» Info Teknologi » BPTP, Ujung Tombak Pembangunan Pertanian di Daerah
26 Des 2006

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Achmad Suryana menegaskan kembali peran strategis Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di daerah harus mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh stakeholder di daerah. Untuk itu, BPTP harus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah. Penegasan tersebut disampaikannya pada sambutan pembukaan Rapat Kerja Peningkatan Kapabilitas Pengkajian dan Diseminasi Teknologi Pertanian. Raker yang diselenggrakan oleh BBP2TP tersebut berlangsung pada 17-19 Desember 2006 di Cipayung, Bogor.

Dalam Raker tersebut membahas materi yang meliputi: Pedoman Umum Penelitian dan Pengkajian; Implementasi Permentan No. 53 Tahun 2006, Implementasi Pengkajian dan Diseminasi BPTP Tahun 2007 dan Implementasi Prima Tani 2007; Menjaring Umpan Balik Upaya Peningkatan Pelayanan Urusan Kepegawaian dan Pengamanan Aset Negara; Kritikal Mass; serta Pengelolaan Publikasi Ilmiah dan Perpustakaan.

 Raker BBP2TP 17-19 Desember 2006   

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan materi pencerahan oleh Dr. Achmad, Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Pengembangan SDM, dengan topik sifat-sifat buruk manusia dan cara menanggulanginya. Raker diikuti sekitar 138 orang, berasal dari seluruh BPTP meliputi Kepala Balai, Kasie Pelayanan teknis, Kasubag tata Usaha, Tim Teknis Pengembangan, dan Tim Teknis Pusat Prima Tani. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekretaris Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono.

BBP2TP dituntut selain melakukan pembinaan, juga menjadi koordinator pada sejumlah kegiatan yang bersifat lokal, regional serta nasional yang berguna bagi pembangunan pertanian secara umum. Disamping tetap menjalankan fungsinya dalam mengkoordinasikan BPTP, dan bertanggung jawab atas segala kegiatan litkaji dan diseminasi yang dilakukan di BPTP dan mitra kerja pemerintah daerah.

 

 

 

 

Sumber : Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian  (BBP2TP)