Paket Teknologi » Penyimpanan semen cair fertilisasi

Komoditas:Tanaman & Ternak
Tahun:2015
Deskripsi:

Hasil uji kemampuan fertilisasi semen cair diperoleh dengan pelaksaan inseminasi buatan menggunakan semen cair hasil penelitian tahap pertama diperoleh bahwa semen cair yang dibuat dengan pengencer Tryladil dan menggunakan sistem penyimpanan poll adalah kelompok dengan hasil yang terbaik sehingga pelaksaan Inseminasi Buatan dilakukan dengan menggunakan spermatozoa yang disimpan menggunakan pengencer Tryladil yang disimpan dengan sistem poll setelah penyimpanan hari ke-3.

  • Dari pelaksaan Inseminasi Buatan diperoleh hasil dari 15 ekor ternak kambing yang dipasang CIDR, 12 ekor ternak kambing betina menunjukkan gejala berahi. Dan dari 12 ekor ternak yang di Inseminasi, satu ternak betina menunjukkan gejala berahi kembali. Hasil ini menunjukkan bahwa penyimpanan semen cair menggunakan pengencer Triladyl selama 3 hari masih mampu menjaga kemampuan fertilisasi spermatozoa.
Keunggulan:

Penggunaan bahan pengencer Tryladil untuk penyimpanan semen dalam bentuk semen cair yang merupakan pengencer komersial sehingga komposisi bahan kimia didalamnya dan mampu menjaga kualitas semen cair selama penyimpanan

Status:Non Komersial
Kontak:Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan