Tahukah Anda » Suka Makan Alpukat? Jangan Buang Bijinya

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat. Buah berwarna hijau berbentuk lonjong dan sedikit mengerucut di bagian atas ini mempunyai rasa manis dan tekstur yang begitu lembut. Buah ini sangat lezat untuk dikonsumsi sehari-hari. Baik dimakan secara langsung, diolah menjadi minuman menyegarkan, ditambahkan ke dalam salad maupun berbagai jenis makanan lainnya.

Selain rasanya yang lezat, buah alpukat juga mengandung banyak khasiat bagi tubuh. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kinerja otak, membantu perkembangan otak janin dalam kandungan, meredakan gejala peradangan sendi, menurunkan kolesterol hingga menyehatkan kulit. Tidak heran, jika alpukat menjadi buah yang banyak digemari masyarakat.

Namun tahukan Anda, selain buahnya ternyata biji alpukat juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan dikatakan, biji alpukat mempunyai kandungan antioksidan tinggi yaitu sebanyak 70 persen. Kandungan serat, ditambah minyak alami, vitamin dan mineral yang ada di dalamnya sangat berguna untuk memperbaiki pencernaan, mengurangi peradangan, hingga mampu mencegah perkembangan sel kanker.

Biasanya biji alpukat ini digiling hingga menjadi bubuk, lalu dapat ditaburkan ke dalam makanan atau resep lainnya. (LQ)

 

Sumber: Merdeka.com