Info Teknologi

Faktor Kebijakan Tentukan Perkembangan Usaha Peternakan

Diperkirakan pendapatan domestik bruto (PDB) di bidang peternakan pada tahun 2007 bisa mencapai Rp 61,9 triliun. Sumbangan paling besar untuk peternakan itu sendiri masih berasal dari ayam ras. Namun masih ada situasi yang harus diwaspadai di tahun ini dalam dunia peternakan di Indonesia.

Selengkapnya

BPTP, Ujung Tombak Pembangunan Pertanian di Daerah

Kepala Badan Litbang Pertanian menegaskan kembali peran strategis BPTP sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di daerah harus mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh stakeholder di daerah. Untuk itu, BPTP harus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah. Penegasan tersebut disampaikannya pada sambutan pembukaan Raker BBP2TP di Cipayung, Bogor pada pertengahan Desember 2006.

Selengkapnya

Lakukan Rakor, Sukseskan Prima Tani

Untuk mensukseskan program pembangunan pertanian yang telah dicanangkan, seperti Prima Tani, setiap instansi terkait perlu melakukan koordinasi. Untuk itu Puslitbang Peternakan melakukan rapat koordinasi bidang peternakan di Bogor pada 19-20 Desember 2006.

Selengkapnya

Waktunya Sediakan Lahan Abadi Pertanian

Indikator makro sektor pertanian tahun 2006 lebih baik dibanding tahun 2005. Diperkirakan pertumbuhan PDB sektor pertanian tahun 2007 akan meningkat lebih tinggi dari yang diramalkan jika pemerintah mampu mengendalikan resiko produksi lebih baik dibanding tahun 2006. Namun itu akan terjadi dan dinikmati oleh para petani apabila pemerintah membuat kebijakan yang mendasar untuk masalah berkurangnya lahan pertanian yang semakin parah.

Selengkapnya

Kepala Badan : Peneliti Agar Mengambil Prakarsa Proaktif!

Kepala Badan Litbang Pertanian menegaskan, peneliti perlu mengambil langkah proaktif untuk menciptakan, merekayasa dan mengembangkan teknologi strategis yang sesuai dengan rekomendasi kebijakan pembangunan pertanian untuk mendukung pembangunan pertanian. Hal itu ditegaskannya saat memberikan sambutan pengukuhan dua orang Peneliti Utama sebagai Profesor Riset Badan Litbang Pertanian di Bogor pada awal Desember 2006 yang lalu.

Selengkapnya

Potensi Kacang Tunggak Sebagai Bahan Baku Tempe dan Nugget Cukup Menjanjikan

Kacang Tunggak (Vigna unguiculata, L) termasuk dalam keluarga Leguminosa. Bijinya mempunyai kandungan protein cukup besar yaitu sekitar 25%. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Afrika Barat. Di samping toleran terhadap kekeringan kacang tunggak juga mampu mengikat nitrogen dari udara. Daun dan polongnya yang masih muda cukup nikmat bila dikonsumsi sebagai sayuran.

Selengkapnya