Layanan » Lab. Pascapanen

Lab. Pascapanen, BB Pascapanen

Jenis Layanan:

BB-Pascapanen dalam menjalankan fungsinya sebagai mitra dalam usaha bidang pertanian bersedia memberikan layanan konsultasi bidang teknologi pascapanen, terutama yang menyangkut teknik operasional, analisis kelayakan usaha, analisis mutu dan lain-lain yang sangat diperlukan dalam pengembangan sebuah usaha. Sejalan dengan hal tersebut BB-Pascapanen mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama berperan serta untuk mendukung pembangunan bidang pertanian dengan melibatkan kami sebagai institusi penelitian yang senantiasa melakukan inovasi teknologi khususnya bidang pascapanen. Sejalan dengan berkembangnya fungsi informasi sebagai sarana untuk ekspansi usaha dan tidak lagi hanya sebagai pelengkap dalam usaha, maka BB-Pascapanen memandang perlu untuk menjadikan dirinya sebagai Pusat Informasi Teknologi bidang pascapanen pertanian. Sehubungan dengan hal tersebut, kami sebagai institusi bidang penelitian siap untuk memberikan layanan informasi yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha ataupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan itu sendiri.

Memberikan pelayanan dan jasa seperti :

• Laboratorium Analisis Proksimat, Serat makanan dan Serat Kasar, Vitamin, Logam berat, Mineral dan Logam, Mutu minyak, Mutu tepung, Asam amino, Viskositas cairan, Warna dan derajat putih, Asam organik, Aktifitas enzim, Alkohol, Pengawet, Pemanis

• Layanan Konsultasi

• Layanan Informasi

Kontak: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian

Lab. Pascapanen BPTP Bengkulu

Jenis Layanan:

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian menyediakan pelayanan Laboratorium Pascapanen menghasilkan produk olahan pangan pascapanen, dan pasca panen padi berupa mesin penggilingan padi dan mesin sosoh padi.

Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu

Lab. Pascapanen BPTP DI Yogyakarta

Jenis Layanan:

Lab. Pasca Panen dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung berlangsungnya kegiatan analisa skala laboratorium terutama yang berkaitan dengan pasca panen hasil pertanian. Pelayanan yang dapat diberikan untuk membantu bagai pera pengguna di luar BPTP Yogyakarta

Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta

Lab. Pascapanen BPTP Jambi

Jenis Layanan:

Laboratorium Mekanisasi dan Pengolahan Hasil pertanian (MTHP) merupakan salah satu sarana penunjang kegiatan pengkajian spesifik lokasi Provinsi Jambi yang merakit teknologi tepat guna. Fungsi utama dari Lab saat ini adalah untuk kegiatan penangannan pasca panen dan pengolahan, sedangkan untuk analisis dilakukan melallui kerjasama dengan institusi lain seperti Balai Penelitian lingkup Badan litbang, Universitas Jambi, Balai Sertifikasi Mutu Barang (Perindag) dan ssebagainya.

Disamping melayani keperluan kegiatan sendiri, lab pascapanen juga telah melayani jasa pelatihan pascapanen dan pengolahan untuk instansi lain seperti PPL, petugas pendamping maupun petani. Dan juga untuk tempat praktek/penelitian mahasiswa dilingkup Provinsi Jambi. Untuk sementara jasa yang dapat diberikan masih terbatas, tetapi untuk kedepannya tidak tertutup kemungkinan untuk pelayanan yang lebih lengkap seiring dengan bertambah lengkapnya sarana dan peralatan pascapanen BPTPJambi.

Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi

Lab. Pascapanen BPTP Jawa Timur

Jenis Layanan:

Laboratorium Pascapanen, untuk Aplikasi Teknologi Pascapanen

Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur

Lab. Pascapanen BPTP Kalimantan Timur

Jenis Layanan:

Balai Pengkajian Pertanian Kalimantan Timur secara terbuka mengkomunikasikan kepada pihak pengguna manapun untuk memanfaatkan inovasi teknologi spesifik lokasi, SDM, fasilitas dan informasi kelayakan agribisnis serta kebijakan yang dimiliki sebagai wujud kontribusi nyata untuk pembangunan daerah. Salah satu fasilitas pendukung riset adalah pasca panen. Diharapkan fasilitas yang dimiliki BPTP Kaltim dapat dipergunakan oleh semua pihak.

Kontak: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur