lapang; 6) User friendly,  bahan yang digunakan tidak mengandung bahan berbahaya atau non karsinogenik.

Selengkapnya

Pangan Sehat dengan Teknologi Produksi Vinegar Air Kelapa

Vinegar air kelapa merupakan pengawet alami yang dibuat melalui proses fermentasi. Vinegar diproduksi dengan proses fermentasi 2 tahap, yaitu dengan fermentasi an aerob dengan starter Saccharomyces cereviceae dan dengan fermentasi aerob menggunakan Acetobacter aceti. Pada dasarnya vinegar juga dapat dibuat dengan memanfaatkan limbah pertanian lainnya misalnya kulit pisang. Teknologi yang digunakan relatif sederhana, ramah lingkungan dan relatif murah. 

Selengkapnya

Green Concentrate Pellet Pakan Ternak Kambing Berbasis Indigofera zollingeriana

Untuk meningkatkan produktivitas, ternak kambing perlu diberikan pakan yang berkualitas. Salah satu hijauan pakan lokal yang memiliki kriteria sebagai pakan konsentrat adalah Indigofera zollingeriana (I. zollingeriana).  Tanaman I. zollingeriana merupakan leguminosa pohon dengan produktivitas biomasa (helai daun, tangkai daun dan cabang) yang tinggi 33-51 ton BK/ha/tahun.

Selengkapnya

Hermetik Jaga Kualitas Biji-Bijian dalam Simpanan

Teknologi penyimpanan hermetik merupakan teknologi yang efektif, aman dan ramah lingkungan untuk melindungi biji-bijian dalam penyimpanan. Pada teknologi hermetik, bahan pangan disimpan dalam ruang yang kedap udara, maupun uap air tidak dapat keluar masuk dalam ruang penyimpanan.

Selengkapnya

Bio Kompos Ikat Logam Berat dan Bahan Beracun

Penggunaan pupuk baik organik maupun kimiawi adalah salah satu komponen yang berperan penting dalam budidaya tanaman padi. Di sisi lain, pemberian pupuk juga berpotensi dalam menyumbangkan gas rumah kaca, dimana gas rumah kaca adalah penyebab bumi makin panas. Pengelolaan pupuk yang tepat akan dapat meningkatkan hasil dan dapat menurunkan kadar gas rumah kaca. Pemberian pupuk organik yang telah matang ke dalam tanah sawah cenderung menghasilkan gas rumah kaca lebih rendah.

Selengkapnya