Info Teknologi

Pemerintah Belanda Tawarkan Beasiswa S2, S3, dan Short Course

Pemerintah Belanda melalui NEC Indonesia menawarkan belajar di Negeri Kincir Angin tersebut dalam program beasiswa StuNed dan NFP. Program yang ditawarkan NEC meliputi pendidikan S2, S3, dan short course. Program beasiswa ini diprioritaskan bagi staf pemerintah (pusat dan daerah), LSM, pengajar PTN dan PTS serta wartawan. Karyawan perusahaan swasta yang bekerja di sektor-sektor yang terkait dengan pembangunan juga dapat ikut serta.

Selengkapnya

Indonesia Menangkan 17 Medali dalam Royal Flora Ratchaphruek di Thailand

Indonesia ikut berpartisipasi dalam Pameran Internasional Hortikultura, Royal Flora Ratchaphruek, yang diselenggarakan pada tanggal 1 Nopember 2006 hingga 31 Januari 2007 di Chiang Mai, Thailand. Pameran tersebut bermanfaat sebagai ajang promosi dan investasi hortikultura serta memperkenalkan keunikan budaya. Pameran juga menggelar berbagai program kompetisi. Hingga saat ini Indonesia telah memenangkan 17 medali, terdiri dari 8 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu.

Selengkapnya

Tawaran Beasiswa Pendidikan S2 dan S3 di Thailand

Terbuka kesempatan untuk belajar di negeri gajah putih melalui program beasiswa pasca sarjana (S2 dan S3) yang ditawarkan oleh Asian Institute of Technology (AIT), Bangkok, Thailand bekerja sama dengan pemerintah Belanda. Bidang studi yang ditawarkan meliputi water engineering and management, rural development and sustainable use of natural resources, dan urban environmental management. Pendaftaran paling lambat tanggal 15 Pebruari 2007.

Selengkapnya

Balitklimat Siapkan Peta Potensi dan Pergeseran Kalender Tanam

Ketidakteraturan kejadian iklim, penyimpangan iklim dan perubahan iklim yang terjadi di Indonesia 10 tahun terakhir ini menyebabkan terjadinya pergeseran awal musim hujan dan awal musim kemarau (iklim ektrem) kian besar. Bahkan perubahan iklim satu hingga tiga bulan ke depan bisa semakin sulit diprediksi. Semua ini tentu saja menjadi resiko terbesar dalam dunia pertanian khususnya usaha tani. Balitklimat berusaha menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya dalam masalah prediksi iklim.

Selengkapnya

Kembangkan Padi Hibrida, BBP Padi Perkuat Kerjasama Penelitian

Dr. Hasil Sembiring berpendapat, kemitraan litbang publik dan swasta serta kolaborasi dengan lembaga internasional perlu diperkuat supaya pengembangan padi hibrida semakin sukses. “BBP Padi telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan benih swasta dalam pengembangan padi hibrida terutama dalam pemanfaatan tenaga peneliti BB Padi untuk pengujian materi-materi introduksi,” ungkapnya.

Selengkapnya

Kunci Sukses Pengembangan Padi Hibrida

Perkembangan padi hibrida sudah terasa lebih baik. Kalangan swasta pun sudah banyak yang melirik dalam pengembangan hingga pemasaran jenis padi yang satu ini. Namun masih ada sebagian masyarakat yang bersikap hati-hati dalam menggunakan padi ini. Dan hal ini tidak selamanya salah karena pada kenyataannya ada beberapa kendala pada pengembangan padi hibrida.

Selengkapnya