Info Teknologi

Waspadai Serangga Biji Kakao dalam Simpanan

Buah kakao setelah dipanen akan mengalami proses pengeringan dan fermentasi. Sebelum diolah, kakao disimpan beberapa waktu di dalam ruangan penyimpanan dalam bentuk biji kering. Pada tahap penyimpanan tersebut, menurut keterangan Dr. Samsudin, Peneliti hama dan penyakit tanaman Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbagtan), terdapat serangga yang diketahui dapat merusak biji kakao dalam simpanan yang disebut Ephestia cautella.

Selengkapnya

VAMAS 1 Varietas Ubi Kayu Pendatang Baru untuk Lahan Masam

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sudah melepas varietas yang diharapkan tersebut. Tahun 2019 dilepas varietas VAMAS 1 oleh Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), Malang. VAMAS 1 sesuai deskripsinya adalah varietas ubi kayu yang spesifik lokasi lahan kering masam Lampung, toleran hingga pH 3,9 tanpa pengapuran.

Selengkapnya

Nilareta Agrihorti Anggrek Vanda Produk Balitbangtan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) berhasil melepas beberapa varietas anggrek yang memiliki nilai komersial cukup tinggi. Salah satunya anggrek vanda Nilareta Agrihorti. Hingga saat ini Balitbangtan telah menghasilkan lebih dari 30 varietas unggul anggrek.

Selengkapnya

Suplai Vitamin C dengan Pepaya Carmida

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) telah menghasilkan teknologi varietas unggul tanaman pepaya dengan nama Pepaya Varietas Carmida. 

Selengkapnya

Pisang Abaka Dukung Industri Berbahan Baku Serat Alam

Sejak tahun 1984, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) sebagai salah Unit Pelaksana Teknis Balitbangtan telah mengoleksi sekaligus meng-konservasi plasma nutfah abaka. Terdapat 82 klon abaka yang telah melalui proses karakterisasi, seleksi serta evaluasi. Dari hasil uji multilokasi terhadap 10 klon abaka berpotensi produksi tinggi diperoleh 3 klon unggul yang kemudian diusulkan untuk dilepas menjadi varietas unggul baru.

Selengkapnya

Sulap Limbah Tapioka menjadi Nata de Cassava

Umumnya singkong diolah menjadi pati yang biasa disebut masyarakat tapioka. Air hasil samping produksi tapioka dapat dimanfaatkan sebagai pembuat nata de cassava. Nata de cassava adalah makanan pencuci mulut yang kaya serat terbuat dari air hasil samping produksi tapioka melewati proses fermentas.

Selengkapnya