Info Teknologi

Biji Kakao Kering Kini Lebih Berkualitas dengan Cara Fermentasi Ini

Salah satu permasalahan kakao Indonesia sampai saat ini adalah mutu yang masih rendah, terutama disebabkan oleh penanganan pascapanen yang belum dilakukan dengan baik dan benar, seperti biji kakao tidak difermentasi atau proses fermentasi yang kurang baik.

Proses fermentasi ini bertujuan untuk membentuk citarasa khas coklat, keping bijinya berongga serta mengurangi rasa pahit dan sepat yang ada dalam biji kakao, sehingga menghasilkan biji dengan mutu dan aroma yang baik, warna coklat cerah dan bersih.

Selengkapnya

Manika Agrihorti, Varietas Garbera dengan Bunga Semi Ganda

Varietas Manika Agrihorti memiliki keunggulan warna bunga merah cerah/menyala dengan warna piringan bunga yang gelap/ungu kehitaman dan bentuk bunga semi ganda berdiameter bunga 9,4-10,1 cm. Varietas ini menghasilkan anakan berjumlah 3-4 anakan pertahun. Manika Agrihorti beradaptasi baik bila dibudidayakan di daerah dataran tinggi.

Selengkapnya

Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI) Pertama di Indonesia

Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) telah menginisiasi diwujudkannya Konsorsium Genom Badan Litbang Pertanian untuk mendukung penelitian genom di Indonesia. Salah satu target yang akan diwujudkan adalah dibangunnya pusat data (database) genom komoditas pertanian di Indonesia.

Selengkapnya

Ramah Lingkungan, Kelola Kotoran Itik dengan Teknik Ini

Budidaya itik menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi nutrisi protein hewani. Ternak itik tergolong mudah karena tidak memerlukan sistem perkandangan yang mahal dan mudah pemeliharaannya. Namun, masalah polusi dari bau kotoran dan perkandangan itik masih menjadi tantangan.

Selengkapnya

Potensi Tanam Gandum di Ibu Pertiwi

Tanaman gandum secara umum tumbuh dengan baik di wilayah subtropis dengan temperatur berkisar 10-25 °C dan curah hujan 350-1.250 mm. Lalu, apakah tanaman serealia ini dapat tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis? Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian Karlina Syahruddin, M.Si mengatakan bahwa gandum dapat ditanam di Indonesia dan bahkan telah diihasilkan beberapa varietas gandum tropis.

Selengkapnya

Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Ubi Kayu pada Lahan Kering Masam

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) melaksanakan kegiatan demfarm seluas 6 ha pada lahan milik 16 petani dari Kelompok Tani Boga Citra, Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan produktivitas ubi kayu di Sukabumi. 

Selengkapnya