Info Teknologi

Inpari 49 Jembar

Konsorsium Padi Nasional kembali menghasilkan satu varietas unggul baru (VUB) BP17314B-SKI-1-1-1 yang dikukuhkan dengan nama INPARI 49 JEMBAR tanggal 27 April 2021, sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian nomor 123 tahun 2021.

Selengkapnya

Sambung Pucuk untuk Tingkatkan Produktivitas Kapas

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) hingga saat ini telah melepas beberapa varietas unggul kapas; memiliki paket teknologi budidaya seperti rekomendasi pemupukan, penentuan waktu tanam, pengendalian hama terpadu (PHT); serta penelitian sosial ekonomi, kelembagaan, dan pascapanen.

Selengkapnya

VUB Padi Sawah Inpari 50 Marem

Uji Multi Lokasi calon-calon varietas padi sawah potensi hasil tinggi dan tahan OPT spesifik telah dilakukan pada tahun 2014 sampai dengan 2015, dan telah teridentifikasi enam calon varietas untuk diusulkan pelepasannya sebagai varietas unggul baru. Salah satunya adalah B11004E-MR-4-PN-3-2-3-MR-1 yang disetujui dilepas sebagai VUB dengan nama Inpari 50 Marem.

Selengkapnya

RPIK untuk Dongkrak Produktivitas Padi Lahan Rawa

Salah satu kegiatannya yaitu RPIK Padi Lahan Rawa. Program ini akan dilaksanakan di Center of Excellent atau pusat unggulan Balitbangtan di kawasan Food Estate Provinsi Kalimantan Tengah. Tujuannya sebagai validasi model budidaya padi rawa RAISA yang dapat menghasilkan produk berdaya saing agar produktivitas tinggi dan mutu produk baik.

Selengkapnya

Respati, Padi Genjah Produksi Tinggi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melepas varietas unggul baru (VUB) padi Respati. Nama Respati dimaknai sebagai seorang tokoh laki-laki yang gagah, sehingga penamaan varietas Respati diharapkan bisa menjadi cerminan penampilan varietas unggul baru padi inbrida yang dapat tumbuh atau berkembang menjadi primadona petani.

Selengkapnya

Kenali Teknologi Pengelolaan Air Dan Iklim Di Food Estate Humbahas

Food Estate Hortikultura di Humbahas, Sumatera Utara menerapkan berbagai teknologi pengelolaan air dan iklim demi hasil produksi yang optimal dengan efektif dan efisien. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), melalui Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) dan Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat), telah merancang teknologi pengelolaan air dan iklim yang sesuai dengan keadaan di Humbahas.

Selengkapnya