Tahukah Anda » Mengenal Bagian Utama Traktor

Pengunci diferensial (differential lock): mengatur agar putaran roda kanan dan kiri selalu sama, digunakan pada saat traktor mengalami slip.

Final drive: terletak setelah gigi-gigi diferensial, berfungsi untuk mereduksi lebih lanjut putaran dari motor, sebelum keroda belakang.

Tempat pengambilan daya (power take off atau p.t.o): dari bagian p.t.o ini daya traktor dapat diambil untuk menggerakkan peralatan lain. Umumnya dihubungkan langsung dengan poros setelah kopling sebelum versneling. 

Sistem pengangkatan hidrolis: dipergunakan untuk menaikkan dan menurunkan alat/mesin, khususnya pada saat untuk pengangkutan dan pada alat/mesin yang dirangkai dengan traktor dengan sistem mounted melalui perangkaian tiga titik tangkap (three point hitch).

Batang penarik (draw bar): diletakkan pada bagian terendah dari badan traktor bagian belakang, dipergunakan untuk penarikan beban dengan sistem rangkaian satu titik penggandengan (trailing).

Double gas (throttle): gas tangan dan pedal gas (gas yang diinjakdengan kaki)

Double pedal brake: rem roda kanan dan rem untuk roda kiri. 

 

Fungsi Dan Tugas Pokok Traktor

Tugas pokok dan fungsi traktor bila dirangkaikan dengan suatu peralatan tambahan berupa implement/bajak dapat berperan sebagai alat untuk pengolah tanah sebelum melakukan penanaman. Disamping itu pula traktor memiliki fungsi lain, yaitu sebagai tenaga penggerak peralatan mesin-mesin pertanian lainnya melalui power take off (PTO) yang disalurkan ke mesin-mesin yang akan digerakkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, traktor roda empat sudah banyak memiliki kemajuan baik dari segi desain, fitur teknologi tinggi serta perluasan pemanfaatan dan fungsinya di lapangan sesuai dengan kebutuhan manusia.

 

Komponen Utama Traktor Roda Empat

a. Pedal rem

b. Tumpuan kaki

c. Pedal pengunci differensial

d. Panel instrument

e. Radiator

f. Motor penggerak

g. Saringan udara

h. Tangki bahan bakar

i. Tuas pengatur gas

j. Stir kemudi

k. Tuas perseneling utama

l. Tuas perseneling PTO

m. Tuas pengatur hidrolik

n. Tempat duduk operator

o. Poros PTO

p. Roda belakang dan depan

q. Batang rem

r. Tuas perseneling

s. Pedal kopling

t. Bak gigi kemudi

u. Motor starter

v. Aki

 

 

Sumber: Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian