Info Teknologi

Eco-Friendly Sneakers dari Limbah Sekam Padi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) berhasil mengembangkan produk silika (SiO2) berukuran nanometer dari sekam padi atau dikenal nanobiosilika. Hasil riset Balitbangtan tersebut langsung digaet industri kompon karet, dan setelah riset lanjutan selama tiga tahun, siap dipasarkan produk inovatif eco-friendly sneakers berbahan produk dan limbah pertanian.

Selengkapnya

Inpago 13 Fortiz Beras Kaya Nutrisi Zink dan Protein

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) terus melakukan penelitian perakitan varietas dengan kandungan Zn tinggi. Setelah melepas varietas padi sawah kaya zink Inpari IR Nutri Zinc pada tahun 2019, menutup akhir tahun 2020 ini, BB Padi melepas varietas kaya zink dan protein Inpago 13 Fortiz.

Selengkapnya

Si Merah Rosela Menjaga Imunitas Tubuh

Keunggulan rosela herbal varietas roselindo 1 (jenis merah) merupakan varietas hasil seleksi massa dari genotype rosela herbal yang sudah dikembangkan di masyarakat secara luas karena memiliki keunggulan produksi dan kandungan vitamin C dan antosianinnya tinggi. Varietas Roselindo 1, mempunyai produktivitas kelopak kering 56,70 + 15, 51 g, vitamin C 345, 4 mg/kg. Toleran terhadap Fusarium sp., peka terhadap fotoperiodisitas dan adaptasi luas.

Selengkapnya

Manis dan Segarnya Melon Hibrida Indorif

Melon hibrida varietas Indorif berbentuk oval, berwarna putih-hijau dengan bobot 1,6-2 kg per buah, ketebalan jala kulit buah masuk dalam kategori ketebalan sedang (88-90%), ketebalan daging buah 4,3 cm dengan tekstur lunak, aroma buah sangat kuat, rasa manis (16,5⁰ Brix), dan daya simpan 14-16 hari setelah panen. Jala melon berbentuk lurus membujur dan melintang saling memotong.

Selengkapnya

Varietas Unggul Kayumanis Koerintji

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi berhasil melepas varietas unggul kayumanis. Pohon induk terpilih dari blok penghasil tinggi kayumanis dari jenis Cinnamomum burmanii Blume yang banyak berkembang di Kerinci tahun 2019, telah disetujui oleh Tim Penilai Varietas Tanaman Perkebunan menjadi varietas unggul dengan nama KOERINTJI.

Selengkapnya

Light Trap Atasi Hama Padi di Kawasan Food Estate Kalimantan Tengah

Untuk mengatasi serangan hama di kawasan food estate Kalimantan Tengah, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian gunakan  light trap. Alat tersebut ditempatkan di lahan sawah milik petani, tepatnya di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Selengkapnya