Info Teknologi

Inpari 32 HDB dan Inpari 42 Agritan GSR Idola Petani

Inpari 32 HDB dilepas pada tahun 2013 dan Inpari 42 Agritan GSR tahun 2016. Kini, kedua varietas tersebut telah banyak ditanam oleh petani di lahan sawah terutama sentra-sentra produksi padi di Indonesia. Varietas Inpari 32 HDB dan Inpari 42 Agritan GSR produksinya bisa mencapai 12 t/ha.

Selengkapnya

Nasi Seduh Instan, Cara Praktis Menikmati Soto Ayam dan Rawon

Soto ayam dan rawon merupakan kuliner khas Indonesia yang menawarkan cita rasa khas yang memanjakan lidah. Saat ini, UMKM Sinai di Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah memproduksi kedua makanan tradisional tersebut dalam bentuk Nasi Seduh Instan. Berkat sentuhan teknologi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Nasi Soto Ayam dan Rawon bisa dinikmati setelah diseduh air panas selama lima menit.

Selengkapnya

Pacar Air Imadata Agrihorti

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) melakukan pemuliaan terhadap varietas impatiens yakni Imadata Agrihorti. Bunga ini toleran terhadap kekeringan dan dapat ditanam sebagai tanaman taman, untuk itu tanaman yang memiliki lebar kanopi/lebar tajuk yang besar sangat diinginkan untuk menutup rongga taman dengan cepat. 

Selengkapnya

Ayam Gaosi -1 Agrinak, Ayam baru Hasil Seleksi

Ayam Gaosi -1 Agrinak adalah ayam Gaok terseleksi. Ayam ini populasi dasar berasal dari  Madura – Jawa. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) telah melakukan program seleksi pada ayam Gaok.

Selengkapnya

Itik Master, Dapat Produksi Telur 260 Butir Per Tahun

Itik Master tercipta dari hasil seleksi dan persilangan. Dimulai dengan seleksi pada Rumpun itik Alabio yang menghasilkan Galur itik Alabimaster-1 Agrinak. Itik ini sudah ditetapkan dengan SK Menteri Pertanian No. 360/Kpts/PK.040/6/2015.

Selengkapnya

Green Concentrate Pellet Pakan Ternak Kambing Berbasis Indigofera zollingeriana

Untuk meningkatkan produktivitas, ternak kambing perlu diberikan pakan yang berkualitas. Salah satu hijauan pakan lokal yang memiliki kriteria sebagai pakan konsentrat adalah Indigofera zollingeriana (I. zollingeriana).  Tanaman I. zollingeriana merupakan leguminosa pohon dengan produktivitas biomasa (helai daun, tangkai daun dan cabang) yang tinggi 33-51 ton BK/ha/tahun.

Selengkapnya