SDM Profesional » Prof. Dr. Subiyakto, M.P.

Satuan Kerja:Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat
Pendidikan:S3
Jabatan:Peneliti Utama
Bidang Penelitian:Hama dan Penyakit Tanaman
E-mail:subiyakto@pertanian.go.id
Komoditas:Kapas, Tembakau

Profil

Prof. (Riset). Dr. Subiyakto, MP. adalah Peneliti Utama dibidang penelitian Entomologi (Hama dan Penyakit Tanaman), saat ini bekerja pada kelompok peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan.

Inventor Proses Pembuatan Pestisida Nabati dan telah memperoleh sertifikat paten dengan nomor ID P00026976 B tertanggal 12 November 2010 dan Inventor Proses Pembuatan Pestisida Alami Kalsium Polisulfida yang telah diumumkan di Kantor Paten tanggal 10 Desember 2009 dengan Nomor Publikasi 049.4444 A dan dalam waktu dekat akan diperoleh sertifikat paten. Kedua jenis pestisida tersebut sudah diindustrikan dan dikomersialkan oleh swasta.

Selama berkarir sebagai peneliti, Subiyakto telah menghasilkan lebih dari 74 publikasi ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal, buletin, prosiding, dan disampaikan dalam berbagai pertemuan ilmiah, lebih 100 tulisan yang dimuat di berbagai surat kabar lokal dan nasional, 13 buku komersial yang diterbitkan oleh Penerbit Kanisius dan beberapa buku penggunaannya disahkan Dirjen Disdakmen Depdikbud.

Subiyakto menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada tahun 1982 sebagai lulusan tercepat. Tahun 1995 melanjutkan ke S-2 Program Pasacasarjana Universitas Brawijaya (PPSUB) Malang Minat Perlindungan Tanaman lulus S-2 tahun 1996 sebagai lulusan tercepat. Tahun 2003/2004 melanjutkan S-3 di PPSUB Minat Hama dan Penyakit Tanaman dan lulus S-3 tahun 2006 sebagai lulusan tercepat dengan predikat cumlaude (IP 4).

Pendidikan non formal yang pernah diikuti antara lain; pada tahun 1985 mengikuti Pendidikan dan Latihan Teknisi Penelitian Tanaman Industri Perkebunan di Bogor dan mengikuti Scientific Writing Workshop held at the RITFC, Malang. Pada tahun 1986 mengikuti Biotrop Third Training Course in Forest Entomology conducted at Biotrop, Bogor. Pada tahun 1989 mengikuti Training and Technology Transfer Course held at IRRI, Philippines. Pada tahun 1990 mengikuti Pendidikan Pers Terbuka Pemuda Jawa Timur, Sanggar Pena Jawa Pos. Pada tahun 1992 mengikuti Kursus Pendidikan dan Latihan Penyuntingan Ilmiah di Bogor. Pada tahun 2001 mengikuti Training and Study Visit on Research Project Management, CABI-Malaysia.

Jabatan yang terkait dengan kegiatan penelitian antara lain; Kelompok Peneliti Hama pada Balai Penelitian Tembakau dan Tanaman Serat Malang. Pada tahun 1999-2002 sebagai Ketua Kelompok Peneliti Hama dan Penyakit pada Balai Penelitian Tembakau dan Tanaman Serat Malang.

Beberapa kegiatan yang terkait dengan profesi Subiyakto diantaranya: Pada tahun 2006 sebagai Tim Evaluator Rencana Penelitian dan Diseminasi Hasil Penelitian Tahun Anggaran 2006 pada Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, sebagai Penanggungjawab Program Kemitraan pada Balai Penelitian Tanaman Tambakau dan Serat Malang, dan sebagai Anggota Tim Pembina Sumber Daya Manusia pada Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat Malang. Pada tahun 2007 sebagai Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat Malang, sebagai anggota Tim Monitoring Pusat Penelitan dan Pengembangan Perkebunan, Ketua Unit Alih Teknologi dan Ketua Dewan Pakar pada Balai Pernelitian Tanaman Tembakau dan Serat, pernah sebagai Mitra Bestari pada Jurnal Agrivita Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, sampai sekarang sebagai mitra bestari Buletin Palawija pada Balai Penelitian Umbiumbian dan Kacang-kacangan. Keanggotaan dalam organisasi adalah sebagai Wakil Ketua Perhimpunan Entomologi Indonesia Cabang Malang, anggotaPerhimpunanBiologi Indonesia, dan sebagai Ketua Korpri. Subiyakto mencapai jabatan sebagai Ahli Peneliti Utama bidang Entomologi pada tahun 2000 dan dikukuhkan sebagai Profesor Riset diperoleh pada tahun 2010 bidang Hama dan Penyakit Tanaman, merupakan Profesor Riset ke 78 lingkup Badan Litbang Pertanian.

Penghargaan yang pernah diperoleh Subiyakto adalah; penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun pada tahun 2009, dan Anugerah Agro Inovasi sebagai Inventor Luar Biasa Lingkup Kementerian Pertanian pada tahun 2011.

Subiyakto, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat. Jl. Raya Karangploso, Kotak Pos 199, Malang, Telpon 0341-491447, Faks 0341-485121. Email: subiyaktos@yahoo.co.id