Info Teknologi

Rexsi dan Reza Agrinak, Kelinci Unggul Balitbangtan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak sudah melepas satu galur baru kelinci Rexsi Agrinak dan satu rumpun Reza Agrinak.

Selengkapnya

Pembuatan BIOCHAR Untuk Pembenah Tanah

Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) di Kabupaten Pati memiliki alat berupa tungku pembakaran yang mampu membakar biomassa mencapai 20 – 30 kg biomassa limbah pertanian setiap pembakaran. Tungku pembakaran biochar Balingtan mampu menghasilkan biochar dalam waktu 24 jam sebanyak 20 – 25% dari total berat bahan mentah tergantung dari bahan yang digunakan.

 

Selengkapnya

Balitbangtan Terus Masifkan Kambing Boerka Galaksi Agrinak

Kambing Boerka Galaksi Agrinak (BGA) merupakan kambing hasil persilangan antara pejantan unggul kambing Boer (asli Afrika Selatan) dan kambing Kacang (lokal Indonesia). Kambing ini termasuk ke dalam tipe kambing pedaging dengan pertumbuhan yang relatif cepat.

Selengkapnya

Master, Itik Baru Hasil Persilangan Mojomaster dan Alabio

Ada dua tipe itik yakni pedaging dan petelur. Itik pedaging pertumbuhannya cepat, bobot badan besar, bentuk badan bulat, dada dan paha besar, dagingnya banyak dan produksi telur rendah. Tipe petelur pertumbuhannya lambat, bobot badan sedang, bentuk badan tinggi, tulang lebih banyak daripada daging, dan produksi telur tinggi.

Selengkapnya

Teknologi Balitbangtan di Sentra Jagung dan Sapi NTB

Labangka merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang memiliki luas wilayah 243,08 km2. Kecamatan Labangka terdiri dari 5 desa definitif, yaitu Desa Jaya Makmur, Desa Sekokat, Desa Suka Damai, Desa Labangka, dan Desa Suka Mulya. Wilayahnya sebagian besar lahan berkontur yang miring atau berlereng. Data tahun 2019 tercatat banyaknya hari hujan di Kecamatan Labangka sekitar 52 hari dengan rata-rata curah hujan sebesar 7 mm dengan periode hujan antara bulan Januari-April.

Selengkapnya

KUB, Ayam Unggul Balitbangtan yang Cepat Bertelur dan Banyak

Ayam Kampung Unggul Balitbangtan dikenal juga dengan nama ayam KUB resmi dirilis tahun 2014 dengan SK Mentan No 274/Kpts/SR. 120/2/2014. Ayam KUB ini merupakan ayam kampung asli yang diseleksi selama enam generasi. Satu generasi butuh waktu 1-1,5 tahun.

Selengkapnya