Info Teknologi

Edamame Biomax untuk Peningkatan Gizi dan Ekspor

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus menunjukan komitmennya dalam mendukung ketahanan pangan dan ekspor melalui berbagai teknologi yang dihasilkan. Salah satu bukti dukungan tersebut ditunjukkan dengan pelepasan dua Varietas Unggul Baru (VUB) edamame yaitu Biomax 1 dan Biomax 2.

Selengkapnya

Potensi Bisnis Kacang Tanah melalui Varietas Talam 1

Varietas ini merupakan hasil persilangan antara varietas Jerapah dengan galur ICGV 91283, berumur genjah, dapat dipanen pada umum 90 hari. Selain itu varietas ini memiliki keunggulan potensi hasil mencapai 3,2 ton per hektar, kadar protein 26,3%, lemak 45,4%, tahan penyakit layu bakteri, agak tahan karat daun, dan tahan A. flavus.

Selengkapnya

Kemasan Plastik Berlubang Tingkatkan Usia Simpan Selada Merah

Kemasan plastik berlubang mampu mengontrol proses perforasi selada merah. Kesegarannya bertahan hingga 15 hari di dalam refrigerator bersuhu 5o Celsius.

Selengkapnya

Balitbangtan Rakit Calon Salak Tongkol Banyak dan Produktivitas Tinggi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memiliki aksesi salak koleksi plasma nutfah SDPMW berusia 7 tahun yang berada di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) dan ditanam di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Aripan, Solok, Sumatera Barat. Aksesi SDPMW merupakan hasil persilangan menggunakan tetua salak Sidempuan Putih dan salak Mawar.

Selengkapnya

Sejarah Perkembangan Varietas Kacang Tanah di Indonesia

Berdasarkan asal muasalnya kacang tanah masuk ke Indonesia melalui India dan China, dan ditemukan pertama kali di Maluku pada tahun 1690. Sebelumnya kacang tanah berasal dari daerah di lereng Pegunungan Andes, Amerika Latin, yang saat ini merupakan daerah tempat negara-negara seperti Bolivia, Peru, dan Brazil.

Selengkapnya

Balitbangtan Rancang Bengkel Alsintan Berjalan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) merancang bengkel alat mesin pertanian (alsintan) berjalan (mobile). Bengkel hasil rekayasa para Perekayasa di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) ini berkonstruksi roda dan body kecil sehingga dapat bekerja langsung di tempat alsintan yang rusak.

Selengkapnya