Statistik Badan Litbang Pertanian : Tahun 2018

 
  • ORGANISASI BADAN LITBANG PERTANIAN 2018

Informasi tentang organisasi meliputi informasi struktur organisasi dan sejarah terbentuknya Balitbangtan pada tahun 1974 serta perubahan  organisasi yang terjadi hingga tahun 2018. Informasi organisasi tersebut sangat penting karena perubahan dalam organisasi akan berpengaruh terhadap keragaan sumberdaya serta kegiatan yang dilaksanakan. Selain itu Balitbangtan diberikan wewenang untuk memberikan izin pemasukan dan pengeluaran sumber daya genetik (SDG) untuk penelitian. Keragaan data mengenai informasi perkembangan organisasi Balitbangtan dan izin pemasukan dan pengeluaran sumber daya genetik (SDG) untuk penelitian yang lebih detil dapat dilihat pada Tabel 1.1. sampai dengan Tabel 1.8. Informasi mengenai izin pemasukan dan pengeluaran sumber daya genetik (SDG) untuk peneliti tersaji pada Tabel 1.9.

Download pdf file (3.185 KB)

  • SUMBERDAYA MANUSIA BADAN LITBANG PERTANIAN 2018

Informasi SDM Balitbangtan, menyajikan informasi komposisi pegawai saat ini dan perkembangan jumlah pegawai selama lima tahun terakhir serta keragaan tenaga fungsional. Selanjutnya informasi SDM disajikan berdasarkan usia, tingkat pendidikan, golongan, serta jabatan fungsional (peneliti, penyuluh, perekayasa, litkayasa, dan fungsional lainnya). Disamping itu disajikan pula informasi tentang petugas belajar dan keragaan Profesor Riset Balitbangtan. Keragaan SDM menurut unit kerja disajikan dalam Tabel 2.1. sampai dengan Tabel 2.24.

  • ANGGARAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2018

Informasi Anggaran Balitbangtan sampai dengan tahun 2018, disajikan menurut sumber biaya, jenis belanja, berdasarkan kegiatan (RPTP, RDHP, dan RKTM), PNBP, RM, anggaran pendamping, dan hibah. Untuk data anggaran disajikan secara seri selama lima tahun terakhir. Informasi keragaan data anggaran yang lebih detil disajikan pada Tabel 3.1. sampai dengan Tabel 3.4.

Download pdf file (2.660 KB)
  • SARANA DAN PRASARANA BADAN LITBANG PERTANIAN 2018

Informasi sarana dan prasarana yang dimiliki Balitbangtan, seperti laboratorium dan kebun percobaan Balitbangtan disajikan data sampai dengan tahun 2018. Profil laboratorium dapat dilihat pada Tabel 4.1. yang menyajikan informasi jenis laboratorium , jenis layanan dan status akreditasi, sedangkan Rincian Data Kebun Percobaan Lingkup Balitbangtan 2018 tersaji pada Tabel 4.2.

Download pdf file (6.792 KB)

  • KEGIATAN PENELITIAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2018
Informasi kegiatan penelitian meliputi keragaan jumlah dan judul-judul kegiatan penelitian lingkup Balitbangtan. Jumlah kegiatan penelitian di setiap unit kerja disajikan pada Tabel 5.1.
Rekapitulasi judul kegiatan lingkup BBP2TP TA. 2018 tersaji pada Tabel 5.2. Kegiatan penelitian mencakup judul-judul penelitian/kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2018 tersaji pada Tabel 5.3.
Download pdf file (4.619 KB)
  • KERJA SAMA PENELITIAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2018

Informasi kerja sama penelitian Balitbangtan mencakup kerja sama dalam negeri dan kerja sama dengan luar negeri. Kerja sama dalam negeri meliputi kerja sama operasional menurut mitra kerja sama, Kerja Sama Kemitraan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Nasional (KKP3N) memuat fokus output dan wilayah regional, komoditas, lembaga pengusul dan Kerja sama luar negeri antara lain kerja sama operasional, KKP3I, Hibah menurut ruang lingkup kerja sama, serta informasi Memorandum of Understanding (MoU) dalam negeri dan luar negari. Semua informasi kerja sama penelitian Balitbangtan tersaji pada Tabel 6.1 sampai dengan 6.9.

Download pdf file (3.037 KB)

  • HASIL PENELITIAN BADAN LITBANG PERTANIAN 2018

Informasi hasil penelitian meliputi informasi tentang jumlah varietas unggul tanaman yang dihasilkan selama lima tahun terakhir dilengkapi dengan data deskripsinya. Balitbangtan berupaya agar teknologi hasil penelitian mempunyai daya saing yang tinggi. Dalam rangka perlindungan kekayaan intelektual, diusahakan agar inovasi hasil penelitian mendapatkan pengakuan diantaranya melalui hak paten, hak cipta, merk dan PVT. Berbagai teknologi pertanian baik yang telah diarahkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh para pelaku usaha di sektor pertanian maupun teknologi alternatif yang prospektif dalam agribisnis. Hasil Balitbangtan yang bernilai Kekayaan Intelektual (KI) dan komersial harus dikembangkan dan ditransfer ke dunia industri untuk dapat dikembangkan secara massal dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
Dalam pengembangan inovasi teknologi untuk dunia industri diperlukan mekanisme pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sehingga suatu teknologi perlu mendapatkan perlindungan HKI sebelum dilaksanakan komersialisasi teknologi. Perkembangan pendaftaran dan sertifikat HKI dari tahun <2006-2018, selanjutnya informasi tentang daftar invensi Balitbangtan yang telah dimohonkan perlindungan paten dan yang telah bersertifikat dari tahun 1999 sampai dengan 2018, sedangkan yang belum bersertifikat. Daftar hak cipta Balitbangtan yang telah dimohonkan perlindungan hak cipta dan yang telah bersertifikat dari tahun 2003 sampai dengan 2018, dan informasi yang belum bersertifikat. Daftar merek Balitbangtan yang telah dimohonkan perlindungan merek dan yang telah bersertifikat dari tahun 2003 sampai dengan 2018, berikut dengan informasi yang belum bersertifikat. Daftar varietas hasil pemuliaan Balitbangtan yang telah diberi perlindungan hak PVT dan telah bersertifikat per 31 Desember 2018.
 
Pada bab hasil penelitian ini juga diinformasikan kerja sama lisensi, rekapitulasi rekomendasi kebijakan, paket teknologi, paket desiminasi, informasi produksi dan distribusi benih sumber untuk komoditas padi, jagung, kedelai dan komoditas selain padi, jagung, kedelai. Informasi rekapitulasi sumber daya genetik, Karya Tulis Ilmiah (KTI) nasional dan internasional, serta
informasi sebaran komoditas kelapa, cabai kencana, kanesia, ayam KUB, informasi teknologi spesifik lokasi, distribusi bibit kambing boerka hasil teknologi Balitbangtan di tiap provinsi (ekor), distribusi benih indigofera hasil teknologi Balitbangtan di tiap provinsi (gram).

Download pdf file (7.076 KB)