Tahukah Anda

No 201-205 dari 225

Jahe Penghilang Mual dan Kembung

Jahe dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan ginger, secara tradisional jahe digunakan sebagai pencegah mual dan kembung. Jahe atau ginger baik untuk menghilangkan perut mual dan perut kembung karena perjalanan jauh (mabuk darat, mabuk udara, atau mabuk laut) bahkan pada beberapa buku teks pengobatan menganjurkan wanita hamil agar mengonsumsi jahe untuk menghilangkan rasa mual dan muntah selama kehamilan. Pembuktian ilmiah telah dilakukan di Inggris yang menunjukkan jahe efektif mengurangi mual bahkan mual yang timbul setelah operasi.

Sumber: Republika Online, Selasa 18 Februari 2003

Jali Cegah Tumor Pencernaan

Saat ini berbagai makanan berlemak dan pola hidup tak sehat menjadi biang keladi dari munculnya tumor dan keganasan pada tumor (kanker). Salah satu tumor dan kanker yang banyak terjadi adalah pada bagian pencernaan. Menurut para pakar kesehatan, selain dari makanan yang mengandung zat karsinogenik (pemicu kanker), tumor dan kanker pada pencernaan juga disebabkan karena kurang olahraga dan faktor riwayat keturunan. Salah satu tanaman obat yang dinilai mampu mencegah perkembangan tumor pencernaan adalah jali (Coix lachryma-jobi L atau Coix agrestis Lour). Tanaman ini kerap tumbuh liar di samping selokan atau sungai. Perbanyakannya menggunakan biji. Secara farmakologis biji jali juga mengganggu pertumbuhan sel kanker pada tingkat metafase. a kali sehari sebanyak satu gelas. Untuk mencegah dan mengatasi tumor saluran pencernaan, kanker paru, dan kanker mulut rahim (cervix), digunakan bijinya. Yakni, biji kering sebanyak 15-60 gram direbus dalam enam gelas air sehingga tersisa dua gelas air rebusan. Air tersebut diminum dua kali sehari sebanyak satu gelas.

Sumber: Republika Online, Selasa 22 Juni 2004

Jengger Ayam Mengatasi Diare

Menurut pakar tanaman obat Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Ensiklopedia Tumbuhan Berkhasiat Obat I, kandungan kimia yang ada di tumbuhan jengger ayam adalah minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, dan pinitol. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah bunganya. Khasiat jengger ayam di antaranya mengatasi diare. Jika terkena diare, ambil 15 gram bunga jengger ayam kering dan 30 gram daun jambu biji direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Setelah dingin, air rebusan disaring dan diminum.

Sumber: Republika Online, Selasa 21 Januari 2003

Jeruk Nipis Dapat Mencegah dan Mengatasi Batu Ginjal

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi, sementara banyak penderita batu ginjal dengan kadar sitrat yang rendah. Kandungan sitrat jeruk nipis lokal (Citrus aurantifolia Swingle bulat) 10 kali lebih besar dibanding kandungan sitrat pada jeruk keprok atau enam kali jeruk manis.

Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat, di antaranya untuk mencegah kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Bahkan dengan mengonsumsi jeruk nipis bisa mencegah timbulnya batu ginjal. Hal ini diakui oleh Kepala Instalasi Renal RS Dr Sardjito Yogyakarta, Prof DR Mochammad Sja'bani. Jeruk nipis lokal kandungan sitratnya mencapai 55,6 gram/kilogram, jeruk lemon (citrus limonium) 48,6 gram/kilogram, jeruk nipis bangkok (citrus aurantifoloa Swingle oval) 39,6 gram/kilogram, jeruk manis/orange (citrus sinensis Osb) 8,75 gram/kilogram dan jeruk keprok (citrus nobilis Lour) 5,4 gram/kilogram. Karena biasanya sitrat di dalam air kemih pada penderita batu ginjal paling rendah pada malam dan dini hari, maka pemberian jeruk nipis akan lebih bagus hasilnya sesaat sesudah makan malam.

Sumber: Republika Online, Selasa 17 Februari 2004

Kapulaga Bijinya Dapat Mencegah Keropos Tulang

Kapulaga (Amomum cardamomum Willd) selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan. Tapi, ia lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Untuk pengobatan dalam, kapulaga dapat mencegah keropos tulang dari biji-nya kapulaga. Menurut Hembing, untuk keropos tulang, digunakan lima butir kapulaga, lima butir cengkeh, 200 gram ubi jalar merah, lima gram biji pala, satu jari kayu manis, 10 butir merica, dan 10 gram jahe merah. Semua bahan direbus dengan satu liter air hingga tinggal 500 cc. Tambahkan di dalamnya 200 cc susu. Air rebusan itu diminum dan ubi jalarnya dimakan.

Sumber: Republika Online, Selasa 15 Juni 2004