Info Teknologi

11 Kunci Utama untuk Budidaya Jagung Produksi Tinggi

Terdapat 11 kunci utama keberhasilan budi daya jagung untuk menghasilkan produktivitas tinggi, di antaranya penggunaan varietas jagung (hibrida/komposit) dengan potensi hasil tinggi, penggunaan benih bermutu/berlabel, juga persiapan lahan yang baik.

Selengkapnya

Gamindo B, Jeruk dengan Kulit yang Manis

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melepas varietas unggul baru (VUB) jeruk jenis kumquat Gamindo B, sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian nomor 256 tahun 2021 pada 26 Maret 2021.

Selengkapnya

Rasa Pahit Sambiloto Sambina 1, Segudang Manfaat

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) telah menghasilkan verietas unggul tanaman sambiloto, yaitu sambiloto varietas sambina 1. Varietas ini mampu memberi hasil 7,4 ton terna per hektar, mengandung andrographolid 0,47-1,84%, yang memenuhi standar Farmakope Herbal Indonesia (0,64%). Tinggi tanaman 31-82 cm, bentuk tanaman perdu, penampang batang per segi, batang berwarna hijau, dan bunga berbentuk labiati. Umur panen buah 1-2 bulan setelah tanam, umur benih 26-27 hari setelah bunga mekar.

Selengkapnya

Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi dengan Minuman Fungsional

Indonesia kaya akan tanaman obat. Tanaman tersebut dapat diolah menjadi minuman fungsional yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Selengkapnya

Kembangkan Talas Beneng, Balitbangtan Bentuk Riset Kolaboratif

Di tengah populernya porang di kalangan pelaku usaha pertanian, talas Banten yang masih satu kerabat umbi ini ternyata juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas ekspor dan bahan pangan alternatif. Ukuran talas asal Provinsi Banten ini tidak seperti talas lainnya, sehingga dinamai talas beneng yang artinya besar dan koneng/kuning, digolongkan dalam giant taro atau big elephant’s ear.

Selengkapnya

TBS dan LTBS, Dua Jurus Atasi Serangan Tikus Sawah

Lahan rawa di area pertanaman program Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah sangat potensial untuk menghasilkan padi sebagai makanan pokoknya. Namun bukan berarti pertanaman padi yang mereka tanam tanpa kendala. Selain masalah tanah dan air, ancaman kendala serangan tikus cukup tinggi, untuk itu Balitbangtan memberikan pemahaman konsep reproduksi tikus, konsep TBS dan LTBS dari mulai praktik sampai penerapannya.

Selengkapnya